Mengenal Automatic Roll Over (ARO) dalam Deposito

Deposito adalah instrumen investasi yang menjanjikan keuntungan dengan bunga tetap. Namun, sebelum menginvestasikan uang Anda pada deposito, perlu mengetahui bagaimana sistem kerja instrumen investasi tersebut.

Apa Itu Deposito?

Investasi deposito adalah sebuah produk simpanan bank dengan jangka waktu tertentu. Deposito berjangka merupakan bentuk simpanan yang bisa ditarik setelah jangka waktu tertentu, sesuai dengan perjanjian yang ditetapkan saat awal deposito.

Bunga deposito

Tarif bunga deposito biasanya lebih tinggi dari bunga tabungan, namun jauh lebih rendah dari bunga pinjaman. Bunga deposito berjangka bisa dibagi menjadi dua, yaitu bunga yang dibayarkan secara efektif dan bunga yang dibayarkan secara nominal.

Bunga efektif adalah keuntungan yang dibayar kepada nasabah setelah dikurangi pajak sedangkan bunga nominal merupakan keuntungan yang didapat nasabah sebelum dikurangi pajak.

Pajak deposito

Pada saat artikel ini ditulis, bunga deposito kurang dari 1% dikenakan pajak 20%, sedangkan bunga deposito di atas 1% dikenakan pajak 5%. Hal ini berdasarkan Undang-undang No. 11 Tahun 1992 tentang Pajak Penghasilan.

Untuk membayar pajak deposito, bank akan secara otomatis menarik pajak dari jumlah bunga yang diterima nasabah. Nasabah tidak perlu repot-repot mengurus pajaknya sendiri.

Jadi, deposito adalah produk simpanan bank dengan jangka waktu tertentu yang mempunyai bunga lebih tinggi dari bunga tabungan. Pajak atas bunga deposito berjumlah 5% atau 20% tergantung dari jumlah bunga yang diterima nasabah.

Pengertian Automatic Roll Over (ARO) Pada Deposito

Deposito Automatic Roll Over adalah fasilitas yang memungkinkan nasabah untuk menginvestasikan uangnya secara otomatis. Deposito akan secara otomatis ditahan untuk periode yang sama dengan suku bunga yang sama.

Dengan kata lain, uang yang Anda investasikan dalam deposito akan secara otomatis diperpanjang dengan syarat suku bunga yang berlaku pada periode tersebut juga tetap sama dengan periode sebelumnya.

Baca:  Apa Arti Budget? Pengertian, Jenis dan Contoh

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan dari fasilitas ARO deposito:

  • Uang Anda akan tetap aman karena Anda tidak perlu khawatir jika dalam suatu periode tertentu uang Anda tidak dapat ditarik.
  • Suku bunga dari deposito Anda akan tetap sama seperti periode sebelumnya. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika berlakunya perubahan suku bunga dari bank.
  • Uang Anda akan terus berinvestasi dan mendapatkan keuntungan dari bunga deposito.

Fasilitas ARO ini biasanya diberikan kepada nasabah yang memiliki saldo deposito tertentu. Dengan adanya fasilitas ini, nasabah tidak perlu khawatir jika saldo depositonya habis sebelum jatuh tempo, karena uangnya akan secara otomatis diteruskan kembali ke rekening deposito nasabah.

Kelebihan dan Kekurangan Deposito Bank

Deposito bank adalah salah satu bentuk investasi yang tergolong risk-free, artinya uang yang kamu investasikan di bank deposito akan aman. Selain itu, daripada uang kamu diam di rumah, lebih baik uang kamu simpan di bank deposito.

Kelebihan lain dari deposito adalah bunga yang diberikan relatif lebih tinggi dibandingkan bunganya tabungan biasa. Selain itu, bunga deposito bank juga bisa dipilih sesuai dengan jangka waktu yang kamu inginkan, mulai dari 1 bulan hingga 5 tahun.

Kekurangan dari deposito adalah uang yang kamu investasikan tidak bisa ditarik sebelum jatuh tempo. Selain itu, jika kamu tertarik untuk menginvestasikan uangmu di deposito bank, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, seperti harus memiliki tabungan di bank tersebut dan setiap bank memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Anda juga dapat menginvestasikan dana Anda pada deposito dengan fasilitas auto roll over dengan jangka waktu tertentu, seperti 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Anda dapat mengatur agar dana Anda tersebut otomatis roll over setelah jangka waktu tertentu berakhir. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika deposito Anda akan jatuh tempo.

Baca:  Cara Menabung 10 Juta Dalam 6 Bulan

Selain itu, dengan adanya fasilitas automatic roll over deposito, sebaiknya Anda memilih bank terpercaya yang menyediakan fasilitas ini guna mengurangi risiko pencairan dana deposito Anda.