13 Daftar Belanja Bulanan Hemat Ibu Rumah Tangga

Sudahkah Anda rencanakan anggaran belanja bulanan untuk kebutuhan sehari-hari? Atau mungkin Anda masih belum mempunyai rencana yang jelas dan tetap mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan bulanan?

Banyak orang yang berada dalam situasi seperti itu. Memang, mengelola uang dengan baik dan tepat bukanlah hal yang mudah.

Oleh karena itu, sebagai ibu rumah tangga, Anda harus tahu bagaimana cara berbelanja bulanan dengan tepat agar dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, perlu juga untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti kualitas barang dan harga.

Untuk membantu Anda dalam hal ini, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam belanja bulanan hemat ibu rumah tangga.

Daftar Belanja Bulanan Hemat Ibu Rumah Tangga

daftar-belanja-bulanan-ibu-rumah-tangga-aurabisnis

1. Beras

Beras yang Anda beli di pasar biasanya dijual per kilogram. Anda bisa memilih berbagai macam jenis beras seperti beras putih, beras merah, beras hitam, dan sebagainya. Beras termasuk kebutuhan pokok sehari-hari.

Jika Anda tinggal di pedesaan, Anda bisa memanen beras sendiri atau membeli di toko sekitar. Anda bisa memilih berbagai variasi beras seperti beras putih, beras merah, walaupun sebenarnya kandungan gizinya sama.

2. Garam, gula, dan merica

Dalam setiap masakan, selalu dibutuhkan garam, gula, dan merica untuk rasa. Begitu pula dalam minuman, seperti teh dan kopi. Oleh karena itu, semprotkan garam, gula, dan merica dalam setiap daftar belanja Anda.

3. Minyak goreng atau minyak sayur

Minyak goreng/minyak sayur yang berasal dari sayuran seperti kacang-kacangan dan bunga matahari adalah yang terbaik bagi kesehatan.

Bahan dapur ini dapat meningkatkan kualitas makanan dan memberikan rasa yang lezat. Oleh karena itu, selalu gunakan minyak goreng/minyak sayur yang bagus untuk masakan Anda.

4. Bumbu masakan

Bumbu Masakan seperti garam, lada, penyedap rasa, kaldu ayam, dan kaldu jamur, masuk dalam daftar belanja sehari-hari Anda.

Anda bisa dapat menentukan bumbu masakan sesuai selera dan kebutuhan setiap bulan.

5. Sayuran segar

Untuk mendapatkan sayuran segar yang murah, cobalah berbelanja di sayuran mentah seperti di petani atau toko khusus. Buatlah daftar sebelum berangkat berbelanja, supaya tahu apa yang dibutuhkan dan tidak terbeli banyak.

6. Buah-buahan

Kebutuhan buah dan sayuran segar sehari-hari dapat diperoleh dari pasar tradisional atau supermarket terdekat dengan menyiapkan sejumlah uang tunai.

7. Telur

Telur dapat dikonsumsi sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam. Hematlah dalam pengeluaran Anda dengan memastikan jumlah telur yang akan dikonsumsi dalam sebulan.

8. Susu

Susu adalah salah satu produk yang sering dibeli oleh masyarakat Indonesia, selain untuk dikonsumsi, susu juga bisa digunakan untuk membuat aneka kue dan minuman.

9. Daging

Daging bisa Anda beli dalam bentuk daging segar, daging beku, atau daging olahan. Banyak orang yang menyukai daging ayam dan daging sapi segar.

Namun biaya untuk mendapatkannya cukup mahal. Oleh karena itu, daging beku dan daging olahan dapat menjadi pilihan.

10. Ikan segar

Ikan segar dapat Anda dapatkan di pasar ikan atau di supermarket. Untuk ikan segar, cobalah untuk memilih ikan yang berukuran sedang dan bersih.

11. Mie instan dan roti

Dalam sehari-hari, apalagi di kala cuaca hujan, mie instan dan roti menjadi alternatif makanan sehari-hari yang cukup populer.

Harga mie dan roti relatif terjangkau dan lebih praktis jika dibandingkan dengan makanan sehat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memasaknya.

Roti juga termasuk kebutuhan sembako setiap bulan. Anda bisa membeli roti tawar atau segar sesuai kebutuhan dan juga rasa.

12. Makanan ringan

Makanan ringan sangat cocok sebagai cemilan atau saat ingin makan sesuatu yang tidak berat. Biasanya makanan ringan dijual dalam kemasan yang berbeda-beda, seperti pot, bungkus, atau kaleng.

13. Vitamin dan obat-obatan

Vitamin penting untuk menjaga kesegaran tubuh dan obat-obatan seperti ibuprofen, antibiotik, dll. Bagi mereka yang memiliki alergi, seperti alergi dingin atau debu, pastikan untuk membeli obat-obatan sebelumnya.

14. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi yang perlu Anda perhatikan adalah sabun, sampo, dan conditioner. Hindari membeli sampo berlabel “all in one” atau “sesuai semua jenis rambut”.

Baca:  10 Penyebab Kesulitan Keuangan (Solusi)

Sebagian besar sampo “all in one” mengandung bahan-bahan yang dapat memberi efek buruk pada rambut seperti kering dan rontok.

15. Sabun cuci

Sabun cuci merupakan barang yang digunakan tiap hari sehingga perlu dibeli setiap bulan. Barang ini umumnya berbentuk batangan atau bubuk dan dijual dalam kemasan yang beragam.

Pilihlah sabun cuci sesuai dengan jenis pakaian yang sering Anda gunakan seperti untuk pakaian berwarna, putih, atau kain sensitif.

Tips Belanja Bulanan untuk Ibu Rumah tangga

tips-belanja-bulanan-ibu-rumah-tangga-aurabisnis

1. Buatlah rencana anggaran bulanan

Untuk menghemat uang, singkirkan segala hal yang tidak penting dan fokuslah pada kebutuhan dasar. Buatlah rencana anggaran bulanan sebelum berbelanja.

Dengan ini Anda dapat menentukan seberapa banyak uang yang akan dibelanjakan untuk kebutuhan tertentu.

2. Periksa semua barang di daftar belanja

Ini akan membantu Anda untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan dan tidak terlalu banyak dari apa yang tidak Anda butuhkan.

3. Gunakan daftar belanja sebagai panduan

Setelah membuat anggaran bulanan, buatlah daftar barang yang akan dibeli. Hal ini akan membantumu untuk menentukan mana yang penting dan mana yang tidak perlu dibeli.

Jika ada barang yang tidak tercantum dalam daftar, tanyakan kepada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak.

4. Bawa uang tunai ketika berbelanja

Pada umumnya, orang akan menghabiskan lebih banyak uang ketika mereka menggunakan kartu kredit atau debit. Oleh karena itu, sebaiknya bawa uang tunai ketika berbelanja.

Anda akan lebih terkontrol dalam pengeluaran dan tidak akan tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak diperlukan.

5. Pilih tempat belanja dengan harga yang lebih terjangkau.

Mulailah dengan mencari supermarket dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Biasanya, harga di supermarket ketimbang toko kelontong lebih terjangkau.

Selain itu, supermarket menyediakan berbagai macam barang yang dibutuhkan sehari-hari, sehingga Anda tidak perlu berpindah tempat untuk berbelanja.

6. Bandingkan harga dari beberapa toko sebelum membeli apa pun.

Harga di toko yang berbeda bisa berbeda jauh. Oleh karena itu, selalu bandingkan harga dari beberapa toko sebelum membeli sebuah produk.

Anda dapat menggunakan aplikasi atau situs web untuk membandingkan harga dari berbagai toko.

7. Belilah barang-barang yang dalam promosi atau diskon.

Cobalah untuk menunda pembelian barang-barang yang tidak dibutuhkan sekarang. Tunggulah sampai musim diskon untuk mendapatkan harga yang terjangkau.

Beberapa supermarket juga memberikan potongan harga jika Anda membeli produk dalam jumlah banyak.

8. Pertimbangkan untuk membeli barang-barang dalam ukuran besar.

Kebanyakan orang akan menghemat uang dengan membeli barang dalam ukuran besar, seperti membeli sekaligus 1 liter susu daripada membeli 4 botol susu yang lebih kecil.

Selain itu, Anda dapat menghemat uang dengan membeli produk dalam jumlah banyak, seperti mengumpulkan teman atau keluarga untuk membeli produk secara bersama-sama.

9. Pertimbangkan untuk membeli produk-produk yang dapat dibeli dalam jumlah banyak.

Biasanya, produk yang dibeli dalam jumlah banyak akan lebih hemat. Produk-produk seperti gula, beras, minyak goreng, dll., Biasanya lebih murah jika dibeli dalam jumlah banyak.

Oleh karena itu, pertimbangkan hal tersebut, sehingga Anda dapat menghemat uang untuk waktu yang lama.

10. Jangan tergoda untuk membeli barang-barang yang Anda tidak butuhkan.

Ini mungkin salah satu tips terpenting untuk berhemat ketika berbelanja. Sebelum membeli barang, pertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau hanya sekedar tergoda.

Jika itu bukan kebutuhan, lebih baik abaikan dan gunakan uang untuk keperluan yang lebih mendesak.

11. Belilah barang-barang yang dapat Anda gunakan selama bertahun-tahun.

Ketika dalam mode hemat, sebaiknya Anda tidak membeli barang yang hanya akan digunakan sekali.

Belilah barang-barang yang dapat Anda gunakan selama bertahun-tahun untuk mendapatkan nilai terbaik dari uang yang Anda habiskan.

12. Pertimbangkan untuk membuat makanan sendiri.

Buatlah anggaran untuk makanan dan pertimbangkan untuk membuat makanan sendiri di rumah. Hal ini akan menghemat uang yang akan dibelanjakan untuk makanan di luar sana.

Baca:  Mengenal Automatic Roll Over (ARO) dalam Deposito

Anda juga akan tahu apa yang Anda makan dan dapat mengontrol kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuhmu.

13. Jangan ragu untuk meminta saran kepada teman atau keluarga.

Teman atau keluarga mungkin tahu tempat belanja yang lebih murah atau memberikan diskon. Mereka juga dapat memberikan saran yang berguna seperti membeli beberapa barang dalam bentuk paketan bersama untuk menghemat uang.

14. Temukan sebuah kelompok ibu rumah tangga untuk berbagi tips dan strategi menghemat uang.

Ada banyak kelompok ibu rumah tangga yang aktif di media sosial. Gabunglah dengan salah satu kelompoknya dan Anda bisa mendapatkan banyak informasi yang berguna, seperti tempat berbelanja dengan harga yang terjangkau atau program hemat uang.

15. Siapkan uang untuk kebutuhan mendadak.

Terkadang ada kebutuhan mendadak seperti biaya perawatan mobil atau perbaikan AC. Untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak seperti itu, siapkan uang tabungan. Dengan begitu, Anda tidak perlu meminjam uang ketika mendadak membutuhkan uang.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana cara mengatur keuangan agar tidak boros?

Banyak orang yang mempunyai masalah dengan keuangan, karena mereka tidak bisa mengatur uang dengan benar.

Mereka sering kali mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting atau bahkan tidak pernah menabung.

Padahal, menabung adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatur keuangan agar tidak boros.

  1. Buatlah anggaran bulanan
  2. Mulailah menabung dengan jumlah yang kecil
  3. Hindari membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak penting
  4. Jangan menunda-nunda pembayaran tagihan
  5. Jangan mengambil uang dari tabungan

Jika Anda mengikuti tips di atas, maka Anda akan bisa menghemat uang dan mengatur keuangan dengan lebih baik.

Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk menabung dan mengumpulkan uang untuk masa depan.

Bagaimana cara mengatur gaji 2 juta?

Cara mengatur pengeluaran dengan gaji 2 juta perbulan agar tetap sehat secara keuangan adalah dengan menyiapkan anggaran bulanan.

Buatlah daftar pengeluaran mulai dari kebutuhan sehari-hari, cicilan, tagihan, dan pengeluaran bulanan lainnya.

Hal ini berguna agar Anda tahu di mana uang Anda pergi dan seberapa banyak uang yang harus Anda tabung setiap bulan.

Anda juga bisa menyiapkan dana darurat sebagai cadangan apabila ada pengeluaran tak terduga.

Bagaimana cara menyisihkan uang belanja dari suami?

Kebutuhan hidup sehari-hari makin mahal, bukan? Nah, supaya tetap bisa belanja dengan nyaman, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyisihkan uang belanja dari suami.

Pertama, sebelum berangkat berbelanja, Anda perlu menyiapkan anggaran terlebih dahulu. Buatlah catatan semua kebutuhan yang harus Anda beli, seberapa banyak uang yang harus Anda belanjakan, dan lain sebagainya. Anda juga perlu berpikir tentang alternatif pembelian, misalnya membeli barang sekali dalam jumlah banyak atau membelinya per bulan dalam jumlah sedikit.

Kedua, selalu gunakan uang kertas. Anda bisa menyiapkan uang kertas untuk setiap kebutuhan Anda. Misalnya, Anda siapkan uang kertas Rp50.000 untuk kebutuhan seminggu ke depan, Rp200.000 untuk kebutuhan bulanan, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda akan lebih terkontrol dalam pengeluaran dan tidak gampang terpancing untuk membelanjakan uang lebih banyak.

Ketiga, gunakan aplikasi pengelola keuangan. Aplikasi pengelola keuangan seperti Finansialku, Javan, atau Koinworks bisa membantu Anda untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan uang dengan bunga yang bagus.

Akhir Kata

Anda dapat menghemat uang bulanan dengan cara membuat rencana anggaran dan siapkan uang untuk kebutuhan mendadak. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol pengeluaran Anda dan mengantisipasi kebutuhan mendadak.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghemat uang bulanan sebagai ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat!