7 Tips Hemat Memilih Katering Pernikahan

Pernikahan adalah salah satu momen penting dalam hidup. Tentunya Anda ingin semua berjalan mulus dan lancar, termasuk soal makanan. Kebanyakan orang menyewa katering untuk acara pernikahan.

Namun, sebelum Anda menyewa sebuah jasa katering, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan agar tidak mengeluarkan biaya secara berlebihan. Berikut ini adalah tips memilih katering pernikahan, antara lain:

1. Buat anggaran

Buatlah anggaran makanan pernikahan dengan baik. Biasanya, kita hanya memikirkan anggaran untuk seluruh pernikahan, tapi lupa untuk menetapkan anggaran untuk makanan.

Ini akan sangat membantu Anda ketika memilih menu makanan dan menentukan jumlah porsi yang dipesan.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan anggaran makanan untuk pernikahan:

  • Buatlah daftar menu yang Anda inginkan untuk pernikahan Anda. Jika Anda berencana untuk menyediakan beberapa pilihan, pastikan untuk mencantumkan jumlah pilihan yang akan tersedia.
  • Bandingkan harga menu yang Anda inginkan di beberapa tempat catering. Jika Anda memiliki anggaran tertentu, pastikan untuk mencari tempat catering yang menawarkan harga yang sesuai dengan anggaran Anda.
  • Jika Anda ingin memberikan beberapa opsi kepada tamu Anda, pastikan untuk menentukan jumlah makanan yang akan dipesan untuk setiap opsi. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan anggaran makanan yang tepat.
  • Anda juga perlu mempertimbangkan biaya pengiriman makanan, jika Anda berencana untuk menyediakan makanan dari luar kota. Jika Anda memiliki anggaran tertentu, pastikan untuk mencari tempat catering yang dapat mengirimkan makanan ke lokasi pernikahan Anda.

2. Tentukan tema pernikahan

Jika Anda memiliki tema pernikahan, seperti tema sesuai adat pernikahan atau tema western. Ini dapat membantu Anda menentukan konsep makanan untuk menyajikannya di acara pernikahan Anda.

Konsep makanan akan menentukan jenis dan banyaknya makanan untuk disajikan, sehingga dengan tema pernikahan, Anda bisa lebih mudah mendapatkan ide untuk menyajikan makanan yang sesuai tema.

3. Buat referensi

Tentukan jenis hidangan yang Anda inginkan dan kumpulkan referensi seperti gambar atau foto dari internet atau majalah untuk memberikan gambaran kepada vendor katering.

Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat untuk melihat langsung apa yang mereka sajikan dan bagaimana mereka menyajikannya.

4. Pilih menu sesuai selera

Sesuaikan menu dengan selera tamu Anda. Jangan terlalu berlebihan dalam memilih menu yang mewah dan mahal.

Pertimbangkan pula jumlah tamu yang akan datang. Jika terlalu banyak menu yang disediakan, makanan bisa menjadi sia-sia dan tamu pun akan kesulitan untuk memilihnya.

Tips memilih menu untuk tamu undangan pernikahan:

  1. Undangan pernikahan seringkali dibuat berdasarkan tema atau warna tertentu, jadi mulailah dengan memilih menu yang sesuai dengan tema pernikahan Anda.
  2. Konsultasikan dengan catering atau pemesanan makanan yang Anda gunakan untuk mendapatkan rekomendasi menu. Pastikan untuk mempertimbangkan selera dan kebutuhan tamu Anda sebelum membuat pilihan final.
  3. Buatlah menu dengan aneka pilihan makanan, sehingga semua tamu Anda mendapatkan makanan yang mereka sukai.
  4. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kebutuhan tamu dengan penyakit tertentu, seperti diabetes atau alergi. Anda harus menyiapkan beberapa makanan khusus bagi mereka.
  5. Pastikan untuk menyiapkan menu dengan baik sebelum tamu datang. Anda tidak ingin mereka merasa bosan atau tidak puas dengan makanan yang Anda hidangkan.
Baca:  10+ Tips Menjadi Aesthetic di Instagram

5. Jangan lupa untuk menentukan jumlah porsi

Tentukan jumlah porsi makanan yang akan Anda pesan. Anda tidak ingin tamu pernikahan Anda kelaparan, tapi juga tidak ingin makanan tersisa banyak.

Biasanya, seorang tamu akan mengkonsumsi sekitar 500-700 gram atau 3-4 porsi makanan, termasuk nasi dan lauk pauk. Jadi, perhitungkan baik-baik jumlah porsi yang akan Anda pesan.

6. Pilih lokasi tempat makan

Pilih lokasi tempat makan dengan harga yang terjangkau.

Katering untuk acara pernikahan juga sebaiknya disediakan di tempat yang mudah dijangkau bagi semua orang yang menghadiri acara.

Jadi, sebaiknya pilihlah lokasi tempat makan yang dekat dengan tempat pernikahan.

7. Sesuaikan dengan tema pernikahan

Tema pernikahan yang kamu punya akan sangat berpengaruh terhadap pilihan catering.

Misalnya, jika temanya romantis natural, maka jangan sampai tiba-tiba kateringnya berwarna merah menyala atau warna-warna yang cerah.

Dari situ bisa dilihat, bagaimana sebuah tema akan berpengaruh terhadap pilihan catering. Oleh karena itu, sesuaikan tema pernikahan kamu dengan catering yang akan kamu pesan.

8. Perhatikan pegawai katering

Vendor catering akan memberikan pelayanan dengan baik, karena itu perhatikan sejak kalian memberikan pesanan.

Bagaimana cara mereka memberikan pelayanan, apakah baik dan ramah?

Coba perhatikan sejak kalian memberikan pesanan, apakah mereka segera menanggapi pesanan kalian, jika tidak segera menanggapi pesanan Anda, segera cari vendor catering yang lain.

9. Jangan lupa untuk menyiapkan anggaran untuk minuman

Makanan tidak akan lengkap tanpa minuman. Anda juga harus menyiapkan anggaran untuk minuman.

Minuman sebaiknya disediakan dalam jumlah yang cukup, agar tamu tidak kehabisan minum sebelum makan.

Langkah-langkah untuk menentukan anggaran minuman dipernikahan:

  1. Buatlah sebuah daftar semua minuman yang akan tersedia selama pernikahan.
  2. Tentukan seberapa banyak orang yang akan menghadiri pernikahan Anda.
  3. Hitung seberapa banyak minuman yang akan dikonsumsi oleh setiap tamu. Anda dapat menggunakan rata-rata 4-5 minuman per orang sebagai patokan.
  4. Buat perkiraan harga untuk setiap minuman berdasarkan daftar yang telah Anda buat.
  5. Jumlahkan seluruh biaya minuman untuk mendapatkan anggaran yang tepat.
  6. Tentukan waktu yang tepat untuk menyajikan makanan
Baca:  10 Tips Memilih Nama Snack Kekinian (Beserta Contoh)

Tentukan waktu yang tepat untuk menyajikan makanan agar tamu tidak harus menunggu lama, dan jangan sampai makanan sudah dingin saat disajikan.

Makanan yang sudah dingin, rasanya pasti sedikit berbeda dengan makanan yang masih hangat.

Ini disebabkan karena lemak dalam makanan membeku sehingga rasa makanan akan semakin kering dan sedikit hambar.

10. Siapkan dana cadangan

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menentukan dana cadangan:

  1. Tentukan jumlah dana yang ingin Anda siapkan untuk dana cadangan. Ini bisa berdasarkan estimasi biaya untuk berbagai keperluan selama pernikahan, seperti acara, pakaian, cukuran, dan lain-lain.
  2. Buat rencana tabungan untuk dana cadangan dengan memilih jumlah yang ingin Anda simpan setiap bulan. Anda dapat menyiapkan rekening tabungan khusus untuk dana cadangan pernikahan atau menyiapkannya dalam rekening tabungan yang sudah ada.
  3. Lakukan pembayaran bulanan secara rutin agar dana cadangan Anda tumbuh sesuai rencana.
  4. Jika perlu, Anda dapat menginvestasikan sebagian dari dana cadangan Anda untuk mendapatkan imbalan yang lebih tinggi. Namun, jangan terlalu banyak menginvestasikan dana cadangan Anda sehingga Anda tidak dapat menariknya dengan cepat jika diperlukan.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

☑️ Apa saja menu prasmanan sederhana untuk pernikahan?

  • Nasi goreng,
  • Bihun goreng
  • Mie goreng
  • Ayam goreng
  • Tempe goreng
  • Tahu goreng
  • Sate ayam
  • Soto ayam
  • Gado-gado
  • Pisang goreng
  • Es teh
  • Es Jeruk

☑️ Apa saja menu katering yang biasa disajikan saat pernikahan?

  • Nasi kotak
  • Sate
  • Bakso
  • Gulai
  • Rendang
  • Pencuci mulut

Kesimpulan

Pernikahan merupakan momen yang sangat spesial dalam hidup seorang pasangan. Oleh karena itu, seluruh aspek dalam acara pernikahan harus dirancang dan disiapkan secara apik.

Salah satu aspek yang tidak boleh terlewatkan adalah aspek makanan. Makanan yang disajikan di acara pernikahan haruslah enak dan menarik.

Untuk itu, katering pernikahan menjadi salah satu pilihan yang bagus.

Demikian beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika memilih katering pernikahan. Semoga bermanfaat!