+7 Tips Antisipasi Penipuan Distributor Sembako Online

Saat ini, banyak sekali distributor yang menawarkan produk mereka secara online. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk membeli produk mereka. Namun, ada beberapa distributor yang menipu pelanggannya dengan menjual produk yang tidak sesuai dengan yang mereka janjikan.

Pada postingan kali ini kami rangkum 7 tips ampuh dari kami untuk mengantisipasi agar Anda tidak terjebak oleh penipuan distributor sembako. Yuk, simak!

1. Selalu waspada saat melakukan transaksi dengan distributor baru

Ketika Anda baru akan memulai bisnis dengan seorang distributor, selalu waspada dan perhatikan setiap detailnya. Jika ada yang tidak beres atau tidak wajar, segera curigai dan cek kebenarannya.

Banyak distributor yang baru berdiri biasanya melakukan penipuan dengan modus memberikan penawaran harga yang terlalu murah dari harga pasaran. Kebanyakan korban penipuan ini adalah karena mereka tidak melakukan riset harga sebelumnya dan langsung percaya pada distributor penipu.

Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi dengan Distributor baru, sebaiknya Anda harus melakukan riset harga terlebih dahulu di pasaran supaya nantinya tidak terjebak penipuan.

2. Pastikan untuk mengecek reputasi dan keadaan distributor sembako sebelum melakukan transaksi

Reputasi yang bagus dan kondisi yang baik pastinya akan membuat seorang distributor menjadi semakin percaya diri dalam menawarkan produknya. Jadi, sebelum Anda tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh seorang distributor, pastikan untuk mengecek dulu apakah ia mempunyai reputasi yang baik atau tidak.

3. Waspada terhadap harga sembako yang terlalu murah

Selalu waspada terhadap harga barang yang terlalu murah. Biasanya, barang yang dijual dengan harga yang terlalu murah adalah barang palsu. Untuk itu, selalu perhatikan harga barang sebelum Anda membelinya.

4. Pastikan untuk mengetahui alamat dan nomor telepon distributor dengan benar

Pastikan untuk mengetahui alamat dan nomor telepon distributor dengan benar sebelum melakukan pembelian.

Baca:  Kelemahan Usaha Hijab: Apa yang Harus Diperhatikan?

Misalnya, jika ada seseorang yang menawarkan suatu buku dengan harga yang kurang wajar, sangat disarankan untuk tidak mengambilnya.

Pemain-pemain bandar biasanya hanya menawarkan harga murah sebagai salah satu trik mereka agar Anda tertarik untuk melakukan transaksi dengannya.

Pastikan untuk mengetahui alamat dan nomor telepon distributor dengan benar sebelum melakukan pembelian.

5. Jangan melakukan transaksi dengan distributor yang tidak memiliki legalitas

Transaksi dengan distributor selalu mengandung resiko tertentu. Terlebih jika Anda akan mengajak perusahaan besar sebagai pasangan bisnis Anda. Untuk melindungi diri dan perusahaan Anda, Anda harus memastikan mengadakan transaksi dengan pihak yang memiliki legalitas usaha yang jelas.

Jangan tenang dan puas jika hanya mendapatkan surat penunjukan dari sebuah perusahaan besar. Selain surat penunjukan, selalu pastikan mendapatkan izin resmi yang menyebutkan perusahaan Anda sebagai distributor di sebuah daerah tertentu.

6. Selalu minta foto barang sebelum melakukan pembayaran

Ketika melakukan jual beli via toko online, selalu minta foto barang kiriman sebelum melakukan pembayaran. Jika toko online tidak berani mengirim foto barang sebelum pembayaran dilakukan, segeralah curigai.

  • Minta nomor rekening, kemudian melakukan pengecekan, apakah rekening yang dimasukkan berbeda dengan nama
  • Foto bukti transfer dilakukan dan memberikan nama bank terhadap rekening
  • Mengecek nomor transaksi untuk melihat sejauhmana keasliannya

7. Pastikan untuk melakukan transaksi dengan rekening bank yang terdaftar dan resmi

Rekening bank menurut peraturan di dunia usaha adalah hal wajib yang harus dibuat oleh setiap perusahaan. Pastikan untuk memastikan rekening bank apakah terdaftar di Lembaga Kliring Bank (LKB) Indonesia yang dipublikasikan.

Tentunya setiap bank resmi dan terdaftar pasti memiliki rekening bank timpang-tampang namanya yang ditampilkan di LKB Indonesia. Dengan adanya rekening terdaftar di LKB membuat bisnis dan perusahaan semakin terlihat aman dan terpercaya.

Baca:  15 Pekerjaan Daring Tanpa Keluar Rumah (Anti Bosan)

8. Meminta resi transaksi

Pastikan untuk selalu meminta resi transaksi atau Bukti Transaksi pada setiap mereka melakukan transaksi kepada Anda. Resi transaksi atau bukti transaksi sangatlah penting sebagai dasar pembuktian sehingga bisa memberikan kerugian apabila bagian penjualan mengalami kelalaian, kesalahan, dan sebagainya.

Dalam bukti Transaksi harus mencantumkan faktur, supplies, dll. Apabila penjualan tidak melakukan transaksi dengan memberikan bukti transaksi, maka sebaiknya mencari tempat lain yang memberikan bukti transaksi atau resi transaksi.

9. Membandingkan harga distributor

Jangan mudah tergiur oleh penawaran harga dari distributor baru. Sebelum menentukan pembelian, sebaiknya Anda bandingkan dulu harga dari beberapa distributor tersebut. Carilah harga yang paling murah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk membandingkan harga, Anda dapat mencarinya di internet atau mencari referensi kepada orang lain. Dengan melakukan pemeriksaan harga secara teliti, Anda dapat menemukan distributor yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan menghemat biaya pembelian.

Penutup

Tips ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin menghindari penipuan distributor. Selalu periksa apakah distributor tersebut terdaftar di Lembaga Kliring Berjangka Indonesia (KBI) atau tidak. Jika tidak, sebaiknya carilah distributor lain yang dapat dipercaya.

Selain itu, perhatikan juga apakah harga yang ditawarkan oleh distributor tersebut sesuai dengan yang tercantum di website resmi mereka. Jika harganya terlalu murah, sebaiknya Anda berhati-hati karena hal ini bisa menjadi tanda penipuan.