Cara Jitu Mengatur Uang Bulanan Biar Bisa Hemat

Sebagian besar dari kita mungkin ingin berhemat setiap bulan.

Tapi, bagaimana caranya agar uang bulanan selalu ada sisa?

Ketika berbicara tentang mengatur keuangan bulanan, sebenarnya ada dua hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu pemasukan (pendapatan) dan pengeluaran (beban).

Mengelola keuangan dengan baik berarti Anda dapat mengatur dan mengendalikan pemasukan dan pengeluaran dengan sebaik-baiknya.

Menurut survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia di daerah-daerah, terdapat apa yang disebut “kebingungan” dalam mengelola keuangan, misteri dalam menghitung pengeluaran, tidak menentukan prioritias, cenderung mengeluarkan duit selalu untuk membeli barang-barang tidak penting, dan berjalan was-was dengan keuangan.

Hal ini seolah-olah tidak disadari, adalah salah satu penyebab tertinggi masalah keuangan pada sebagian besar orang.

Perencanaan keuangan yang baik adalah seperti membangun rumah, yaitu Anda perlu membuat fondasi yang kuat sebelum membangun struktur di atasnya.

Fondasi yang kuat dalam perencanaan keuangan adalah dengan memahami tujuan keuangan, menentukan anggaran dan cashflow, memahami investasi, serta mengatur resiko.

Pada artikel ini kami akan membagikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengelola uang bulanan Anda:

1) Buat anggaran bulanan.

membuat-anggaran-bulanan

Buatlah anggaran untuk setiap item pengeluaran setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat dimana uang Anda pergi dan memotong item yang tidak penting.

Anda bisa memulai dengan menguraikan semua pengeluaran rutin Anda seperti biaya rumah, biaya makanan, biaya transportasi, dan biaya pendidikan.

Jangan lupa untuk menyertakan pengeluaran bulanan yang tidak terjadwal seperti biaya kesehatan dan biaya kebutuhan pribadi.

2) Tetapkan tujuan keuangan bulanan.

Setelah Anda mengetahui berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bulanan, Anda dapat menentukan apa yang ingin Anda belanjakan uang tambahan Anda.

Misalnya, jika Anda ingin menyimpan uang untuk biaya kuliah, Anda dapat menetapkan tujuan untuk menyimpan sejumlah tertentu dari pendapatan bulanan Anda.

3) Tetapkan batas pengeluaran.

batas-pengeluaran

Jika pengeluaran Anda lebih besar dari penghasilan Anda, Anda perlu menemukan cara untuk mengurangi pengeluaran Anda atau meningkatkan penghasilan Anda.

Misalnya, Anda dapat menetapkan batas pengeluaran makanan sebesar 30% dari gaji bulanan.

Baca:  Belanja Mingguan: Tips & Triknya!

Dalam mengatur keuangan, seorang individu harus memahami apa yang dia inginkan dan menentukan apa yang dia butuhkan.

Batas pengeluaran yang ditentukan diperlukan untuk mengendalikan pengeluaran setiap bulan.

Sebelum menetapkan batas pengeluaran, sebaiknya Anda memahami situasi keuangan Anda.

Catatlah semua pemasukan dan pengeluaran Anda. Ini akan memberi Anda gambaran umum dari mana uang Anda berasal dan kemana uang Anda pergi.

Anda perlu membandingkan pemasukan dan pengeluaran Anda untuk menentukan batas pengeluaran yang tepat.

Jika pemasukan Anda lebih rendah dari pengeluaran Anda, Anda harus menurunkan pengeluaran Anda, begitu juga sebaliknya.

Ingatlah untuk mengubah batas pengeluaran Anda dari waktu ke waktu untuk menyesuaikan dengan perubahan dalam keuangan Anda.

4) Gunakan uang tunai.

Gunakan sistem uang tunai untuk membayar tagihan bulanan Anda. Dengan menggunakan uang tunai, Anda dapat melihat seberapa banyak uang yang sebenarnya Anda miliki untuk dibelanjakan.

Ketika Anda mengeluarkan uang tunai, Anda akan lebih menghargai uang yang Anda habiskan. Hal ini dikarenakan Anda akan melihat uang yang Anda keluarkan secara fisik.

5) Tetapkan uang saku mingguan.

uang-saku-mingguan

Memberikan diri Anda uang saku mingguan akan membantu Anda mengendalikan pengeluaran bulanan Anda.

Anda dapat menetapkan uang saku mingguan sebesar 5% dari gaji bulanan Anda.

6) Investasikan uang Anda.

Tentukan berapa banyak yang dapat Anda simpan secara realistis setiap bulan. Ini akan menjadi penghasilan yang dapat Anda gunakan untuk tabungan dan investasi.

Mulai dengan menginvestasikan uang Anda dalam instrumen keuangan yang aman seperti deposito bank.

Jika Anda merasa nyaman, Anda dapat menginvestasikan uang Anda dalam instrumen investasi risiko tinggi seperti saham atau obligasi.

Anda dapat membaca artikel-artikel investasi yang sudah kami terbitkan sebelumnya.

FAQ

Bagaimana cara mengatur gaji 3 juta per bulan?

Untuk mengatur gaji 3 juta per bulan, Anda perlu mengkonversi jumlah ini ke dalam pendapatan harian. Anda harus membagi 3 juta dengan 30 hari dalam sebulan. Anda akan mendapatkan pendapatan harian sejumlah Rp100.000. Pastikan pengeluaran harian Anda tidak melebihi dari angka tersebut. Sehingga Anda dapat menyisihkan sisanya untuk tabungan dan investasi.

Baca:  10 Perbedaaan Pasar Uang dan Pasar Modal (Wajib Ketahui)

Apa yang harus dilakukan saat gaji kecil?

  1. Lakukan evaluasi terhadap pengeluaran dan pemasukan.
  2. Carilah alternatif untuk meningkatkan pemasukan, seperti mendapatkan pekerjaan tambahan.
  3. Cobalah untuk menghemat pengeluaran dengan mengatur budget dengan baik atau mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting.

Bagaimana cara mengatur keuangan usaha kecil?

Anda harus membuat anggaran bulanan untuk mengkaji seberapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk membayar biaya seperti biaya sewa atau biaya perlengkapan usaha. Selain itu, Anda perlu menentukan jumlah uang yang akan Anda gunakan untuk membeli bahan baku dan menyiapkan produk untuk penjualan. Anda juga harus menetapkan tujuan keuangan untuk bisnis Anda sehingga Anda tahu berapa banyak uang yang harus Anda hasilkan dalam jangka waktu tertentu.

Apa itu metode 50/30/20?

Aturan 50/30/20 adalah panduan sederhana untuk membantu Anda mengelola keuangan. Cara ini membagi pendapatan menjadi tiga kategori: 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk penghematan dan pembayaran utang.

Bagaimana cara menabung 50 juta dalam setahun?

Jika Anda ingin menabung 50 juta dalam setahun, Anda perlu menabung sebesar 4,17 juta per bulan.

Kesimpulan

Mengatur keuangan bulanan dengan baik dan benar akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda.

Tidak peduli seberapa banyak uang yang Anda miliki, selalu ada cara untuk mengoptimalkannya. Mulailah dengan membuat daftar pengeluaran dan menyiapkan anggaran bulanan.

Jika anggaran Anda terlalu ketat, carilah item-item yang dapat Anda kurangi atau hentikan sementara waktu. Ingatlah untuk menyisihkan uang untuk ditabung dan investasi jangka panjang.

Dengan membaca dan mengikuti saran dan tips dari kami, diharapkan kedepannya bisa lebih hemat dan dapat mengatur keuangan dengan lebih baik.