Catalog Marketing Adalah: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kebanyakan orang berpikir bahwa katalog sudah usang dan ketinggalan zaman. Padahal, jika diterapkan dengan tepat, katalog dapat menjadi alat pemasaran yang sangat efektif. Inilah mengapa pemasaran katalog (catalog marketing) dapat mendukung strategi pemasaran yang ada.

Katalog dapat dikatakan sebagai sebuah buku yang berisi informasi tentang suatu hal, seperti daftar produk dari sebuah perusahaan, buku-buku yang terdapat di perpustakaan, atau informasi dunia komputer.

Banyak perusahaan yang menjadikan katalog sebagai media promosi produknya, seperti katalog promo makanan, katalog produk furniture, katalog promo swalayan, dan lain sebagainya. Penasaran tentang seluk-beluk pemasaran katalog? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian Catalog Marketing

Pemasaran katalog (Catalog Marketing) adalah strategi pemasaran di mana perusahaan mengirimkan katalog ke pelanggan potensial dan pelanggan yang ada.

Katalog mencakup daftar produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan, serta harga, deskripsi, dan Gambar dari setiap item.

Pemasaran katalog dapat dilakukan dengan mengirimkan katalog langsung ke pelanggan, menampilkannya secara online, atau menyimpannya di toko untuk pelanggan untuk membaca.

Jenis-Jenis Pemasaran Katalog

1. Katalog Langsung (Direct Catalog)

Katalog langsung adalah salah satu jenis katalog yang dapat dikirimkan langsung ke pelanggan. Jenis katalog ini dikirimkan ke alamat tertentu dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang sebuah produk atau layanan. Ini biasanya berisi foto, deskripsi, dan harga dari barang-barang yang tersedia untuk dibeli.

2. Katalog Online (Online Catalog)

Online catalogs adalah katalog digital yang dapat dilihat dan disebarkan secara online. Katalog ini berisi daftar produk yang dapat dibeli secara online dan dibeli dengan menggunakan kartu kredit atau pembayaran online lainnya.

3. Katalog Cetak (Print Catalog)

Katalog cetak adalah salah satu jenis katalog yang paling umum digunakan dalam pemasaran katalog.

Mereka biasanya dibuat oleh bisnis yang menjual produk atau layanan melalui pesanan melalui pos atau online. Katalog cetak biasanya berisi foto produk, deskripsi, informasi harga, dan informasi kontak.

Pentingkah Catalog Marketing untuk Bisnis?

Catalog marketing merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan produk dan jasa ke pelanggan potensial. Ini memungkinkan perusahaan untuk menargetkan pelanggan yang tertarik dengan menawarkan mereka produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Catalog marketing juga dapat membantu perusahaan untuk mengukur keberhasilan promosi mereka dengan mengikuti tingkat penjualan dan umpan balik pelanggan.

Berikut ini 5 manfaat dari catalog marketing:

  1. Memberikan wawasan kepada pelanggan tentang produk dan jasa yang ditawarkan.
  2. Membantu mengarahkan pelanggan untuk membeli produk tertentu.
  3. Membantu mempromosikan produk baru atau jasa yang ditawarkan.
  4. Meningkatkan brand awareness perusahaan.
  5. Memberikan informasi lengkap tentang harga, spesifikasi, dan alamat perusahaan.
Baca:  Cara Promosi Klinik Kecantikan [Ini Tekniknya]

Kelebihan Pemasaran Katalog

  1. Katalog hampir selalu datang dengan penawaran khusus, memberikan alasan untuk membeli produk yang ditawarkan.
  2. Dapat memberikan pelanggan dengan tampilan lengkap dari seluruh produk yang tersedia, yang dapat membuatnya lebih mudah untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan.
  3. Mampu menawarkan biaya yang relatif rendah dalam menargetkan pelanggan potensial, karena dapat dikirim langsung ke alamat mereka.
  4. Memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah mengubah informasi tentang produk mereka, sehingga pelanggan selalu mendapatkan informasi yang terbaru dan relevan.

Kekurangan Pemasaran Katalog

  1. Pemasaran katalog dapat dilihat sebagai sebuah upaya untuk menjual lebih banyak produk kepada pelanggan yang sudah ada, dan bukan sebagai upaya untuk mendapatkan pelanggan baru.
  2. Dapat mengarah pada penumpukan stok di gudang, karena tidak semua pelanggan akan membeli produk yang ditawarkan.
  3. Kurang efisien dibandingkan dengan pemasaran langsung, karena katalog hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang mau untuk melihatnya.
  4. Pemasaran katalog seringkali dianggap sebagai cara yang old-fashioned dan kurang modern dibandingkan dengan pemasaran digital.

Contoh Pemasaran Melalui Katalog

1. McDonald’s

McDonald’s telah menyediakan katalog pemasaran yang berisi semua informasi yang dibutuhkan pelanggan untuk memasarkan produknya. Katalog ini berisi informasi seperti harga, deskripsi produk, dan lokasi restaurant McDonald’s.

2. IKEA

IKEA adalah perusahaan perabot rumah yang terkenal di dunia yang menjual berbagai macam barang, dari barang-barang kecil seperti bingkai foto hingga barang-barang besar seperti sofa dan tempat tidur. Perusahaan ini menjual produknya melalui berbagai saluran, termasuk situs webnya sendiri, toko ritel, dan katalog.

2. Macy’s

Macy’s merupakan sebuah perusahaan ritel yang menjual berbagai macam produk, dari pakaian, boneka, hingga barang-barang keseharian. Perusahaan ini menyediakan katalog untuk pelanggannya agar dapat dengan mudah membeli produk yang diinginkan.

4. Target

Target adalah sebuah perusahaan ritel yang menyediakan berbagai macam produk, dari pakaian, barang-barang elektronik, hingga barang-barang untuk rumah tangga. Perusahaan ini memiliki katalog untuk pelanggannya sehingga mereka dapat dengan mudah membeli produk-produk yang diinginkan.

5. Domino’s Pizza

Domino’s Pizza menyediakan katalog pemasaran yang berisi informasi seperti harga, deskripsi produk, lokasi restaurant Domino’s Pizza, dan waktu operasional restaurant Domino’s Pizza. Katalog ini sangat berguna bagi pelanggan yang ingin mengetahui semua informasi sebelum memesan produk Domino’s Pizza.

Cara Membuat Katalog Produk

  1. Buat daftar produk: pertama-tama, Anda perlu menyiapkan daftar semua produk yang ingin Anda promosikan. Ini termasuk membuat daftar semua item yang tersedia untuk dijual, termasuk gambar, deskripsi dan harga.
  2. Buatlah kualitas katalog: Anda dapat membuat katalog produk Anda sendiri yaitu dengan memilih desain yang sesuai dengan gaya perusahaan Anda, memilih template yang bagus dan menyiapkan konten yang informatif dan berguna.
  3. Distribusikan katalog: terakhir, sebarkan katalog ke seluruh pelanggan potensial Anda dengan menargetkan orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk Anda.
Baca:  Kenali Kelebihan dan Kekurangan Iklan (Wajib Baca)

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)

1. Apa perbedaan antara katalog dan brosur dalam pemasaran?

Katalog adalah daftar produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan beserta deskripsi dan harga, sedangkan brosur biasanya berisi informasi singkat tentang produk atau layanan tertentu. Katalog biasanya lebih rinci dan menyediakan informasi yang lebih lengkap tentang produk, sedangkan brosur lebih fokus pada fitur atau keunggulan produk tertentu untuk memikat pelanggan.

2. Apa fungsi dari sebuah katalog?

Fungsi dari sebuah katalog adalah untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Katalog juga membantu pelanggan untuk memahami fitur dan manfaat produk, membandingkan produk dengan alternatif yang tersedia, dan membuat keputusan pembelian yang lebih baik. Selain itu, katalog juga dapat digunakan untuk memperluas jangkauan pasar perusahaan dan meningkatkan penjualan.

3. Apa tujuan dari katalog?

Tujuan dari katalog adalah untuk memberikan informasi lengkap tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan, sehingga pelanggan dapat memahami fitur, manfaat, dan harga produk tersebut. Selain itu, katalog juga bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan dapat digunakan sebagai alat pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasar.

4. Apa saja manfaat dari membuat katalog digital?

Beberapa manfaat dari membuat katalog digital antara lain: mudah diakses dari mana saja dan kapan saja, mengurangi biaya produksi dan distribusi, lebih ramah lingkungan, dapat diberi fitur interaktif seperti zoom gambar dan video, dan mudah diperbarui dan disebarkan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa perusahaan perlu menyediakan katalog produk sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan produk yang dicari. Selain itu, pelanggan juga dapat membandingkan harga dari berbagai produk sehingga mempermudah pelanggan dalam proses pembelian.