30 Usaha yang Cocok di Kios Pasar Tradisional

Banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha, tapi bingung harus mulai dari mana. Ada banyak sekali ide bisnis dan usaha yang cocok di pasar tradisional, mulai dari usaha kuliner hingga membuka kios perlengkapan dan aksesoris. Membuka kios di pasar tradisional memang masih menjadi pilihan untuk usaha kecil-kecilan. Hal ini dikarenakan pasar tradisional selalu ramai dikunjungi masyarakat.

Kios pasar merupakan sebuah toko atau warung berukuran kecil yang terletak di pasar. Biasanya menyediakan berbagai macam produk, mulai dari makanan hingga minuman. Kios pasar seringkali dapat ditemukan di berbagai tempat, sehingga Anda dapat dengan mudah mencari tempat untuk berjualan.

Kelebihan dan kekurangan kios pasar

Kios di pasar memiliki beberapa keunggulan, seperti:

  • Tidak membutuhkan modal yang besar. Anda hanya perlu membeli beberapa produk untuk dijual, dan itu pun bisa dilakukan secara online.
  • Cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis sendiri, karena Anda tidak perlu menyewa sebuah toko atau tempat untuk berjualan.
  • Mudah untuk dioperasikan, karena Anda hanya perlu mengatur waktu Anda sendiri.
  • Dapat dijalankan dimana saja, sehingga Anda tidak perlu meninggalkan tempat tinggal Anda untuk berjualan.

Namun, bisnis ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  • Bisnis ini seringkali menjadi sasaran pajak, sehingga Anda perlu membayar pajak setiap tahunnya.
  • Seringkali menjadi tempat untuk berbagai macam aktivitas penipuan, sehingga Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih tempat untuk berjualan.
  • Membutuhkan waktu dan kesabaran, karena Anda perlu mengatur waktu Anda sendiri dan mempromosikan bisnis Anda sendiri.

Oleh karena itu, bisnis ini cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis sendiri, namun Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih tempat untuk berjualan.

Apa saja usaha yang cocok di kios pasar?

Jika Anda mempunyai modal yang cukup dan tertarik untuk membuka usaha tersebut, maka berikut ini adalah beberapa contoh usaha yang cocok di kios pasar tradisional:

1. Kios makanan cepat saji

Makanan cepat saji adalah sebuah usaha yang menjanjikan. Banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha ini karena memberikan keuntungan yang cukup besar.

Untuk memulai usaha ini, Anda harus mempersiapkan beberapa hal.

  • Pertama, Anda harus mempunyai tempat untuk menjalankan usaha ini.
  • Kedua, Anda harus menyiapkan modal yang cukup.
  • Ketiga, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti mie, bumbu, dan lain-lain.

2. Kios daging organik

Usaha daging organik sangat populer di kalangan para peternak saat ini. Daging organik adalah daging yang dibuat dari hewan-hewan yang diberi pakan dengan makanan alami dan bukan daging komersial.

Daging ini juga tidak mengandung bahan kimia, seperti antibiotik, hormon, dan pestisida. Oleh karena itu, usaha daging organik dapat menguntungkan Anda jika Anda tahu bagaimana memulai usaha ini.

3. Kios es krim

Banyak orang yang berpikir untuk memulai usaha es krim, tapi tidak tahu bagaimana memulainya. Sebenarnya, memulai bisnis es krim sangat mudah, dan ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mulai. Anda perlu menentukan jenis es krim yang akan Anda jual.

Ini bisa berupa es krim cair, es krim batang, atau es krim kotak. Yang paling penting, Anda harus memastikan bahwa es krim yang akan Anda jual enak. Anda perlu memutuskan tempat untuk menjual es krim Anda.

Banyak orang yang menjual es krim di toko, kios dan stand/booth. tetapi Anda juga bisa menjualnya di lokasi lain, seperti pasar atau acara-acara tertentu.

4. Milk bubble tea

Banyak yang bilang kalau untuk memulai bisnis apapun itu harus modal yang besar, tapi tidak selalu demikian loh. Bahkan ada banyak bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang minim seperti bisnis minuman bubble tea.

Boleh dibilang, bubble tea alias boba tea ini adalah minuman yang sedang tren saat ini. Bubble tea mulai populer di Indonesia sejak tahun 2016. Bubble tea memiliki rasa yang segar dengan perpaduan teh dengan susu dan boba (bubble). Ada juga bubble tea yang rasanya segar karena perpaduan jus buah dengan susu dan boba.

5. Aksesoris seluler

Kalau Anda mau mulai usaha dengan modal yang minim, aksesoris seluler bisa menjadi pilihan yang bagus. Banyak orang yang tertarik membeli aksesoris seluler seperti case, screen protector, power bank, dan sebagainya. Untuk memulainya, carilah toko online atau marketplace yang menyediakan produk-produk seperti itu.

Setelah Anda menemukan tempat yang tepat, sekarang saatnya untuk membuat produk. Anda bisa membuat desain sendiri atau mencari desain yang sudah ada. Jika Anda memilih untuk membuat desain sendiri, pastikan untuk membuat desain yang unik dan menarik.

Anda juga bisa mencari referensi desain di internet atau menggunakan program desain seperti Photoshop atau Coreldraw.

6. Aksesoris kecantikan

Untuk bisnis aksesoris kecantikan, target marketnya adalah para wanita. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para wanita.

Misalnya, jika Anda ingin membuat kaos kaki, Anda perlu memahami apa yang para wanita cari dalam sebuah kaos kaki.

Anda perlu menentukan harga yang kompetitif, tetapi juga masih bisa mendapat keuntungan. Untuk menentukan harga, Anda perlu mengetahui biaya produksi dan biaya pemasaran.

7. Jualan jagung manis

Jagung manis adalah salah satu komoditas pertanian yang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, jagung manis juga memiliki nilai nutrisi tinggi sehingga banyak digemari oleh masyarakat.

Jagung manis juga termasuk dalam daftar komoditas pertanian unggulan di Indonesia. Usaha jagung manis sangat menguntungkan karena nilai jualnya yang tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan usaha jagung manis dengan memanfaatkan lahan pertanian yang Anda miliki.

8. Kios cinderamata

Cinderamata adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang souvenir. Usaha ini menyediakan aneka cinderamata dari daerah-daerah di Indonesia.

Cinderamata sangat populer di kalangan turis. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang ingin membeli cinderamata sebagai oleh-oleh ketika pulang ke daerahnya masing-masing.

9. Usaha kerajinan tangan

Kerajinan tangan bukanlah hal yang baru, tapi selalu ada tempat untuk usaha kerajinan tangan yang unik dan inovatif.

Anda dapat memulai usaha dengan modal yang relatif kecil, dan kerajinan tangan bisa menjadi usaha yang menguntungkan jika Anda tahu bagaimana memasarkannya dengan baik.

10. Usaha bingkai foto

Membuka kios bingkai foto adalah ide yang bagus untuk mencari uang tambahan. Anda dapat memulai usaha ini dengan modal yang kecil, dan bisa dibangun dengan kios yang ukurannya relatif kecil. Anda juga bisa membuat bingkai foto sendiri dengan mudah.

  1. Siapkanlah alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat bingkai foto. Anda akan membutuhkan sepotong kayu, sepotong kertas karton, selembar kertas karton, gunting, dan lem.
  2. Buatlah desain untuk bingkai foto. Anda bisa membuatnya sendiri atau memesan desain. Anda bisa menggunakan gambar atau foto yang Anda sukai sebagai desain.
  3. Buatlah bingkai foto sesuai dengan desain yang telah Anda buat. Gunakan gergaji kecil dan gunting untuk memotong kayu dan kertas karton.
  4. Tempelkan lembaran kertas karton pada bingkai foto. Anda bisa menempelnya dengan menggunakan lem.
Baca:  Kelemahan Usaha Bengkel Motor (Wajib Hindari)

11. Perlengkapan olahraga

Seseorang yang tertarik untuk memulai usaha perlengkapan olahraga di pasar memerlukan beberapa hal penting sebelum memulainya.

Yang perlu dipersiapkan adalah tempat untuk menjalankan bisnis, modal untuk memulai bisnis, dan produk yang akan dijual.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha perlengkapan olahraga adalah sebagian besar untuk membeli produk, seperti sepeda, alat olahraga, dan pakaian olahraga.

Produk yang akan dijual dalam usaha perlengkapan olahraga bervariasi, seperti sepeda, alat olahraga, pakaian olahraga, dan aksesoris olahraga.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha perlengkapan olahraga, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum memulai.

12. Bahan bacaan dan buku

Saat ini sedang tren berjualan dengan model kios. Banyak orang yang membuka kios buku di pasar tradisional. Karena itu, jualan buku melalui kios sangat menguntungkan. Kios buku juga menjadi opsi bisnis yang menarik, apalagi buku sekarang banyak diminati masyarakat.

Kios buku di pasar sangat mudah dikerjakan dan tidak terlalu memakan biaya. Anda hanya perlu modal untuk membeli buku dan menyewa tempat di pasar. Buku-buku yang populer dan diminati masyarakat seperti novel, ensiklopedia, dan sebagainya sangat mudah dibeli di toko-toko buku.

13. Kios frozen food

Bisnis frozen food memang terbilang menguntungkan. Karena, minim modal dan mudah dalam proses pembuatannya. Dalam bisnis ini, tidak perlu pergi ke pasar tradisional atau supermarket untuk mendapatkan stok bahan baku.

Cukup menjadi member di beberapa situs online, Anda bisa mendapatkan stok bahan baku secara langsung dari pabrik. Selain itu, proses pengolahan sangat mudah. Frozen food juga dapat bertahan lama, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan adanya bahan yang akan basi atau kadaluarsa.

14. Usaha kios roti

Dalam memilih usaha roti, sebaiknya Anda memilih roti manis sebagai produk utama. Kenapa? Karena produk ini sangat mudah dicari dan diminati oleh masyarakat. Meskipun begitu, jangan hanya menjual roti manis sebagai produk utama. Gunakanlah roti tawar sebagai pelengkap produk.

Selain memilih produk utama, Anda juga perlu mempertimbangkan modal usaha. Modal usaha atau biaya produksi sangatlah penting dalam memulai usaha apapun. Oleh karena itu, sebelum Anda memulai usaha roti, sebaiknya Anda menyiapkan modal usaha dengan baik.

15. Usaha kios kopi

Banyak orang yang menyukai kopi, apalagi di Indonesia. Kopi menjadi minuman yang sangat populer dan banyak diminum oleh berbagai lapisan masyarakat. Oleh karena itu, bisnis kopi sangat menguntungkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang bisnis kopi:

  • Kopi merupakan komoditas ekspor yang sangat penting bagi Indonesia.
  • Bisnis kopi sangat menguntungkan karena banyaknya peminatnya.
  • Anda bisa memulai bisnis kopi dengan modal yang relatif kecil.
  • Anda bisa membuka warung kopi, toko kopi, atau bahkan menjadi penjual kopi.
  • Untuk memulai bisnis kopi, Anda perlu memahami teknik penyajian kopi yang baik.
  • Selain itu, Anda juga perlu tahu bagaimana memilih biji kopi yang bagus.

16. Grosir makanan ringan

Apa itu grosir makanan ringan? Grosir makanan ringan adalah tempat penjualan makanan ringan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar. Makanan ringan yang dijual di grosir makanan ringan biasanya berupa kacang, biskuit, permen, dan sebagainya. Grosir makanan ringan bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan.

Kenapa? Karena harga di grosir makanan ringan relatif lebih murah dan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk berbisnis makanan ringan, grosir makanan ringan adalah pilihan yang tepat. Selain menguntungkan, bisnis ini juga relatif mudah. Anda tidak perlu membangun toko atau sewa tempat untuk menjual makanan ringan. Cukup berjualan di tempat yang ramai dan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

17. Kios sembako

Kios sembako adalah sebuah usaha kecil yang menjual berbagai kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, dan lain-lain. Selain itu  juga menjual aneka kue, minuman, dan makanan ringan. Sembako sangat cocok untuk dijual berdekatan dengan kios sayuran dan daging.

18. Kios sayuran segar

Banyak orang tidak tahu bagaimana caranya untuk memulai usaha penjualan sayuran segar. Ini adalah ide bisnis yang bagus karena selain memberikan manfaat bagi kesehatan, berdagang sayuran segar juga dapat menguntungkan secara finansial.

Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana untuk memulai usaha penjualan sayuran segar:

  1. Buatlah daftar menu sayuran segar yang ingin Anda jual. Anda dapat menawarkan variasi untuk menarik lebih banyak pelanggan.
  2. Carilah tempat yang cocok untuk menjual sayuran segar. Misalnya, Anda dapat membuka gerai di pasar tradisional.
  3. Pastikan sayuran yang Anda jual segar dan berkualitas baik. Jangan lupa untuk memberi tahu pelanggan tentang kandungan gizi dan manfaat sayuran yang Anda jual.
  4. Promosikan usaha Anda dengan cara yang kreatif. Anda dapat menggunakan media sosial atau menghadirkan aksi promosi di tempat Anda menjual sayuran segar.

19. Kios ayam potong

Pernahkah Anda membeli ayam potong di pasar? Ayam potong adalah salah satu produk daging unggas yang paling populer di Indonesia. Tidak heran, ayam potong selalu tersedia di pasar tradisional, supermarket dan minimarket.

Ayam potong bisa dibilang sebagai usaha yang menguntungkan. Meskipun begitu, untuk memulai usaha ayam potong masih dibutuhkan modal usaha yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan ayam potong membutuhkan tempat penampungan yang memenuhi syarat kebersihan dan sanitasi yang layak. Selain itu, Anda juga perlu membeli mesin potong ayam serta perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk menunjang usaha Anda.

20. Kios ikan segar

Ikan adalah sumber protein yang sehat dan bergizi, tetapi daging ikan seringkali terlalu mahal untuk dibeli. Kebutuhan akan ikan segar dan berkualitas tinggi semakin meningkat seiring dengan perkembangan penduduk di daerah perkotaan. Oleh sebab itu, usaha ini patut dicoba bagi mereka yang ingin membuka usaha kios di pasar.

Baca:  Cara Menjadi Freelancer Guru Online (Pemula)

21. Usaha kios bumbu masakan

Bumbu masakan adalah sebuah usaha yang menyenangkan dan menguntungkan. Tidak hanya memberikan rasa yang lebih enak pada masakan, tetapi juga dapat membantu Anda mendapatkan untung besar. Bumbu masakan yang bagus akan selalu diburu oleh para ibu rumah tangga.

22. Peralatan dapur

Pasar tradisional telah lama menjadi tempat untuk berbagai macam peralatan dapur. Mulai dari pisau, wajan, hingga peralatan masak lainnya, pasar tradisional selalu menjadi tempat yang paling ramai dan ramai dikunjungi oleh pedagang dan pembeli.

Untuk membuka usaha peralatan dapur, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti pasar yang akan Anda targetkan, produk yang akan Anda jual, dan biaya yang Anda butuhkan untuk memulai usaha.

23. Usaha baju muslim

Lokasi pasar di mana jualan baju muslim terjadi biasanya berada di sekitar masjid. Baju muslim yang dijual di pasar ini beragam, ada baju muslim anak-anak, baju muslim perempuan, dan baju muslim pria.

Harga baju muslim yang dijual di pasar ini pun beragam, ada yang mahal dan ada yang murah. Baju muslim yang dijual di pasar biasanya berbahan katun. Baju muslim yang berbahan katun ini cocok dikenakan di cuaca yang panas.

24. Kios telur

Setiap pasar tradisional di Indonesia pasti ada yang jualan telur. Selain telur ayam, telur bebek dan telur itik pun ada. Harga jual telur di pasar sangat bervariasi tergantung stok telur dan kebutuhan masyarakat setempat.

Telur ayam biasanya dijual dalam kemasan plastik. Kemasan plastik berisi telur ini biasanya dijual seharga Rp5.000 – Rp15.000 per bungkusnya. Bebek dan itik telur juga dijual dalam kemasan yang sama. Harganya pun bervariasi, tergantung stok dan kebutuhan.

25. Sepatu dan sandal

Sebelum ada toko sepatu online, banyak yang menjual dan membeli sepatu di pasar. Ada banyak sekali jenis sepatu yang dijual di pasar seperti sepatu anak-anak, sepatu wanita, sepatu pria, sepatu sandal, dan lain sebagainya.

Sepatu dan sandal adalah salah satu produk yang banyak dicari oleh masyarakat. Banyak orang mencarinya di pasar karena harganya yang relatif lebih murah daripada di toko.

26. Jualan gamis

Siapa yang tidak mengenal gamis? Baju khusus wanita muslimah yang selalu menjadi pakaian wajib di setiap acara apapun seperti pernikahan. Bukan tidak mungkin, bahkan pernah ada seorang teman saya yang memakai gamis sehari-hari. Tidak heran, pasar gamis di Indonesia sangatlah luas dan menjanjikan. Anda bisa mendapatkan untung yang sangat besar apalagi jika membuka toko gamis di pasar dan pusat kota.

Tapi, bukan berarti membuka toko gamis itu mudah. Ada banyak sekali hal yang harus anda perhatikan seperti pemilihan lokasi, produk, sampai promosi. Tapi jika anda tekun dan rajin, insyaallah usaha anda akan berhasil. Selain itu, anda juga harus mengetahui target market anda. Misalnya, jika anda ingin membuka toko yang menyediakan gamis anak-anak, maka anda harus memfokuskan pasar anda pada ibu-ibu yang memiliki anak usia sekolah.

27. Kios emas dan perhiasan

Buka kios emas dan perhiasan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Hal ini karena emas selalu dihargai tinggi oleh masyarakat. Dan toko emas dan perhiasan yang bagus akan selalu ramai oleh pembeli. Jadi, bagaimana cara memulai bisnis ini?

  • Pertama, Anda harus tahu tempat yang tepat untuk memulainya. Banyak orang yang memulai bisnis ini di kawasan pedesaan. Kawasan ini relatif tenang dan aman. Dan toko emas dan perhiasan di kawasan pedesaan akan mendapatkan pelanggan dari seluruh desa.
  • Kedua, Anda harus menentukan target pasar Anda. Banyak orang yang ingin membeli emas dan perhiasan dari toko emas dan perhiasan. Tapi, target pasar utama Anda sebenarnya adalah orang kaya. Mereka yang punya uang lebih banyak akan tertarik untuk berbelanja di toko emas dan perhiasan. Jadi, fokuslah pada target pasar Anda.
  • Ketiga, Anda harus menyiapkan modal yang cukup untuk memulai bisnis ini.

28. Kios baju dan sepatu bola

Kios baju dan sepatu bola merupakan bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Banyak orang tertarik untuk membuka toko ini karena menyediakan produk-produk kebutuhan seperti baju dan sepatu untuk olahraga bola.

29. Jualan helm dan jas hujan

Apa yang terlintas di benak Anda jika saya mengatakan bisnis jualan helm? Ya, Anda dapat membuka kios helm untuk pengunjung di pasar. Bisnis ini bukanlah bisnis yang baru, karena sebelumnya banyak toko yang menjual helm.

Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan tempat yang strategis untuk menaruh kios Anda sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan dan mendatangi kios Anda.

30. Usaha mainan anak-anak

Anak-anak sekarang memang punya selera yang berbeda-beda. Ada yang suka bermain mobil, ada yang suka bola, ada juga yang suka mainan boneka. Oleh karena itu, jika anda ingin membuka usaha mainan anak-anak, alangkah baiknya jika anda menyediakan berbagai macam jenis mainan.

Tentu saja, untuk memulai usaha ini anda tidak perlu modal yang besar. Anda bisa mulai dengan membeli beberapa mainan dari toko-toko secara eceran, lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

FAQ: Pertanyaan yang sering diajukan

Bagaimana cara menyewa kios di pasar?

Biasanya, untuk menyewa kios di pasar, Anda harus menghubungi pengelola pasar terlebih dahulu. Mereka akan memberikan Anda informasi lebih lanjut tentang biaya sewa dan persyaratan lain yang harus Anda penuhi.

Berapa harga kios pasar?

Kios pasar biasanya dijual seharga Rp 1 juta – Rp 3 juta.

Berapa biaya balik nama kios pasar?

Demikianlah 30 contoh usaha di kios pasar tradisional yang bisa Anda coba. Tidak semua usaha akan cocok untuk semua lokasi, tapi Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan setempat.

Jadi, mulailah berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide baru untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan.

Terima kasih sudah membaca.