Apa Itu Dividen Interim? Ini Penjelasannya

Banyak yang menganggap investasi sebagai tabungan yang bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang, namun sebenarnya investasi jauh lebih dari sekedar tabungan.

Selain memungkinkan kamu mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang, investasi juga bisa memberikan dividen dalam jangka pendek.

Pada artikel ini, kami akan mengulas tentang apa itu dividen interim dan bagaimana cara pembagiannya.

Pengertian Dividen Interim

Dividen adalah bagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham. Dividen dibayarkan dalam bentuk uang tunai atau sebagai saham baru.

Sedangkan dividen interim adalah dividen yang dibagikan oleh perusahaan ketika laporan keuangan perusahaan telah disetujui oleh Dewan Komisaris, namun akhir tahun masih belum tercapai.

Pembagian dividen interim dilakukan setelah periode tertentu, dan yang menentukan periode tersebut adalah Dewan Komisaris.

Mekanisme Pembagian Dividen Interim

Dividen interim mungkin dibayarkan dalam bentuk tunai atau saham. Jika dalam bentuk saham, maka jumlah saham yang diterbitkan akan ditentukan oleh direksi perusahaan. Pemegang saham yang menerima dividen interim akan mendapatkan kuotasi saham yang sama dengan para pemegang saham lainnya.

Perusahaan tidak memilki kewajiban untuk membayar Dividen interim, tetapi jika perusahaan memilih untuk membayarkannya, maka perusahaan harus memberitahukan kepada para pemegang saham sebelum tanggal pencatatan.

Jika pemegang saham telah menyetujui pembayaran dividen interim, maka perusahaan harus mengumumkan jumlah dividen dan tanggal pembayarannya kepada para pemegang saham.

Dividen interim yang dibayarkan sebelum laporan keuangan tahunan diterbitkan tidak akan mengurangi laba bersih yang akan diberikan kepada para pemegang saham pada akhir tahun.

Oleh karena itu, dividen interim seringkali dilihat sebagai cara untuk meningkatkan dividen yang akan diberikan kepada para pemegang saham pada akhir tahun.

Baca:  Saham vs Obligasi: Mana yang Lebih Cuan?

Cara Pembagian Dividen Interim

Pembagian dividen interim dilakukan berdasarkan kebijakan Dewan Komisaris, yang menentukan periode pembagiannya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan dividen interim, sebaiknya mengetahui kebijakan Dewan Komisaris terkait pembagian dividen interim.

Perbedaan Dividen Final dengan Dividen Interim

Berikut ini perbedaan antara dividen final dan dividen interim yang perlu Anda ketahui.

Dividen Final

  • Dibagikan kepada pemegang saham secara resmi oleh perusahaan setelah laporan keuangan tahunan diterbitkan.
  • Harus disetujui oleh Dewan Komisaris dan Dewan Direksi.
  • Dibagikan berdasarkan laporan keuangan tahunan.

Dividen Interim

  • Dibagikan kepada pemegang saham secara resmi oleh perusahaan sebelum laporan keuangan tahunan diterbitkan.
  • Dividen interim tidak harus disetujui oleh kedua dewan tersebut.
  • Dibagikan berdasarkan laporan keuangan kuartalan.

Kesimpulan

Dividen interim diberikan oleh perusahaan sebelum laporan keuangan tahunan diterbitkan. Dividen ini diberikan berdasarkan keuntungan perusahaan pada periode tertentu.

Sebuah perusahaan dapat memberikan dividen interim untuk memberikan imbalan kepada para pemegang saham atas kepercayaan yang telah diberikan kepada perusahaan.

Imbalan dalam bentuk dividen ini dapat meningkatkan harga saham perusahaan dan menarik lebih banyak investor untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut.