Pemasaran Langsung: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Pemasaran bagi suatu usaha menjadi suatu strategi penting dan akan sangat menentukan keberhasilan usaha tersebut. Strategi ini sendiri terdiri atas berbagai macam, salah satunya pemasaran langsung.

Pemasaran langsung sama halnya dengan jenis pemasaran lain yang dilakukan secara terencana untuk menyebarluaskan informasi tentang suatu produk agar semakin dikenal.

Hanya saja metode dan perilakunya berbeda dengan jenis pemasaran lainnya.

Apa Itu Pemasaran Langsung?

pemasaran-langsung

Pemasaran langsung adalah suatu strategi pemasaran dalam bisnis yang memungkinkan suatu pemilik usaha atau perusahaan melakukan komunikasi dengan konsumen tanpa ada sekat.

Oleh sebab itu pemasaran langsung disebut juga sebagai kampanye direct marketing.

Dalam aktivitas marketingnya, perusahaan akan berusaha menyampaikan pesan, maksud, tujuan dan juga promosi penjualan dengan menghubungi target market secara langsung.

Proses menyampaikan pesan bisa melalui bertatap muka, melalui direct message sosial media, pesan email, surat sampai dengan SMS atau pun telepon.

Pemasaran langsung ini kaidahnya sangat menekankan terhadap call to action. Jadi penerima pesan dihimbau untuk dapat segera merespon pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan tersebut.

Jika pesan yang dikirimkan melalui telepon interaktif, biasanya tim marketing perusahaan akan memberikan informasi kepada penerima pesan tersebut agar jika tertarik dengan produknya bisa menghubungi nomor telepon bebas pulsa dari perusahaan yang bersangkutan.

Selain itu, langkah call to action yang disediakan juga berupa perintah untuk membalas email, link di sosial media dan sebagainya.

Dalam prosesnya, pemasaran langsung sangat mengharapkan adanya respon cepat yang diberikan oleh penerima pesan atas pesan yang dikirimkan.

Jenis-Jenis Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung sendiri terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:

1) Personal selling

Apa yang dimaksud dengan personal selling?

Jadi personal selling merupakan sebuah proses pemasaran produk secara langsung dengan bertatap muka.

Jadi antara pihak marketing suatu usaha atau perusahaan akan bertatap muka dan berinteraksi secara langsung dengan pembeli atau calon pembeli.

Biasanya manajemen pemasaran akan meminta tim marketing atau tim pemasaran yang ditunjuk untuk mendatangi tempat – tempat strategis yang sesuai dengan target marketnya.

Misalkan untuk produk makanan bayi, biasanya tim marketing akan memberikan informasi, arahan atau memperkenalkan produknya tersebut di tempat – tempat yang berkaitan dengan para ibu seperti rumah sakit persalinan, mall, pasar, paguyuban imunisasi anak, dan sebagainya.

Personal selling sampai saat ini masih dianggap menjadi salah satu cara pemasaran yang cukup efektif utamanya jika yang diperkenalkan adalah produk baru.

Melalui personal selling, konsumen atau target market bisa lebih mengenal, melihat langsung dan memahami produk yang ditawarkan.

2) Direct mail marketing atau pemasaran langsung melalui surat

Jadi direct mail marketing merupakan metode pemasaran yang dilakukan dengan cara memberikan penawaran langsung kepada target market tidak dengan bertatap muka melainkan melalui pesan email, voicel mail atau faximile.

Baca:  Marketing Mix Adalah: Konsep 4P, 7P dan Contohnya

Jadi perusahaan atau tim marketing perusahaan akan mengirimkan informasi produk yang ditawarkan melalui email.

Metode pemasaran yang satu ini lebih efektif utamanya di era digital seperti sekarang dibandingkan metode yang pertama.

3) Catalog marketing

Catalog marketing merupakan suatu jenis pemasaran yang dilakukan dengan cara mengirimkan atau menyebarkan katalog atau pun brosur atau pamflet ke berbagai target market yang dituju dan biasanya disebarkan di tempat – tempat yang memang ramai orang.

diskusi-telemarketing

4) Telemarketing

Kegiatan pemasaran produk yang satu ini dilakukan dengan cara memanfaatkan telepon atau komunikasi suara dalam mempromosikan suatu produk ke target market.

Jika nantinya ada respon dari target market yang dituju, barulah akan dilakukan pertemuan oleh kedua belah pihak untuk mendapatkan closing.

Utamanya produk – produk bernilai besar biasanya akan memanfaatkan telemarketing sebagai langkah mendapatkan closing misalkan seperti promosi perumahan, jual beli tanah, properti dan sejenisnya.

5) Kios marketing

Jenis pemasaran produk yang satu ini merupakan jenis marketing modern yang dilakukan secara daring dengan meletakkan sebuah mesin penerima pesanan pelanggan di berbagai tempat yang ramai.

Kelebihan Pemasaran Langsung

kelebihan-pemasaran-langsung

Pemasaran langsung memang memiliki cukup banyak kelebihan. Oleh sebab itu sampai saat ini pemasaran langsung masih dilakukan.

Bahkan banyak juga perusahaan atau pemilik usaha yang sampai detik ini masih mengombinasikan beberapa jenis pemasaran dengan pemasaran langsung ini.

Berikut beberapa aspek yang menjadi kelebihan pemasaran langsung:

1) Target market yang dituju jelas

Salah satu kelebihan pemasaran langsung tentunya berkaitan dengan target market.

Karena pesan yang dikirimkan dilakukan secara spesifik ke pelanggan atau calon pelanggan, maka pihak pengirim pesan atau pihak marketing sudah mengenal target promosinya dengan baik dan bisa menyesuaikan penawaran sesuai kebutuhan target market tersebut untuk meminimalisir kegagalan dalam closing.

2) Bisa lebih informatif

Karena dilakukan secara langsung, maka metode pemasaran ini dinilai lebih mampu memberikan informasi secara detail tentang produk yang dipromosikan.

Misalkan dengan memberikan informasi spesifikasi produk atau bahkan memperlihatkan video tentang produk ketika menjelaskan secara tatap muka ke target market atau mengirimkan video produk jika promosinya dilakukan melalui media online seperti email dan sejenisnya.

3) Bersifat lebih personal

Karena dikirimkan per orang, maka penerima pesan akan lebih merasa dihargai atau dikenal secara personal oleh pengirim pesan.

Meski sebenarnya mungkin kalimat promosi tersebut tidak hanya dikirimkan ke satu orang saja melainkan ke puluhan atau bahkan ribuan orang.

4) Mengoptimalkan anggaran pemasaran

Jika Anda memiliki suatu usaha baru dan memiliki budget pemasaran yang cukup kecil, maka solusi yang bisa Anda ambil untuk memperluas jangkauan marketing adalah dengan melakukan direct marketing atau direct selling.

Langkah ini sangat tepat untuk mengoptimalkan anggaran pemasaran yang Anda punya namun memberikan impact yang cukup bagus.

Baca:  20+ Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk

5) Membantu meningkatkan loyalitas pelanggan

Karena pelanggan sudah merasa dihargai, intimate dan dikenal secara personal maka hal tersebut juga sangat bagus karena mampu membuat loyalitas pelanggan pun akhirnya meningkat.

Untuk membuat pelanggan semakin merasa dihargai, ada satu strategi yang bagus dilakukan adalah dengan menggabungkan direct marketing dengan program loyalitas pelanggan.

Hasilnya akan jauh lebih powerfull.

Kekurangan Pemasaran Langsung

kekurangan-pemasaran-langsung

Namun dibalik semua kelebihannya, pemasaran langsung juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun terkait beberapa kekurangan pemasaran langsung di antaranya :

1) Beberapa orang merasa terganggu

Tak semua orang suka didekati orang lain ketika sedang jalan – jalan, duduk atau ditempat umum misalnya. Oleh sebab itu direct marketing masih dianggap mengganggu oleh sebagian orang.

Demikian juga ketika direct marketing dilakukan dengan metode direct mail marketing.

Tak semua orang suka menerima pesan email dari perusahaan yang menawarkan jasanya sehingga beberapa akan mengabaikan pesan semacam itu.

Jadi dalam penerapannya harus berhati – hati agar target market tidak merasa terganggu dengan aktivitas promosi yang Anda lakukan.

2) Banyaknya kompetitor yang menggunakan metode pemasaran ini

Banyak kompetitor yang memasarkan produknya dengan metode pemasaran yang satu ini. Hal tersebut karena memang pemasaran secara langsung dianggap sangat efektif dan dapat menekan biaya.

Untuk itu pastikan Anda melakukan pemasaran dengan sistem ini dan mempersiapkan keunikan tertentu agar mampu menarik perhatian target market.

Kesimpulan

Pemasaran langsung memiliki banyak kelebihan, tetapi juga beberapa kekurangan. Pemasaran langsung dapat membantu perusahaan dengan biaya yang relatif rendah dan memberikan fleksibilitas dalam hal jumlah dan jenis produk yang ditawarkan.

Selain itu, pemasaran langsung dapat membantu perusahaan untuk menargetkan pasar yang tepat, dengan cara yang lebih efisien. Namun, pemasaran langsung juga memiliki beberapa kekurangan, seperti biaya yang relatif tinggi dan keterbatasan dalam hal pemasaran produk.

Itulah sedikit informasi terkait pemasaran langsung beserta kelebihan dan kekurangannya.

Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat dan pastikan untuk setiap pebisnis jangan lupakan pemasaran dalam bentuk apapun karena sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda.

Salam wirausaha!