Cara Mudah Membuat Proposal Usaha Makanan Kekinian

Cara membuat proposal usaha makanan menjadi informasi yang belakangan ini cukup banyak dicari.

Proposal usaha makanan bagi pebisnis kuliner bukan hanya digunakan untuk mengikuti kompetisi bisnis saja.

Proposal usaha makanan juga diperlukan untuk banyak tujuan seperti mendapatkan investor yang mau menanamkan modal, sebagai bahan analisis SWOT [Strength, Weakness, Opportunity, Threat] dan sebagai bekal merencanakan keuangan.

Jika Anda juga termasuk salah satu pebisnis makanan yang ingin mulai menyusun proposal bisnis, berikut kami ulas caranya secara detail dan lengkap!

Step 1 – Tulis profil perusahaan ✍️

Dalam proposal usaha, informasi terkait perusahaan atau nama usaha yang diajukan harus jelas. Anda bisa tulis dalam bentuk poin – poin agar lebih menarik dan terkesan rapi.

Bagian ini akan menjadi hal pertama yang dibaca ketika orang membaca proposal usaha yang dibuat.

Jadi sebaiknya bagian ini sebaik mungkin dirancang dengan baik.

Lalu, bagaimana caranya?

Ada beberapa poin – poin yang bisa kamu tuliskan di sini sebagai referensi :

  • Tahun berdirinya Perusahaan
  • Daftar produk atau jasa yang diproduksi (sebagai pintu masuk bagi calon pembeli)
  • Skema bisnis atau manajemen bisnis yang diterapkan
  • Sejarah perusahaan, merupakan poin yang pantang untuk dilupakan sehingga calon pembeli juga akan mendapatkan gambaran bagaimana perusahaan berkembang sehingga sekarang menjadi perusahaan ternama.

Dengan demikian, bagian ini dapat mengarahkan calon pembeli untuk memahami apa yang ditawarkan perusahaan

Step 2 – Struktur organisasi usaha ✍️

Bahkan meski usaha makanan yang dijalankan belum maksimal, Anda tetap perlu mencantumkan struktur organisasi di usaha yang dijalankan.

Meski misalkan timnya sedikit, sangat kecil atau bahkan hanya Anda sendiri, Anda pun tetap harus mencantumkannya di sana.

Jika proposal usaha ditujukan untuk investor, struktur organisasi usaha ini juga nantinya akan menjadi ajang penilaian dari investor untuk menanamkan modal di tempat Anda atau tidak.

Anda juga bisa menjadikan struktur organisasi usaha Anda sebagai bahan pertimbangan untuk perluasan usaha yang akan Anda usahakan.

Anda bisa memikirkannya bagaimana perluasan usaha Anda akan berjalan, siapa yang akan menjadi karyawan dan bagaimana strukturnya nantinya.

Jadi sebelum melakukan perluasan usaha, Anda harus menyiapkan karyawan yang akan Anda butuhkan seperti yang tertulis di struktur organisasi usaha Anda.

Step 3 – Tulis pendahuluan dan latar belakang ✍️

Hal pertama yang dilakukan untuk menyusun sebuah proposal usaha makanan adalah menulis bagian pendahuluan.

Pendahuluan ini merupakan bab yang menerangkan tentang mengapa Anda menjalankan usaha tersebut. Anda juga bisa menjelaskan terkait konsep dari usaha makanan yang dijalankan.

Pada bagian ini Anda juga bisa menjabarkan tentang nama brand dan jenis produk makanan yang dijalankan, proses pembuatan, bahan baku yang harus disiapkan, visi misi usaha dan sebagainya.

Step 4 – Cantumkan produk yang dijual ✍️

Pada part ini, Anda harus mampu menjelaskan tentang produk apa yang Anda jual dan nama produknya apa saja.

Jika perlu, Anda bisa mencantumkan komposisi produknya juga di sini untuk mengetahui apakah produk tersebut halal atau tidak, sesuai dengan ketentuan peredaran produk atau tidak dan mengandung unsur atau bahan berbahaya atau tidak.

Daftar produk yang dijual oleh toko kami adalah sebagai berikut:

  • Produk A
  • Produk B
  • Produk C

Berikut ini adalah komposisi dari Produk A:

  • Komposisi 1
  • Komposisi 2

Selain itu, Anda juga perlu menyebutkan secara singkat tempat atau suatu daerah tertentu yang cocok untuk mengkonsumsi produk Anda. Misalnya, produk Anda berbahaya bagi ibu hamil dan menyebutkannya di sini.

Step 5 – Cantumkan strategi pemasaran ✍️

Ada beberapa hal penting yang perlu diuraikan dalam part ini. Pada bagian ini analisis SWOT perlu dijelaskan secara terperinci antara lain:

  • Uraikan siapa target konsumen Anda.
  • Apa strategi Anda dalam memarketingkan produk yang sudah dihasilkan.
  • Apa saja tantangan Anda dalam menjalankan usaha ini.
  • Siapa saja kompetitor Anda.
  • Apa yang menjadi keunggulan produk Anda dan sebagainya.
Baca:  Cara Sukses Memulai Bisnis Properti (2023)

Step 6 – Buat susunan laporan keuangan terperinci ✍️

Laporan keuangan diperlukan untuk memberikan gambaran apakah usaha Anda memiliki arus keuangan masuk dan keluar stabil atau tidak.

Pada bagian ini, tulis proyeksi keuangan dalam tiga tahun pertama.

Jelaskan berapa laba dan berapa ruginya jika memang ada kerugian.

Buat secara rinci informasi modal awal dalam menjalankan bisnis.

Tunjukkan dalam laporan juga bahwa Anda telah menetapkan harga berdasarkan analisis biaya makanan, biaya operasional dan sudah memiliki perhitungan atas margin keuntungan juga.

Jika memang memungkinkan, sertakan anggaran induk tahunan yang di dalamnya tercantum informasi terkait pengeluaran yang Anda harapkan menurut jenis atau pun bulannya.

Step 7 – Buat kesimpulan ✍️

Pada bagian ini usahakan agar Anda menjelaskan secara singkat tentang seluk beluk bisnis Anda dan mengapa orang harus membeli produk Anda atau mengapa investor harus menanamkan modal di tempat Anda.

Jika proposal bisnis ini tujuannya adalah untuk kompetisi, maka Anda harus mampu menjelaskan apa yang menjadi kelebihan produk…

…atau usaha Anda yang tidak dimiliki oleh produk atau usaha lainnya di bagian kesimpulan ini.

Step 8 – Sertakan lampiran ✍️

Terakhir, Anda juga harus menyertakan lampiran dalam proposal usaha yang dibuat.

Lampiran tersebut berupa data – data pendukung atas proposal bisnis yang sudah dibuat seperti surat izin usaha, surat perjanjian usaha jika ada, biodata pemilik usaha, surat keterangan usaha dan sebagainya.

Contoh Proposal Usaha Makanan

Setelah Anda mengetahui cara menyusun proposal usaha makanan seperti apa, tak lengkap rasanya jika tidak mengimbangi informasinya dengan contoh proposal bisnis.

Oleh sebab itu kali ini kita juga lampiran contoh proposal usaha makanan.

Berikut contoh proposal usaha makanan #1:

Nama usaha : Jajan Super Seru

Tagline : Makan enak dan gurih setiap hari hanya di sini!

Jenis usaha : Makanan ringan

Alamat : Jl. Keputih Gang 9 No 25, Surabaya

Struktur Organisasi Usaha

Pemilik : Fikria Karisma

Penanggung jawab : Ella

Bendahara/ keuangan : Fina Marsella

Pimpinan produksi : Fajar Dwi

Tim produksi : Fajar Dwi, Ella Sanjaya, Ratna Galih, Bella, Andrea, Heranata

Pimpinan marketing : Bayu Saputra

Tim marketing : Egi Margina, Kiki, Indra, Leliana, Putri Andara

Latar Belakang Usaha

Aktivitas berkumpul bersama keluarga, menonton televisi, bersantai, camping atau bahkan bekerja dan mengerjakan tugas sekolah tak lengkap rasanya kalau tidak ditemani dengan camilan. Oleh sebab itu, Jajan Super Seru hadir menjadi teman untuk orang – orang yang suka ngemil dalam berbagai situasi dan kondisi.

Selain enak, harganya dibanderol murah sehingga sangat terjangkau dan cocok di kantong pecinta camilan dari anak – anak, remaja sampai dengan orang dewasa. Produknya tidak mudah basi sehingga cocok juga sebagai stock untuk dikonsumsi dalam beberapa hari.

Produk Jajan Super Seru

Jajan Super Seru punya beberapa varian produk makanan ringan yang tentu saja dibuat dari bahan – bahan berkualitas. Berikut sejumlah produk yang bisa dibeli:

  • Basreng [baso goreng] aneka varian rasa
  • Keripik singkong aneka varian rasa
  • Mie lidi aneka varian rasa
  • Cookies
  • Brownies panggang
  • Brownies crispy

Strategi Pemasaran

Pada awalnya Jajan Super Seru memasarkan produknya hanya dari mulut ke mulut. Kemudian seiring berjalannya waktu, tim pemasaran memiliki ide untuk menjalankan bisnis dengan beberapa strategi pemasaran sekaligus yaitu :

  • Konsinyasi atau dititipkan ke warung – warung, atau pun toko
  • Di pasarkan melalui sosial media
  • Menerapkan program dropship dan affiliate marketing

Produk Jajan Super Seru bisa dibeli siapa pun karena kami melayani pengiriman produk ke seluruh Indonesia. Tak perlu khawatir produk akan basi karena dikemas dengan teknik pengemasan di wadah kedap udara.

Modal yang Dibutuhkan

Berikut rincian perhitungan modal awal yang dibutuhkan :

Peralatan masak : Rp 2.000.000,00

Bahan baku 100 pcs pertama : Rp 1.000.000,00

Pengemasan 100 pcs pertama : Rp 200.000,00

Biaya pemasaran awal : Rp 500.000,00

Total modal awal : Rp 3.700.000,00

Untuk saat ini, permodalan merupakan modal pribadi pemilik, namun tidak menutup kemungkinan kami menerima modal dari para investor dengan sistem bagi hasil. Kami pun telah melampirkan mutasi rekening usaha dan informasi laba usaha selama 1 tahun terakhir sebagai bahan pertimbangan.

Penutup

Demikian proposal usaha makanan ringan dari Jajan Super Seru. Semoga penyampaian di atas mampu memberikan gambaran jelas terkait usaha yang akan dijalankan. Dengan proposal ini kami pun berharap bisa menjalin kerja sama positif ke depannya dengan semua pihak termasuk para investor.

Berikut ini contoh proposal usaha makanan #2:

Nama tempat: Warung Makan Sari Rasa

Alamat: Jl. Raya Kuta No. 1, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

No. Telepon: (0361) 752-345

Sejarah:

Warung Makan Sari Rasa adalah salah satu warung makan khas Bali yang telah berdiri sejak tahun 1980-an. Warung ini menyajikan aneka masakan khas Bali dengan cita rasa yang khas dan enak.

Latar Belakang Usaha:

Sebagai salah satu warung makan khas Bali, Warung Makan Sari Rasa telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun. Warung ini dikenal luas oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara sebagai tempat untuk menikmati masakan khas Bali. Warung Makan Sari Rasa juga telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI sehingga dapat dijadikan sebagai pilihan makan bagi muslim.

Tujuan Usaha:

Tujuan dari usaha Warung Makan Sari Rasa adalah untuk menyediakan masakan khas Bali dengan cita rasa yang khas dan enak bagi para wisatawan. Warung ini juga bertujuan untuk mendapatkan sertifikat halal dari MUI sehingga dapat dijadikan sebagai pilihan makan bagi muslim.

Potensi Pasar:

Warung Makan Sari Rasa memiliki potensi pasar yang sangat luas, baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, warung ini juga memiliki potensi pasar dari kalangan muslim karena sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Kesempatan Usaha:

Kesempatan usaha Warung Makan Sari Rasa sangat bagus, baik dari segi produk maupun pelayanan. Selain itu, warung ini juga memiliki potensi pasar yang luas dari kalangan wisatawan maupun muslim.

Produk Utama:

– Ayam Betutu
– Sate Lilit
– Nasi Goreng Bali

Harga: Rp. 15.000,- s/d Rp. 30.000,-

Itulah sedikit informasi terkait cara menyusun proposal usaha makanan yang Anda perlu tahu dan pahami beserta contoh pembuatan proposalnya.

Baca:  12 Strategi Promosi Produk Paling Efektif

Bagaimana? Sudah punya gambaran bukan terkait cara membuat proposal usaha makanan seperti apa?

Semoga apa yang kami sampaikan tentang proposal usaha makanan ini menjadi informasi yang menginspirasi dan membawa manfaat khususnya bagi Anda para pebisnis kuliner yang ingin menyiapkan proposal usaha makanan untuk bisnis Anda.