Cara Jitu Raih Profit dengan Candlestick Dragonfly Doji

Candlestick Dragonfly Doji merupakan salah satu dari variasi doji candlestick pattern yang memberikan sinyal bahwa harga akan berbalik arah. Pola ini dapat ditemukan pada trend bullish dan bearish.

Pola ini terdiri dari 1 candle yang memiliki harga pembukaan (open), penutupan (close) dan tertinggi (high) yang hampir sama atau mendekati. Sehingga secara visual, candle ini terlihat tidak memiliki body.

candle-dragonfly-doji

Jika kita perhatikan pada gambar diatas, kita bisa mengenali candle dragonfly doji ini yang berbentuk seperti huruf T.

Bullish atau Bearish?

Pola ini dapat ditemukan pada trend bullish maupun trend bearish. Namun pola ini memiliki indikasi yang kuat bahwa harga akan berbalik arah (reversal).

Jika kita menemukan pola ini pada trend bullish maka kita dapat memanfaatkan pola ini pada area pullback. Sebaliknya, jika ditemukan pada trend bearish, kita dapat memanfaatkan pola ini pada support kuat.

Cara Mengenali Pola Candlestick Dragonfly Doji

Cara termudah untuk mengenali salah satu variasi pola doji ini adalah dengan memperhatikan candle yang berbentuk huruf T. Pola ini sangat mudah untuk diidentifikasi didalam sebuah chart.

Adapun karakteristik dari formasi dragonfly doji adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki ukuran body yang pendek
  2. Harga open, close dan high hampir sama.
  3. Membentuk huruf T
  4. Panjang antara high dan low lebih dari 5%
  5. Memiliki sumbu yang memanjang kebawah.

Berikut ini adalah contoh-contoh pola dragonfly doji pada aset kripto antara lain:

1. Pola dragonfly doji pada aset kripto Bitcoin (BTCUSDT)

dragonfly-doji-btc

2. Pola dragonfly doji pada aset kripto Etherium (ETHUSDT)

dragonfly-doji-eth

3. Pola dragonfly doji pada aset kripto Solana (SOLUSDT)

dragonfly-doji-solana

Cara Memanfaatkan Pola Dragonfly Doji

Untuk memulai entri dengan pola ini, kita harus menentukan trend terlebih dahulu. Trend dapat diidentifikasi dengan beberapa cara salah satunya adalah dengan menggunakan Moving Average 50 dan 100. Pada uptrend, MA 50 akan berada diatas MA 100 dan pada downtrend, MA 50 akan berada dibawah MA 100.

Baca:  10 Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen

Perencanaan yang baik adalah membuka posisi dengan mengikuti trend. Pada trend bullish kita dapat mengambil peluang posisi buy/long. Sehingga dengan pola ini, kita dapat memanfaatkan fungsinya sebagai pembalikan arah (reversal) atau koreksi (pullback).

Kita perlu memperhatikan area-area penting yang akan menjadi area reversal atau pullback dengan menggunakan metode support dan resistance. Jika kita menemukan pola dragonfly doji pada area penting ini, maka kita dapat mengambil posisi.

Selain itu, kita juga perlu memperhatian rasio risk dan reward. Rasio yang baik adalah 1:2, 1:3 atau lebih.

Berikut ini contoh-contoh perencanaan entri menggunakan pola dragonfly doji.

Contoh #1 – Aset kripto XRP (XRPUSDT)

trading-plan-xrp

Pada chart diatas kita dapat melihat bahwa aset kripto XRP berada pada trend bullish. Trend bullish dapat dikenali dengan MA 50 dan 100. Pada trend bullish, MA yang lebih kecil akan berada diatas MA yang lebih besar.

Kemudian kita menentukan area resistance dan support. Seperti yang terlihat pada gambar, terdapat 2 area yang menjadi support. Pada area tersebut juga kita menemukan bahwa terjadi pullback atau koreksi sementara yang disertai dengan kemunculan pola dragonfly doji. Sehingga terdapat peluang untuk mengambil posisi buy/long, karena akan terjadi pembalikan arah.

Kita dapat melakukan entri pada penutupan harga dan meletakkan stop loss pada area support ke-2. Untuk take profit, kita dapat menggunakan rasio risk dan reward 1:2.

trading-plan-xrp-result

Dari perencanaan yang tersebut, kita dapat membukukan profit 24.35% dengan resiko kerugian 12.15%.

Contoh #2 – Aset kripto MATIC (MATICUSDT)

trading-plan-matic

Berdasarkan pada chart diatas, kita menggunakan indikator MACD untuk memperkuat analisa. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, terdapat support pada kisaran harga $0.305 dan resistance pada kisaran harga $0.420.

Baca:  Investasi Apa yang Cocok untuk Pemula? (Ini Jawabannya)

Support dan resistance tersebut terbentuk dari penolakan penurunan dan kenaikan harga (rejection). Setelah rejection terjadi di area support, kita menemukan candle dragonfly doji yang terbentuk ketika harga membentuk higher low.

Selain itu, kita juga menemukan bahwa terjadi golden cross pada MACD, sehingga memberikan indikasi yang kuat bahwa harga akan mengalami kenaikan.

Pada kondisi seperti ini, kita dapat mengambil posisi buy/long dengan target take profit pada resistance dan penempatan stop loss sedikit diatas support seperti yang terlihat pada gambar diatas. Sehingga kita mendapatkan rasio risk dan reward 1:2.
trading-plan-matic-result
Dari rencana kita pada aset kripto MATIC diatas, kita berhasil mendapatkan keuntungan 20.69% dengan resiko kerugian 10.06%

Kesimpulan

Candle dragonfly doji dapat kita gunakan untuk memprediksi pembalikan arah yang dikarenakan terjadi tekanan beli yang tinggi setelah terjadinya tekanan jual, sehingga membentuk sumbu (wick) yang panjang dibawah body.

Untuk memperkuat analisa, kita juga dapat mengkombinasikan dengan indikator-indikator popular seperti MACD, Stochastic atau RSI. Sehingga meningkatkan peluang kita untuk meraih profit maksimal.