Apa Arti Budget? Pengertian, Jenis dan Contoh

Budgeting sangat penting dalam suatu organisasi atau badan usaha karena, dengan adanya budgeting, maka organisasi atau badan usaha akan lebih mudah mencapai tujuannya.

Budgeting juga dapat membantu organisasi atau badan usaha untuk mengendalikan dan mengatur pengeluaran agar tidak terlalu banyak mengalami kerugian.

Namun, selain memiliki kelebihan, budgeting juga memiliki sejumlah kekurangan, yaitu:

  • Hasil budgeting tidak selalu sesuai dengan kenyataan.
  • Budgeting sering menimbulkan rasa ketidakpastian dan konflik.
  • Proses budgeting cenderung rumit dan menyita waktu.

Apa Arti Budget & Budgeting?

membuat-budgeting

Sebelum mengetahui lebih jauh apa itu budgeting, terlebih dahulu kita ketahui pengertian dari istilah “budget”. Budget adalah suatu rencana keuangan yang dibuat untuk mencapai tujuan tertentu dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, istilah budget digunakan dalam konteks keuangan pemerintah dan bisnis.

Dalam rangka membuat budget, maka diperlukan suatu proses yang disebut dengan “budgeting”. Arti budgeting adalah proses perencanaan dan penganggaran keuangan yang dilakukan oleh suatu organisasi atau badan usaha.

Proses budgeting meliputi:

  • Penyusunan anggaran pendapatan dan belanja;
  • Penjadwalan dan penganggaran aliran kas;
  • Penganggaran investasi;
  • Pengendalian anggaran;
  • Evaluasi hasil budgeting.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa budgeting adalah suatu proses yang dilakukan untuk mendapatkan anggaran atau rencana keuangan dalam suatu organisasi atau badan usaha.

Proses budgeting dilakukan secara berulang-ulang setiap tahun untuk memastikan bahwa anggaran yang dibuat tetap sesuai dengan kondisi dan kebutuhan organisasi atau badan usaha.

Meskipun demikian, budgeting tetap penting dalam suatu organisasi atau badan usaha karena dapat memberikan gambaran tentang anggaran yang akan dikeluarkan dan bagaimana organisasi atau badan usaha akan mencapai tujuannya.

Tujuan Budgeting

tujuan-budgeting

Budgeting adalah alat yang powerful untuk membantu Anda mengendalikan uang Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat gambaran besar dari seluruh keuangan Anda sehingga Anda dapat mengidentifikasi di mana uang Anda pergi.

Berikut ini tujuan utama dari budgeting:

1. Mengendalikan Pengeluaran

Budgeting dapat membantu Anda mengendalikan pengeluaran sehingga uang yang Anda miliki dapat dibelanjakan dengan bijak. Dengan membuat budget, Anda dapat menentukan berapa banyak uang yang akan Anda belanjakan untuk setiap kebutuhan dan menghemat uang untuk kebutuhan di masa mendatang.

Baca:  Yuk Simak! Cara Menghemat Uang untuk Anak Kost

2. Mencapai Tujuan Keuangan

Budgeting juga dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan dengan lebih mudah. Dengan membuat budget, Anda dapat menentukan berapa banyak uang yang akan Anda sisihkan untuk tujuan tertentu seperti membeli rumah atau membeli mobil. Budgeting juga dapat membantu Anda menghemat uang untuk tujuan di masa mendatang.

3. Membuat Keputusan Tentang Bagaimana Uang akan Dibelanjakan

Budgeting juga dapat membantu Anda membuat keputusan tentang bagaimana uang akan dibelanjakan.

Dengan membuat budget, Anda dapat menentukan apakah akan lebih baik untuk menyimpan uang atau untuk menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Budgeting juga dapat membantu Anda menentukan apakah akan lebih baik untuk menggunakan uang untuk investasi atau untuk kebutuhan sehari-hari.

Anda dapat memulai budgeting dengan membuat daftar seluruh pengeluaran Anda. Mulai dengan membagi pengeluaran Anda ke dalam kategori seperti pengeluaran rutin, pengeluaran bulanan, dan pengeluaran tahunan. Anda kemudian dapat mengidentifikasi di mana Anda dapat menghemat uang.

Setelah Anda memiliki gambaran yang jelas dari seluruh pengeluaran Anda, Anda dapat mulai menetapkan tujuan keuangan.

Ingatlah untuk menetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai. Jika tujuan Anda terlalu tinggi, Anda mungkin akan menjadi frustrasi dan menyerah sebelum mencapainya.

Setelah Anda menetapkan tujuan keuangan, Anda dapat mulai membuat keputusan tentang bagaimana uang akan dibelanjakan.

Manfaat Budgeting

1. Mengontrol pengeluaran

Budgeting juga akan membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran. Budgeting dapat membantu Anda untuk menetapkan batasan pada pengeluaran Anda.

Batasan pengeluaran ini akan membantu Anda untuk menghemat uang dan memastikan bahwa uang yang Anda miliki akan digunakan untuk hal-hal yang penting.

2. Membantu dalam mencapai tujuan keuangan

Setiap orang memiliki tujuan finansial. Budgeting akan membantu Anda untuk menyusun strategi yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Anda juga dapat menentukan bagaimana uang akan dibelanjakan dan dalam waktu berapa lama Anda akan dapat mencapai tujuan keuangan Anda.

Baca:  Mengenal Automatic Roll Over (ARO) dalam Deposito

3. Membuat keputusan yang tepat tentang uang

Budgeting akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang tepat tentang uang dan menentukan sesuatu yang sebenarnya Anda butuhkan.

Contoh Budgeting

1. Pengelolaan uang bulanan

Pada dasarnya, pengelolaan uang bulanan berarti membagi uang Anda menjadi beberapa kategori seperti pengeluaran utilitas, pengeluaran makanan, pengeluaran transportasi, dan pengeluaran pribadi.

Kemudian Anda dapat menentukan berapa banyak uang yang akan Anda belanjakan untuk setiap kategori. Dengan demikian, Anda dapat menghemat uang dengan lebih mudah.

pengelolaan-uang-bulanan-aurabisnis

2. Pembuatan anggaran untuk acara tertentu

Acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau liburan seringkali membutuhkan perencanaan keuangan yang lebih baik.

Oleh karena itu, Anda dapat membuat anggaran untuk acara tertentu. Anggaran ini dapat berisi anggaran untuk segala hal mulai dari pembelian tiket, biaya akomodasi, biaya perjalanan, dan biaya pengeluaran lainnya.

Dengan demikian, Anda dapat mengendalikan pengeluaran Anda dan tetap dalam batas anggaran.

budget-acara-pernikahan-aurabisnis

3. Perencanaan keuangan untuk masa depan

Perencanaan keuangan untuk masa depan dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda. Tujuan keuangan dapat berupa membeli rumah, membeli mobil, atau melakukan investasi.

Oleh karena itu, Anda dapat membuat anggaran untuk setiap bulan untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengendalikan pengeluaran Anda dan tetap dalam batas anggaran.

budget-keuangan-masa-depan-aurabisnis

Kesimpulan

Budgeting adalah suatu proses perencanaan keuangan yang berguna untuk menentukan bagaimana uang akan dibelanjakan. Proses ini dapat membantu Anda mengendalikan pengeluaran, mencapai tujuan keuangan, dan membuat keputusan tentang bagaimana uang akan dibelanjakan.

Sekian artikel dari kami mengenai apa arti budget dan budgeting, tujuan, manfaat serta contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih!