Broadcast Adalah: Pengertian dan Contoh Lengkap

Televisi, radio, dan surat kabar adalah media penyiaran (broadcast) informasi yang paling umum dan menjadi sumber informasi harian bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, orang-orang yang bekerja di bidang ini memahami betul pentingnya media ini.

Tapi sebenarnya, apa sih pengertian dari broadcast itu sendiri? Dan seberapa luas cakupannya? Dalam artikel ini, akan dibahas lebih dalam tentang pengertian, jenis, fungsi dan contoh broadcast.

Pengertian Broadcast Adalah

Broadcast berasal dari kata “broad” yang berarti luas dan “cast” yang berarti melempar. Jadi, basicnya, broadcast berarti melemparkan secara luas.

Sebagai istilah dalam bidang komunikasi, broadcast adalah sebuah proses penyiaran informasi dalam bentuk suara dan/atau gambar dari suatu titik ke titik-titik lain yang berada dalam lingkup yang luas (wide area/geographical reach).

Fungsi Broadcast

Fungsi broadcast adalah untuk menyampaikan pesan ke sejumlah orang secara bersamaan, sehingga mereka dapat mendengarkan, menonton, atau mengetahui pesan yang disampaikan pada waktu yang sama.

Broadcast/broadcasting dapat mendatangkan efek positif bagi perusahaan yang melakukannya dengan benar, yaitu dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan omzet.

Namun, jika broadcast dilakukan secara asal-asalan, ia dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus mengelola broadcasting dengan baik agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jenis Broadcast

broadcast-online

1. Televisi

Penyiaran televisi melibatkan pengiriman sinyal dari studio atau lokasi lain ke pemancar, yang kemudian mengirimkan sinyal ke penerima, yang mungkin televisi atau perangkat lain.

Televisi merupakan salah satu media yang paling efektif untuk menyebarkan pesan ke seluruh penjuru dunia. Dengan menyediakan waktu siaran yang luas, televisi dapat memberikan peluang yang besar bagi bisnis untuk menyampaikan informasi kepada seluruh penontonnya.

Oleh karena itu, televisi memainkan peran yang penting dalam perkembangan bisnis, terutama dalam meningkatkan penjualan dan pemasaran produk atau jasa.

2. Radio

Broadcasting di radio berpengaruh positif terhadap perkembangan bisnis karena memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk menyiarkan iklan mereka ke sejumlah besar pendengar secara langsung. Selain itu, radio juga dapat digunakan untuk meningkatkan citra perusahaan dan membangun loyalitas pelanggan.

3. Internet atau media online

Dalam bisnis, internet broadcasting menawarkan sejumlah keuntungan. Saluran yang dapat menyiarkan secara langsung acara seperti konferensi, presentasi, dan seminar dapat menjangkau lebih banyak orang dalam waktu yang sama.

Ini berarti lebih banyak potensi pelanggan atau klien yang dapat dijadikan target oleh sebuah bisnis. Selain itu, internet broadcasting juga dapat digunakan untuk menyiarkan acara langsung seperti acara olahraga atau acara musik. Hal ini dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatan bisnis.

Baca:  Cara Memulai Usaha Persewaan Tenda [Detail]

4. Video online

Broadcasting di video online dapat membantu perkembangan bisnis dengan cara meningkatkan visibilitas merek dan produk, serta membantu para pelaku bisnis untuk terhubung dengan calon pelanggan potensial. Hal ini dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.

5. Siaran langsung (Livestream)

Broadcasting secara langsung (livestream) dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan bisnis. Hal ini dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan potensial dan meningkatkan penjualan produk atau jasa. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan kesadaran merek dan membantu bisnis untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dan klien potensial.

6. Podcast

Podcast memiliki efek yang cukup besar terhadap perkembangan bisnis. Podcasting memberikan para pendengar akses ke berbagai jenis konten yang dapat membantu mereka dalam membuat keputusan bisnis. Konten yang tersedia di podcast juga memberikan wawasan yang lebih luas dan dalam mengenai sebuah bisnis atau industri tertentu.

pemasaran-langsung

Contoh Broadcast Promosi

Berikut ini contoh broadcast promosi yang menginformasikan kepada publik tentang sebuah produk atau jasa yang mereka miliki. Salah satu tujuan dari broadcast promosi adalah untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa.

  1. “Smartphone terbaru telah diluncurkan di toko sekarang. Datang dan dapatkan penawaran menarik hanya untuk Anda!”
  2. “Film terbaik kami yang berjudul “ABC” akan tayang perdana di bioskop kami mulai minggu ini. Jangan lewatkan kesempatan menonton film-film berkualitas dari kami!”
  3. “Kupon diskon 50% untuk makanan kesukaan Anda di restoran kami hanya berlaku hari ini. Datang sekarang juga dan rasakan sajian kualitas terbaik!”
  4. “Dapatkan makanan favorit Anda dikirim langsung ke depan pintu Anda!”
  5. “Nikmati makanan lezat tanpa harus meninggalkan rumah Anda!”
  6. “Pesan makanan favorit Anda dari sistem pemesanan online kami yang baru dan lebih baik!”

Contoh Broadcast Donasi dan Penggalangan Dana

  1. “Kami dari televisi ABC mendukung sepenuhnya kegiatan yang sedang dilakukan Yayasan Nurani Berkah dalam mendapatkan donasi untuk pembiayaan operasi pembedahan anak-anak kurang mampu. Kami akan siapkan sebuah program spesial di mana Anda bisa ikut berdonasi.”
  2. “Anda tidak perlu khawatir jika tidak punya uang untuk berdonasi, karena kami akan siapkan sebuah program untuk Anda. Dalam program ini, Anda bisa berdonasi dengan barang-barang yang Anda miliki.”
  3. “Kami akan siapkan sebuah live streaming spesial untuk kegiatan donasi ini. Anda bisa ikut berdonasi melalui live streaming tersebut. Kami akan siapkan sebuah formulir donasi online yang bisa Anda isi.”
  4. “Selamat pagi, kami dari Panti Asuhan Cahaya Insan ingin memberitahukan kepada seluruh masyarakat bahwa kami sedang mengadakan acara donasi untuk anak-anak yatim piatu di seluruh Indonesia. Kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh pihak untuk program ini. Terima kasih.”
  5. “Hai teman-teman, kami dari Yayasan ABC sedang mengadakan program donasi untuk anak-anak yatim di Indonesia. Kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat untuk program ini. Terima kasih.”
  6. “Selamat pagi, kami dari Yayasan ABC ingin menginformasikan kepada seluruh masyarakat bahwa kami sedang mengadakan program donasi untuk anak-anak yatim di seluruh Indonesia. Kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat untuk program ini. Terima kasih.”

Contoh Broadcast Undangan Pernikahan

  1. “Kami mengundang teman-teman dan keluarga sekalian untuk menghadiri acara pernikahan dan merayakannya bersama kami. Silakan menghubungi kami untuk informasi tanggal dan tempat acara diadakan.”
  2. “Untuk teman dan keluarga yang terkasih, kami mengundang kalian semua ke pernikahan kami pada <tanggal>. Upacara akan diadakan di <tempat>pada pukul 2 siang, diikuti oleh resepsi di <tempat>. Kami harap Anda dapat bergabung dengan kami pada hari istimewa ini!”
  3. “Simpan tanggal ini! Budi dan saya akan menikah pada <tanggal>. Upacara akan diadakan di <tempat>pada jam 4 sore, diikuti oleh resepsi di <tempat>. Kami tidak sabar untuk merayakan hari besar kami dengan Anda!”

Kesimpulan

Broadcast merupakan suatu bentuk media informasi yang dapat digunakan untuk mendatangkan efek positif bagi perusahaan, namun perusahaan harus mengelolanya dengan baik agar tidak menimbulkan kerugian.

Baca:  Memulai Bisnis Onderdil: Ini Langkah Pertama Anda

Dari penjelasan sebelumnya, dapat dilihat jika broadcast sangat membantu dalam proses penyampaian informasi. Hal ini dikarenakan broadcast menyediakan akses yang lebih mudah dan cepat. Selain itu, broadcast juga bermanfaat untuk menjangkau bagian masyarakat yang lebih luas. Oleh karena itu, broadcast sangat cocok digunakan untuk kepentingan umum.