15 Pekerjaan Daring Tanpa Keluar Rumah (Anti Bosan)

Saat ini, banyak orang melakukan pekerjaan daring dari rumah.

Hal ini memungkinkan mereka untuk menghemat waktu dan biaya untuk berangkat dan pulang kerja.

Selain itu, pekerjaan jenis ini juga memberi Anda fleksibilitas untuk mengerjakan pekerjaan di mana dan kapan saja Anda inginkan.

Apa itu Pekerjaan Daring?

Pekerjaan daring (online work) adalah istilah yang dibuat untuk mencirikan pekerjaan yang dilakukan secara online.

Pekerjaan ini biasanya dilakukan dari rumah (work from home), dengan menggunakan komputer atau laptop pribadi.

Banyak orang yang tertarik untuk melakukan pekerjaan secara online karena beberapa kelebihan, seperti fleksibilitas waktu dan tempat kerja, yang tidak ditawarkan oleh pekerjaan offline.

Kelebihan Pekerjaan Daring

Pekerjaan daring memberikan beberapa kelebihan, di antaranya:

  • Fleksibilitas waktu dan tempat kerja: Pekerjaan online memberikan fleksibilitas waktu dan tempat kerja. Anda dapat bekerja kapan saja dan di mana saja, asalkan Anda memiliki koneksi internet.
  • Mendapatkan uang tambahan: Pekerjaan secara daring dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi Anda. Beberapa pekerjaan daring menawarkan gaji per jam, sehingga Anda dapat bekerja sesuai dengan waktu yang Anda miliki.
  • Menjadi lebih produktif: Pekerjaan daring dapat membuat Anda lebih produktif, karena Anda tidak perlu melakukan perjalanan ke tempat kerja. Anda juga dapat mengatur waktu kerja sesuai dengan gaya hidup Anda.

Kekurangan Pekerjaan Daring

Walaupun pekerjaan daring (online work) memberikan banyak kelebihan, tetapi ada juga kekurangan, di antaranya:

  • Kurang interaksi sosial: Pekerjaan daring kurang interaksi sosial, karena Anda hanya berkomunikasi dengan komputer atau laptop. Pekerjaan online di dunia maya yang sering kita jumpai seperti menjadi blogger atau YouTuber rupanya tidak semudah yang kita bayangkan. Mereka harus bekerja keras dan kreatif agar dapat menarik perhatian pembaca atau penonton. Tak heran jika banyak dari mereka yang menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan online mereka.
  • Resiko terjadinya penyimpangan: Pekerjaan daring memiliki resiko terjadinya penyimpangan, seperti pornografi, cyberstalking, dan sebagainya.
  • Ketergantungan pada teknologi: Pekerjaan daring sangat bergantung pada teknologi, sehingga jika komputer atau laptop rusak, maka pekerjaan Anda akan terhambat.

Saat ini, ada banyak peluang untuk bekerja dari rumah. Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri atau hanya ingin menemukan cara untuk menghasilkan uang tambahan.

Berikut adalah 15 pekerjaan daring yang paling populer dan dapat Anda lakukan dari rumah:

15 Pekerjaan Daring yang Paling Populer

1. Penulis blog

Penulis blog adalah seseorang yang memberikan tulisan atau konten untuk sebuah blog. Tulisan yang diberikan penulis blog bisa berupa artikel, opini, komentar, atau sekedar curhatan tentang suatu hal. Penulis blog juga bisa disebut sebagai blogger.

Blogging adalah cara untuk berbagi pemikiran dan ide Anda dengan dunia. Anda dapat membuat situs web pribadi atau halaman web di mana Anda dapat membagikan pemikiran dan ide Anda dengan orang lain. Blogging dapat dilakukan untuk hobi, mengungkapkan diri, menjadi sumber informasi untuk orang lain atau mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara menjadi penulis blog sangat mudah, cukup buat akun di blog yang kamu inginkan dan mulailah menulis. Namun, untuk menjadi penulis blog yang bagus dan dikenal oleh banyak orang, bukanlah hal yang mudah. Penulis blog yang bagus haruslah mampu menulis dengan gaya yang menarik, serta mempunyai passion dalam menulis.

2. Penulis lepas

Penulis lepas adalah seorang penulis yang tidak terikat oleh kontrak kerja dengan sebuah perusahaan atau organisasi.

Pekerjaan ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginannya.

Untuk menjadi seorang penulis lepas, seseorang harus memiliki kemampuan menulis yang baik dan kreatif.

Seseorang juga harus rajin dalam mencari informasi sehingga dapat menyajikan tulisan yang informatif dan bermanfaat.

Baca:  21 Usaha Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

3. Video Editor

pekerjaan-daring-video-editor-aurabisnis
Pekerjaan video editor dari projects.co.id

Video editor adalah sebuah profesi yang melakukan editing video. Seorang video editor biasanya bekerja di studio televisi, perusahaan produksi film, dan perusahaan produksi video game.

Cara menjadi video editor adalah dengan mengikuti pendidikan yang sesuai, seperti mengikuti jurusan multimedia di perguruan tinggi. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti workshop dan kursus editing video.

4. Penerjemah

Penerjemah adalah seorang yang dapat mengubah sebuah teks dari bahasa asli ke dalam bahasa penerjemahan.

Penerjemah profesional harus memiliki pengetahuan yang luas tentang dua bahasa yang sedang diterjemahkan.

Pengetahuan ini perlu untuk memastikan bahwa maksud asli teks dapat diterjemahkan dengan tepat ke dalam bahasa penerjemahan.

Penerjemah profesional juga harus memiliki kemampuan untuk berpikir secara cepat dan akurat dalam kondisi yang sulit.

pekerja-lepas-penerjemah-aurabisnis
Pekerjaan penerjemah dari sribulancer.com

5. Social media manager

Seorang manajer media sosial bertanggung jawab untuk menciptakan, mengelola, dan melaksanakan strategi pemasaran media sosial merek.

Mereka juga bertanggung jawab untuk memantau dan terlibat dengan pelanggan di platform media sosial.

Untuk menjadi manajer media sosial, Anda perlu memiliki pengalaman dengan platform media sosial dan gelar sarjana dalam bidang pemasaran, komunikasi, atau bidang terkait.

Anda juga akan membutuhkan keterampilan tertulis dan komunikasi yang sangat baik.

6. Web developer

Web developer adalah sebuah profesi yang mengkhususkan diri dalam pengembangan situs web.

Pekerjaan web developer meliputi pembuatan, pengelolaan, dan pemeliharaan situs web.

Web developer biasanya bekerja di tim dengan web designer dan web programmer untuk menciptakan situs web yang kompleks.

Untuk menjadi seorang web developer, seseorang harus memiliki kemampuan untuk memahami konsep teknis situs web, seperti protokol HTTP, penempatan hosting, dan dasar-dasar pemrograman web.

Selain itu, web developer juga harus memahami bagaimana pengguna menavigasi situs web dan menciptakan situs web yang mudah digunakan.

7. Web designer

sribu-pekerja-lepas-aurabisnis
Pekerjaan desain dari sribu.com

Web designer adalah profesional yang menciptakan dan mendesain situs web. Web designer menggunakan sejumlah bahasa pemrograman komputer dan aplikasi untuk mendesain, membuat, dan memperbaiki situs web.

Web designer juga dapat membantu dalam memilih dan menginstal server web, menyiapkan hosting, dan mengoptimalkan situs web untuk pencarian mesin (SEO).

8. Data entry

Data entry adalah proses memasukkan data ke dalam suatu sistem. Data entry dapat dilakukan dengan mengetik data secara manual ke dalam suatu database, atau dengan mengimpor data dari sebuah file teks atau spreadsheet.

Data entry juga dapat dilakukan dengan menggunakan scanner untuk memindai dokumen dan mengimport data ke dalam suatu database. Untuk menjadi data entry, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengetik dengan cepat dan tepat, dan juga memahami bagaimana menggunakan sebuah database atau spreadsheet.

9. Penjual lepas

Penjual lepas adalah penjual yang tidak terikat oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Penjual lepas melakukan penjualan secara mandiri dan dapat menentukan sendiri kebijakan penjualan.

Penjual lepas juga dapat memberikan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan atau organisasi. Penjual lepas biasanya menjual produk atau jasa dengan harga yang lebih rendah dalam jumlah yang kecil.

Untuk menjadi penjual lepas, Anda harus mendapatkan izin dari pemilik produk atau jasa. Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk atau jasa yang akan Anda jual.

10. Telemarketer

Telemarketer adalah seorang profesional yang menghubungi pelanggan potensial atas nama perusahaan untuk mencoba menjual produk atau layanan kepada mereka.

Jika Anda mempertimbangkan karier sebagai telemarketer, Anda harus merasa nyaman berbicara dengan orang -orang di telepon dan memiliki kemampuan untuk membujuk mereka untuk membeli apa yang Anda jual.

Baca:  Cara Mudah Budidaya Ikan Nila di Ember

Untuk menjadi telemarketer, Anda harus menyelesaikan program pelatihan dengan perusahaan yang mempekerjakan telemarketer.

11. Customer service

Apa itu customer service? Customer service adalah sebuah pekerjaan yang menangani hubungan dengan pelanggan perusahaan.

Pekejraan ini akan memberikan pelayanan kepada pelanggan seperti memberikan informasi, menangani keluhan, dan membantu dalam proses pembelian.

Oleh karena itu, customer service sangat penting bagi sebuah perusahaan.

12. Virtual assistant

pekerjaan-virtual-assistant-aurabisnis

Virtual Assistant (VA) adalah asisten administrasi online.VAS biasanya kontraktor independen yang memberikan layanan mereka kepada klien dari jarak jauh.

Mereka biasanya menangani tugas -tugas seperti manajemen email, penjadwalan media sosial, penulisan blog, dan layanan pelanggan.

Untuk menjadi VA, Anda membutuhkan keterampilan tertulis dan komunikasi yang kuat, serta pengalaman administratif.

Anda dapat menemukan pertunjukan VA di papan pekerjaan atau dengan jaringan dengan usaha kecil di daerah Anda.

13. Online tutor

Tutor online adalah seseorang yang menyediakan sesi les satu-satu melalui internet.

Biasanya, tutor online menggunakan perangkat lunak konferensi video untuk terhubung dengan siswa secara real-time.

Banyak tutor online yang bekerja sendiri dan bekerja dari rumah.Untuk menjadi tutor online, Anda harus memiliki gelar sarjana dan pengalaman mengajar.

Anda juga perlu terbiasa dengan penggunaan perangkat lunak konferensi video dan memiliki koneksi internet yang baik.

14. Developer aplikasi

Developer aplikasi adalah orang yang menciptakan perangkat lunak untuk mendapatkan penghasilan. Mereka dapat bekerja untuk perusahaan perangkat lunak, atau mereka mungkin wiraswasta. Untuk menjadi pengembang, Anda perlu belajar cara kode.

Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda mempelajari cara membuat kode, termasuk kursus dan buku online.

Setelah Anda belajar cara kode, Anda perlu membuat portofolio pekerjaan Anda untuk menunjukkan calon pemberi kerja.

15. Konsultan bisnis online

Konsultan bisnis online bekerja dengan perusahaan untuk memberikan saran dan rekomendasi bisnis secara online.

Mereka juga dapat memberikan pelatihan kepada para pelaku bisnis untuk membantu mereka meningkatkan kinerja bisnis mereka.

Untuk menjadi konsultan bisnis online, seseorang harus memiliki pengetahuan yang luas tentang bisnis dan teknologi, serta kemampuan untuk menginterpretasikan data bisnis dengan benar.

FAQ

Bagaimana rasanya bekerja daring?

Rasanya bekerja daring sangat menyenangkan karena Anda dapat bekerja dimanapun dan kapanpun Anda inginkan.

Anda juga dapat mengatur waktu Anda sendiri dan bekerja sesuai dengan jadwal Anda.

Apa bedanya bekerja secara daring dengan bekerja di kantor?

Di kantor, Anda bekerja di tempat dan di waktu yang ditentukan oleh perusahaan.

Pekerjaan daring memungkinkan Anda untuk bekerja dimana saja dan kapan saja, asalkan Anda memiliki koneksi internet.

Apakah bekerja daring akan menjadi pekerjaan kesukaan generasi milenial?

Generasi milenial memiliki banyak pilihan untuk menemukan pekerjaan impian mereka.

Bekerja secara daring dapat menjadi pilihan yang cocok untuk generasi milenial yang suka bekerja dengan teknologi dan ingin membuat pekerjaan mereka sendiri.

Apa rekomendasi pekerjaan daring untuk mahasiswa?

Rekomendasi pekerjaan daring untuk mahasiswa adalah sebagai berikut:

  • Pemasaran daring
  • Penulisan daring
  • Pemrograman
  • Desain web
  • Administrasi sistem

Kesimpulan

Artikel ini memberikan gambaran tentang 15 pekerjaan daring yang dapat Anda lakukan dari rumah.

Pekerjaan-pekerjaan ini semuanya dapat dilakukan secara online, dan banyak di antaranya dapat dilakukan dengan hanya beberapa jam kerja per minggu.

Jika Anda tertarik dengan pekerjaan-pekerjaan ini, maka Anda dapat mencoba untuk melakukannya dari rumah.