Dividen Kas Adalah: Pengertian dan Prosedurnya

Dividen adalah bagian dari keuntungan perusahaan yang diberikan kepada para pemegang saham dengan tujuan agar mereka mau terus berinvestasi dan mendukung perusahaan. Jenis dividen sendiri ada 2 yaitu dividen tunai atau dividen kas dan dividen saham.

Dividen tunai berarti perusahaan membagikan keuntungan langsung kepada para pemegang saham dalam bentuk uang tunai. Sementara dividen saham berarti perusahaan memberikan sebagian keuntungannya kepada pemegang saham dalam bentuk saham perusahaan.

Apa Itu Dividen Kas?

Dividen kas adalah bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang sahamnya dalam bentuk uang tunai. Bagian keuntungan ini dapat diberikan ketika suatu perusahaan mengalami keuntungan. Ketika perusahaan setuju untuk membagikan dividen, maka harus dibagikan setelah laporan keuangan perusahaan diterbitkan, yaitu setelah semester I dan semester II serta sebelum Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Siapa yang Berhak Mendapatkan Dividen Kas?

Pada umumnya, dividen dibagikan kepada pemegang saham yang telah menjadi anggota perusahaan selama sebulan tertentu. Artinya, baru-baru ini membeli saham perusahaan tidak akan mendapatkan dividen. Dividend reinvestment program (DRIP) adalah sebuah program yang memungkinkan pemegang saham untuk mendapatkan dividen dan menginvestasikannya kembali ke perusahaan.

Perusahaan yang memberikan dividen seringkali menjadwalkan waktu pembagian dividen setiap tahunnya. Perusahaan biasanya memberikan informasi tentang jadwal pembagian dividen sebelum mereka membagikannya. Seorang pemegang saham yang ingin mendapatkan dividen harus memastikan ia telah menjadi anggota perusahaan sebelum jadwal pembagian dividen.

Dividen juga seringkali dibagikan sebagai bagian dari promosi yang dilakukan perusahaan. Misalnya, seorang pemegang saham dapat mendapatkan dividen jika ia membeli sejumlah saham pada suatu waktu tertentu. Dividen seperti ini seringkali diberikan kepada pemegang saham yang telah lama menjadi anggota perusahaan.

Baca:  Saham vs Crypto: Mana yang Paling Unggul?

Mengapa Perusahaan Harus Membayar Dividen?

Mengapa sih perusahaan harus membayar dividen? Bukankah uangnya bisa digunakan untuk operasional perusahaan? Atau bahkan untuk membangun perusahaan agar lebih besar lagi?

Jawabannya, tentu saja perusahaan bisa menggunakan uangnya untuk berbagai keperluan. Tapi, dari sisi investor, dividen adalah salah satu alasan mengapa mereka investasi di perusahaan tertentu.

Dividen adalah pembagian keuntungan yang diterima oleh para pemegang saham dari sebuah perusahaan. Biasanya, dividen dibagi setiap triwulan sekali atau setiap semester. Pembagian dividen ini berdasarkan jumlah saham yang dimiliki oleh masing-masing investor.

Bagi para investor, dividen adalah salah satu bentuk imbalan atas investasi yang telah mereka lakukan. Selain itu, dividen juga bisa menjadi tolak ukur kinerja perusahaan. Semakin tinggi dividen yang dibayarkan, maka semakin baik pula kinerja perusahaan.

Dividen juga bisa menjadi indikator prospek perusahaan. Semakin tinggi dividen, maka semakin baik prospek perusahaan di masa mendatang. Oleh karena itu, tidak heran jika para investor selalu mencari perusahaan dengan dividen yang tinggi.

Itulah alasan mengapa perusahaan harus membayar dividen. Selain memberikan imbalan kepada para investor, dividen juga bisa menjadi acuan bagi para investor untuk mengukur kinerja perusahaan.

Prosedur Pembagian Dividen Tunai

Langkah-langkah prosedur pembagian dividen tunai adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, manajemen perusahaan harus menentukan jumlah dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham. Hal ini dilakukan berdasarkan pertimbangan laba perusahaan dan cash flow.
  2. Langkah selanjutnya adalah menentukan tanggal ex-dividen. Tanggal ex-dividen adalah tanggal di mana pemegang saham yang telah menjadi pemegang saham sebelum tanggal tersebut tidak akan mendapatkan dividen.
  3. Ketika tanggal ex-dividen tiba, perusahaan akan melakukan pembagian dividen kepada pemegang saham yang telah menjadi pemegang saham sebelum tanggal tersebut. Pembagian dividen ini dilakukan dengan cara transfer uang tunai atau cek ke rekening bank pemegang saham.
  4. Biasanya, perusahaan akan memberitahu pemegang saham mengenai jumlah dan waktu pembayaran dividen sebelum tanggal ex-dividen. Pemberitahuan ini dapat diberikan melalui surat, email, atau papan pengumuman di situs web perusahaan.