Cara Memulai Bisnis Franchise Thai Tea

Thai tea adalah minuman teh dengan perasaan manis yang berasal dari Thailand. Thai tea dihasilkan dari campuran teh hitam yang dicampur dengan gula dan susu kental manis. Biasanya, thai tea dibuat dengan menggunakan susu cair, namun jika tidak menggunakan susu cair, kental manis dapat digunakan sebagai pengganti.

Teh ini mungkin terlihat seperti teh susu biasa, namun rasanya berbeda. Rasanya yang gurih dan manis telah membuat thai tea menjadi minuman yang populer di seluruh dunia. Berbagai varian rasa thai tea mulai dari Original, Strawberry, Melon, Peach, Chocolate, Avocado, Durian, dan masih banyak lainnya dapat dengan mudah Anda temukan.

Satu hal yang unik dari thai tea yaitu adanya sirup sehingga memberikan sensasi rasa yang berbeda dan nikmat. Nah, jika ingin mencoba peruntungan di usaha thai tea tidak ada salahnya untuk memulai bisnis franchise thai tea ini.

minuman-thai-tea-aurabisnis

Apa Itu Franchise?

Franchise adalah suatu bentuk kerjasama yang memberikan ijin berserta hak untuk memanfaatkan suatu sistem operasi bisnis yang konsisten dalam suatu jangka waktu tertentu, sehingga pihak yang mempunyai hak franchise dapat mendirikan cabang usaha atau anak perusahaan berdasarkan kerjasama dengan pihak franchisor.

Dalam bukunya, Ichsan et al (2005:7) memberikan penjelasan tentang franchise. Menurutnya, franchise adalah kerjasama antara franchisor dan franchisee. Tujuan mendirikan franchise adalah untuk meningkatkan jumlah cabang franchise dengan biaya yang relatif murah.

Franchisee bertanggung jawab membayar biaya franchise kepada franchisor, sambil mengikuti standard usaha. Franchise mendapatkan berbagai keuntungan, seperti kerjasama dengan franchisor, keahlian, pengetahuan kepemasaran, dan kerjasama marketing.

Dalam rangka mewujudkan kerjasama yang harmonis dan dapat berjalan dengan baik, maka perlu dibuat kesepakatan tertulis yang ditanda tangani oleh kedua pihak. Kesepakatan itu diatur dalam sebuah kontrak yang disebut Franchise Agreement.

Dalam kontrak itu, franchisor memberikan hak kepada franchise, dan juga membebankan tertentu kepada franchise yang harus ditunaikan.

Ada beberapa hak yang diberikan oleh franchisor kepada franchise, di antaranya hak untuk menggunakan logo dan merek dagang, hak untuk menggunakan teknologi, serta penyediaan bahan baku.

Peluang Bisnis Thai Tea

franchise-thai-tea-aurabisnis

Di dunia internasional, Thai tea telah menempati peringkat atas sebagai minuman favorit netizen, dengan jumlah pencarian dalam kategori minuman 29% di Google. Pertumbuhan terbesar di Thailand. Kota Bangkok menempati peringkat pertama berdasarkan pencarian “Thai tea” di Google, sebagai kota tertinggi dengan jumlah pencarian yang tinggi.

Baca:  Risiko Usaha Apotek: Apa yang Harus Diketahui?

Kelebihan membuka franchise thai tea, antara lain:

  1. Tidak membutuhkan modal besar
  2. Minuman thai tea mempunyai bentuk, aroma dan rasa yang berbeda.
  3. Thai tea memiliki banyak sekali varian rasa yang beragam.
  4. Minuman ini juga dapat dinikmati dengan diet dan sangat cocok dikonsumsi setiap saat.
  5. Thai tea sangat menyegarkan setiap saat dan mengandung banyak sekali manfaat kesehatan.

Syarat Mendirikan Franchise Thai Tea.

Untuk mendirikan jaringan Thai Tea Franchise, maka franchise harus memenuhi sejumlah syarat yang ditentukan. Syarat mendirikan jaringan Franchise Thai Tea antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Jenis waralaba yang dibuka adalah Thai Tea Stand, Thai Tea Cart dan Thai Tea Kiosk.
  2. Pemilik Franchise harus berstatus warga negara Indonesia, berusia lebih dari 18 tahun, dan riwayat hidup tidak bermasalah sama sekali.
  3. Bersedia meluangkan sebagian waktunya untuk memahami dan melakukan praktik sesuai dengan petunjuk franchisor.
  4. Mampu mengendalikan operational dari jaringan usaha Thai Tea yang dimiliki.
  5. Dapat menyiapkan lokasi stand atau kios dan dapat memberikan pemahaman kepada lokasi tersebut mengenai Thai Tea Franchise.
  6. Pemilik franchise harus dapat memahami sistem franchise Thai Tea sepenuhnya dan dapat memahaminya sesuai dengan model franchise yang diajukan.

Langkah-Langkah Memulai Usaha Thai Tea

thai-tea-aurabisnis

1. Memilih supplier Thai tea yang tepat

Setelah kamu memutuskan untuk memulai usaha Thai tea, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan supplier Thai tea yang tepat. Apa perbedaan supplier Thai tea yang tepat dan tidak tepat? Supplier Thai tea yang tepat adalah supplier Thai tea yang memberikan kamu produk yang kualitasnya baik dan harganya terjangkau.

Nah, daripada kamu mencarinya satu-satunya, lebih baik lah untuk membandingkan beberapa supplier Thai tea. Kamu bisa keliling daerah tempat kamu berada dan mendatangi lokasi-lokasi tempat jualan tehThai. Beruntungnya, sekarang ini banyak sekali supplier Thai tea online. Kamu bisa langsung cek situs-situs online seperti Loket.com yang memilih beberapa supplier Thai tea terbaik se-indonesia sebagai rekomendasi untuk kamu.

2. Memilih tempat yang cocok dengan bisnis Thai tea

Setelah kamu berhasil mendapatkan supplier Thai tea yang kamu cari, selanjutnya kamu harus memilih tempat yang cocok dengan bisnis yang kamu jalanin. Tempat yang cocok bukan berarti tempat yang bagus dan mahal, tetapi tempat yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan profit yang besar.

Baca:  21 Usaha Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Namun bagaimana memilih tempat yang cocok dengan bisnis Thai tea? Sebenarnya caranya cukup mudah. Pertama-tama kamu harus menentukan lokasi minimal yang cocok untuk usaha Thai tea. Biasanya Thai tea butuh tempat yang cukup luas, agar bisnis Thai tea tidak terlalu sempoyongan. Selanjutnya kamu harus menentukan tempat yang ramai atau tempat yang strategis.

Kamu harus memastikan tempat yang akan kamu pilih berada di tempat yang ramai persaingan atau tempat yang dekat dengan tempat kerja, sekolah, atau perguruan tinggi. Namun yang terpenting dalam memilih tempat yang cocok adalah memastikan tempat yang akan kamu gunakan memiliki listrik dan air yang cukup.

3. Membuat alat dan peralatan Thai tea

Tahap selanjutnya dalam memulai usaha Thai tea adalah merancang alat dan peralatannya. Dalam membuat Thai tea memang tidak perlu alat yang mahal dan besar. Dalam membuat Thai tea di butuhkan beberapa alat seperti;

  • Peralatan sederhana seperti panci, baskom, dll.
  • Cairan pencuci seperti sabun. Panci-panci harus dicuci teratur. Panci atau peralatan yang telah digunakan harus segera dibersihkan setelah selesai digunakan, agar tidak terjadinya bau yang tidak sedap.
  • Kompor atau ketel listrik. Dua peralatan ini berfungsi sebagai penghangat. Kompor atau ketel akan digunakan untuk mendidih air. Kamu harus selalu memastikan bahwa Air cukup dan telah mendidih sebelum kamu menggunakannya.
  • Peralatan mengambil air. Anda harus memastikan peralatan mengambil air selalu berada di tempat yang ramai, agar bukan hanya tamu yang meng ambil tetapi juga acara atau tempat kerja. Alat untuk mengambil air berfungsi sebagai sarana untuk mengambil air hangat sebagai penghangat.

Itulah 4 langkah untuk memulai usaha Thai tea yang baik dan benar. Kamu harus selalu memastikan Untuk teh Thai yang baik kualitasnya sama dengan teh yang dihasilkan oleh teh tertentu.

Kesimpulan

Dalam memulai usaha Thai tea, kamu harus menentukan tempat yang cocok dan bagus untuk bisnis Thai tea. Tempat yang cocok bukan berarti tempat yang bagus dan mahal, tetapi tempat yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan profit yang besar.