18 Kerja Online untuk Pelajar yang Masih Sekolah

Sesuai dengan situasi ekonomi saat ini, mencari kerja sebagai pelajar bukanlah perkara yang mudah. Banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan paruh waktu, dan gaji yang ditawarkan tidaklah sebanding dengan jumlah jam kerja yang harus dilakukan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas sebuah alternatif untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok bagi pelajar, yaitu dengan mencari pekerjaan online.

Perlu diketahui, sebenarnya ada banyak jenis kerja online untuk pelajar. Mulai dari menjadi penjual produk, penerjemah, hingga content writer. Yang perlu dilakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya, dan menentukan jenis kerja online yang cocok dengan minat dan bakat kita.

Kerja online untuk pelajar yang bisa Anda coba

Berikut ini adalah 5 pekerjaan online yang cocok bagi pelajar:

1. Menjadi penjual produk

penjual-produk

Menjual produk secara online bukanlah hal yang baru lagi. Banyak pelajar yang telah memulai bisnis ini, dan hasilnya cukup bagus dan menguntungkan.

Untuk bisnis ini, Anda hanya perlu membuat toko online, dan mengajak teman-teman untuk mempromosikannya.

Selain itu, Anda juga perlu rajin mencari informasi tentang produk-produk terbaru yang akan dijual, agar toko online yang dibuat bisa selalu update dengan produk-produk terbaru.

Jika Anda memiliki barang yang ingin Anda jual, Anda dapat memanfaatkan toko online seperti Tokopedia atau Bukalapak. Anda dapat mendaftar sebagai penjual di toko tersebut dan mulai menjual barang kamu. Jika barang yang Anda jual laku, Anda dapat menghasilkan uang dari penjualan tersebut.

2. Penerjemah online

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang mencari tenaga penerjemah. Tugas utama penerjemah adalah menyediakan terjemahan dari teks asli ke dalam bahasa yang diminta. Jika Anda mahir dalam berbahasa asing, maka Anda pasti dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik.

Cara menjadi penerjemah online:

  • Pertama, Anda harus mencari perusahaan atau organisasi yang membutuhkan jasa penerjemah online. Biasanya, perusahaan ini menyediakan platform atau situs web dimana para penerjemah online dapat mendaftar.
  • Setelah Anda menemukan perusahaan atau organisasi yang tepat, Anda perlu mendaftar dan mengikuti instruksi yang diberikan.
  • Biasanya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran, menyertakan CV, dan mengirimkan sampel pekerjaan sebelumnya.
  • Jika perusahaan atau organisasi yang Anda pilih menyetujui Anda untuk menjadi penerjemah online, Anda akan menerima instruksi selanjutnya.
Berapa penghasilan penerjemah online?

Penghasilan penerjemah online tergantung kepada berbagai faktor, seperti jumlah pekerjaan yang diterima, tarif yang ditetapkan, dan biaya hidup di tempat tinggal. Penerjemah online yang berpengalaman dan berprestasi biasanya dapat mengantongi lebih banyak pekerjaan dan menetapkan tarif yang lebih tinggi.

3. Menjadi blogger

Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang baik, Anda dapat mencoba untuk menjadi blogger. Anda dapat mulai dengan membuat blog gratis di WordPress atau Blogspot.

Anda bisa memulai dengan menulis tentang hal-hal yang Anda sukai dan cobalah untuk mendapatkan pembaca dengan mengoptimalkan blog Anda dengan SEO.

Jika blog Anda telah berkembang, Anda dapat menghasilkan uang dari iklan atau dengan menjual produk sendiri.

4. Penulis lepas

Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang baik, Anda dapat mencoba untuk menjadi penulis lepas.

Anda dapat mencari lowongan kerja online untuk pelajar sebagai penulis lepas di berbagai situs, seperti Upwork atau Freelancer.com.

Setelah mendapatkan pekerjaan, Anda dapat mengerjakannya di waktu luang.

Tips menjadi penulis lepas:

  • Carilah tempat dan waktu yang nyaman untuk menulis. Bisa berupa ruang kerja khusus atau sudut di rumah. Pastikan untuk mengatur suhu dan pencahayaan agar Anda nyaman.
  • Buatlah daftar topik atau judul yang ingin Anda tulis. Anda juga dapat menyertai sebuah kelompok penulis untuk mendapatkan ide-ide baru.
  • Hubungi editor atau penerbit yang ingin Anda tulis untuk meminta persetujuan dan petunjuk selanjutnya.
  • Setelah mendapatkan persetujuan, mulailah menulis dan menyelesaikan artikel atau buku yang Anda rencanakan.
  • Submit artikel atau buku Anda ke editor atau penerbit. Tunggulah mereka untuk melakukan editing dan memberikan komentar.
Berapa gaji penulis lepas?

Penulis lepas mendapatkan bayaran berdasarkan jumlah kata yang ditulis. Bayaran bervariasi dari Rp20,000 sampai Rp50,000 per-1000 kata. Jadi, jika Anda menulis 1000 kata dalam sehari, Anda bisa mendapatkan Rp600,000 – Rp1,500,000 sebulan.

5. Pengelola media sosial (social media manager)

Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan social media manager untuk mengelola akun-akun media sosial mereka.

Baca:  Cara Menata Toko Plastik untuk Kesuksesan Bisnis

Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengelola media sosial dengan baik, Anda dapat mencoba untuk melamar pekerjaan sebagai social media manager.

6. Menjadi reseller

Reseller adalah orang yang menjual produk atau jasa kepada konsumen. Untuk menjadi reseller, pelajar hanya perlu memilih sebuah produk atau jasa dan menawarkannya kepada teman-teman atau orang di sekitar lingkungan sekolah. Reseller dapat mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.

7. Menjadi penulis tamu

penulis-tamu

Penulis tamu adalah orang yang menulis artikel untuk website atau blog orang lain. Penulis tamu dapat dibayar dengan uang atau dalam bentuk barang.

Untuk menjadi penulis tamu, pelajar perlu mendaftarkan diri ke sebuah website atau blog, dan menawarkan artikel yang akan ditulis.

Selain itu, pelajar juga perlu memiliki kemampuan untuk menulis dengan baik, dan mengikuti petunjuk website atau blog tempat ia mendaftar.

Langkah-langkah menjadi penulis tamu online:

  • Cari situs web yang menawarkan program penulis tamu.
  • Baca syarat dan ketentuan untuk program penulis tamu.
  • Buat artikel yang berkualitas tinggi untuk diterbitkan.
  • Submit artikel ke situs web yang sesuai.
  • Tunggu untuk artikel Anda diterbitkan.

8. Menjadi pengajar online

Pelajar yang memiliki kemampuan yang baik dalam suatu mata pelajaran tertentu, dapat memanfaatkan kemampuannya tersebut dengan menjadi pengajar online.

Pengajar online dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi seperti Skype atau Zoom. Salah satu keuntungannya adalah fleksibilitas waktu. Anda dapat mengajar dimana saja dan kapan saja, sesuai dengan waktu yang dimiliki pelajar.

Langkah-langkah menjadi pengajar online:

  • Cari informasi tentang pengajaran online di internet.
  • Cari situs web yang menyediakan program pengajaran online.
  • Daftar untuk program pengajaran online.
  • Buat profil online Anda.
  • Mulai mengajar.
Berapa gaji pengajar online di Indonesia?

Pengajar online di Indonesia dibayar berdasarkan jam atau sesuai dengan kontrak yang dibuat dengan sekolah atau universitas. Tetapi rata-rata sekitar 50.000 – 70.000 rupiah per jam.

9. Menjadi dropshipper

Dropshipping adalah sebuah bisnis model dimana Anda bertindak sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Anda akan menjual produk dari penjual kepada pembeli, dan mendapatkan selisih harga sebagai komisi.

Untuk menjadi seorang dropshipper, Anda tidak membutuhkan modal uang yang besar, karena Anda tidak perlu menyiapkan stok produk. Selain itu, Anda juga bisa menjadi seorang dropshipper dari rumah, sehingga Anda tidak perlu keluar rumah untuk bekerja.

Langkah-langkah menjadi dropshipper:

  • Mencari distributor atau supplier.
  • Menawar harga.
  • Membuat akun di marketplace.
  • Mendaftarkan kemitraan dengan distributor atau supplier.
  • Menginput produk ke marketplace.
  • Melakukan promosi.
  • Menjual produk.
  • Mengirimkan produk ke pembeli.

10. Content creator

Content creator adalah orang yang membuat konten di media sosial, seperti membuat video di YouTube, posting di Instagram, atau live streaming di Twitch.

Untuk menjadi content creator yang sukses, pelajar harus mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri, sehingga dapat membuat konten yang menarik dan bernilai tinggi.

Tips sukses menjadi content creator:

  • Konsisten: Buatlah konten secara rutin agar pembaca Anda selalu menjadi loyal.
  • Kreatif: Buatlah konten yang berisi nilai tambah dan bermanfaat bagi pembaca.
  • Original: Hindari menjiplak konten orang lain, sebaiknya buatlah konten sendiri.
  • Informasi: Pastikan untuk selalu menyediakan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.
Berapa penghasilan rata-rata content creator di Indonesia?

Menurut survei yang dilakukan oleh Influencer Marketing Hub pada tahun 2019, rata-rata pendapatan content creator di Indonesia sebesar $239 atau sekitar Rp3,500,000 per bulan.

12. Desainer grafis freelance

Jika Anda suka bidang desain grafis, Anda bisa mencoba menjadi freelancer. Anda bisa menawarkan jasa desain kepada perusahaan-perusahaan kecil, atau bahkan kepada teman-teman sekolah dan kampus.

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai freelancer, Anda harus memiliki portofolio yang menarik dan mampu menawarkan harga yang kompetitif.

Berapa penghasilan rata-rata desainer grafis?

Penghasilan rata-rata seorang desainer grafis di Indonesia sekitar Rp. 3.000.000,- sampai Rp. 7.000.000,- per bulan.

13. Pengembang web

Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengembangkan situs web, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukannya secara online.

Baca:  +20 Ide Jualan Es yang Paling Laris, Wajib Coba!

Ada banyak perusahaan yang mencari jasa pengembang web, dan gaji yang ditawarkan relatif tinggi. Selain itu, Anda juga bisa bekerja dari rumah, sehingga waktu Anda bisa lebih fleksibel.

Tips menjadi pengembang web:

  1. Bagi mereka yang baru mulai, Anda bisa mempelajari dasar-dasar HTML dan CSS sebelum mencoba untuk mengembangkan sebuah situs web. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana halaman web bekerja dan bagaimana untuk mengembangkannya dengan lebih mudah.
  2. Setelah Anda memahami dasar-dasar web development, selanjutnya adalah memilih sebuah bahasa pemrograman untuk digunakan dalam pengembangan web. Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah situs web, seperti PHP, ASP, Java, dan lain-lain. Untuk pemula, disarankan untuk menggunakan PHP atau Java, karena ini adalah dua bahasa pemrograman yang paling populer digunakan.
Berapa penghasilan rata-rata pengembang web di Indonesia?

Gaji rata-rata programmer web di Indonesia sekitar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 per bulan.

14. Transkrip audio

transkrip-audio

Bagi pelajar yang memiliki kemampuan untuk mendengarkan dan mengubah audio kedalam text dengan cepat, maka pekerjaan ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk Anda. Anda bisa mencari pekerjaan ini di situs-situs freelancer seperti Upwork dan Freelancer.

15. Pengubah text ke video

Kerja sampingan ini cocok bagi pelajar yang mempunyai keahlian dalam pengolahan video, dan yang suka mendengarkan musik.

Pekerjaan ini mengubah teks menjadi sebuah video pendek dengan durasi kurang dari 1 menit. Anda bisa mendapatkan gaji per video yang dibuat.

16. Stand up comedy

Kerjaan ini cocok bagi pelajar yang suka bercanda dan berpikir cepat. Anda dapat membuat video pendek tentang topik tertentu dan mempostingnya ke internet. Video yang dibuat haruslah menarik dan lucu, agar banyak orang yang menonton video tersebut.

Langkah-langkah menjadi stand up comedy:

  1. Identifikasi apa yang membuatmu tertawa. Hal ini akan membantumu untuk menetapkan gaya komedi apa yang cocok untukmu. Misalnya, apakah Anda tertawa dengan mudah dengan situasi absurd, atau apakah Anda tertawa terbahak-bahak dengan komedi sarkasme?
  2. Cobalah untuk menemukan stand up comedy yang menarik perhatianmu dan periksa apa yang membuatmu tertawa dalam acara itu. Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan gaya komedi Anda sendiri.
  3. Siapkan sketsa komedi sederhana dan rekaman video untuk memulai.
  4. Ingatlah untuk selalu berpikir positif dan percaya diri terhadap hasil rekaman video Anda.

17. Jasa penitipan barang

jasa-penitipan-barang

Jika Anda tinggal di daerah sekitar toko-toko atau pusat perbelanjaan, maka Anda bisa mencoba untuk menjadi jasa penitipan barang.

Untuk melakukan pekerjaan ini, Anda hanya perlu membawa barang-barang yang akan dititipkan kepada pelanggan Anda, dan menitipkannya di tempat yang disepakati bersama.

Jika ada pelanggan yang ingin mengambil barangnya, Anda hanya perlu menyerahkan barang tersebut kepada pelanggan.

18. Menjadi data entry

Data entry adalah pekerjaan yang berhubungan dengan input dan management data. Pekerjaan ini cocok untuk pelajar karena tidak membutuhkan banyak waktu dan fleksibel dalam jam kerja.

Selain itu, data entry juga bisa dilakukan dari mana saja, sehingga tidak perlu datang ke kantor seperti pekerjaan pada umumnya.

Berapa penghasilan rata-rata data entry di Indonesia?

Pendapatan rata-rata seorang data entry di Indonesia sebesar Rp 2.000.000,- per bulan.

Kesimpulan

Kerja online untuk pelajar ini merupakan alternatif yang cocok untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa mencari pekerjaan online yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki, dan memaksimalkan pekerjaan ini sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik.