Paid Promote: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaat

Sesuai namanya, paid artinya bayar dan promote artinya memasarkan maka…

paid promote merupakan sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara membayar pihak ketiga dalam mekanisme pemasaran yang diinginkan.

Ada banyak jenis pemasaran yang dilakukan dengan metode berbayar ini.

Cara kerjanya juga sangat menarik.

Manfaat dari metode pemasaran berbayar juga cukup banyak.

Di sini kita akan membahasnya untuk Anda

Apa itu Paid Promote?

paid-promote

Paid promote atau promosi berbayar menjadi sebuah solusi dan agenda marketing yang banyak dilakukan pemilik usaha atau bisnis di era digital seperti sekarang ini.

Agenda marketing berbayar ini diharapkan suatu brand bisa meningkatkan penjualan produknya.

Atau paling tidak, suatu brand ingin produknya dikenal lebih banyak orang lagi.

Hal tersebut karena mereka yang membuka jasa paid promote memiliki jaringan, followers, fans, pengikut dan engagement rate yang tinggi untuk mampu mengenalkan dan mempengaruhi audiens agar membeli suatu produk.

Mereka mampu menggiring calon konsumen untuk mengenal, dan mengetahui produk dari client yang membayar jasanya untuk promosi.

Lantas bagaimana pembayaran jasa paid promote atau promosi berbayar itu sendiri?

Jasa atas promosi berbayar dibayarkan sesuai kesepakatan antara pihak penjual jasa dan penerima jasa atau pemilik brand.

Jadi bagaimana pun hasil atas promosi yang sudah dilakukan, entah bagus atau tidaknya tidak akan berpengaruh terhadap tarif pembayaran atas jasa yang diberikan.

Biasanya tarif jasa dibayarkan pemilik produk pada penjual jasa di awal sebelum promosi mulai dilakukan.

Pihak ketiga atau penyedia jasa nantinya akan menyesuaikan isi konten promosi yang diunggah sesuai dengan target konsumen, brand image suatu produk yang bekerja sama, goals, tren sosial media dan sebagainya.

promosi-berbayar

Terkait media, promosi berbayar biasanya menggunakan cukup banyak pilihan media mulai dari Instagram, Facebook, sampai dengan TikTok.

Promosi melalui media tersebut pun masih dibagi ke dalam beberapa jenis yaitu post promote melalui feed, story atau reels.

Nah biasanya untuk produk yang dipromosikan di TikTok atau Reels Instagram dibanderol dengan tarif yang lebih mahal dibandingkan produk yang dipromosikan via story pihak penyedia jasa tersebut.

Mengapa?

Hal tersebut karena promosi via TikTok atau Reels mampu memberikan engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan engagement yang diterima ketika promosi dipost melalui story saja.

Selain jenis media promosi, tarif promosi berbayar yang berbeda juga tergantung atas popularitas pihak ketiga, jumlah followers yang mereka punya, durasi, dan sebagainya.

Untuk harga, dibandrol mulai dari 100 ribuan rupiah sampai dengan jutaan rupiah. Bahkan ada promosi berbayar yang membanderol tarif puluhan juta rupiah untuk satu kali promosi yang dilakukan.

Perbedaan Paid Promote dan Endorse

Paid promote dan endorse adalah dua strategi yang berbeda dalam hal promosi.

Paid promote melibatkan pembayaran sejumlah uang untuk mendapatkan peluang promosi dari sebuah media atau platform.

Sedangkan endorse melibatkan penggunaan produk atau jasa oleh selebritas atau tokoh ternama dalam bentuk iklan atau rekomendasi.

Selain itu, perbedaan utama antara kedua strategi ini adalah target market yang dituju.

Paid promote lebih cocok untuk produk atau jasa yang akan ditujukan kepada seluruh masyarakat, sedangkan endorse lebih cocok untuk produk atau jasa yang akan ditujukan kepada segmen tertentu.

Endorse dapat dilakukan secara gratis atau dengan biaya, sementara paid promote hanya dapat dilakukan dengan biaya.

Baca:  14 Faktor Penyebab Kegagalan dalam Wirausaha

Paid promote dapat dilakukan sendiri oleh perusahaan atau melalui agensi, sedangkan endorse seringkali dilakukan oleh agensi.

Manfaat Paid Promote πŸ‘©β€πŸ«

Meski harus mengorbankan nominal uang dengan jumlah yang cukup banyak, namun paid promote memiliki feed back atau manfaat yang cukup besar juga.

Terlebih jika pemilik usaha mampu menemukan penyedia jasa yang Amanah, kreatif dan mampu menjalankan konsep promosi dengan baik.

Berikut beberapa manfaat dari promosi berbayar yang akan dirasakan oleh pemilik brand atau pemilik usaha :

1# Meningkatkan brand awareness πŸš€

promosi-efektif

Melalui promosi berbayar, orang yang belum tahu produk Anda akan mengenal produk Anda dengan promosi yang sudah dilakukan.

Semakin banyak pengakuan yang brand Anda dapatkan, hal tersebut tentu juga bisa membantu brand dalam meningkatkan kredibilitasnya di mata customer dan calon customer.

Agar promosi berbayar mampu memberikan manfaat sebagai brand awareness, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pemilik produk atau pemilik bisnis di antaranya :

  • Memastikan konten yang akan dipromosikan sesuai dengan konsep dan tujuan marketing usaha
  • Memastikan konten yang dibuat informatif, menarik, dan mudah diingat
  • Pastikan materi promosi mampu menciptakan kesan yang kuat di benak audiens

2# Meningkatkan engagement πŸ‘

interaksi-sosial

Beberapa pihak memang berpendapat promosi berbayar hanya tindakan membakar uang.

Padahal sebenarnya TIDAK ❌.

Promosi berbayar mampu meningkatkan engagement yang lebih besar karena melalui bantuan promosi yang dilakukan, interaksi sosial media akan jadi lebih banyak.

Toko online Anda atau sosial media bisnis Anda akan dicari tahu lebih banyak orang yang sebelumnya mengenal produk Anda.

Mereka juga tak segan – segan memberikan likes, comment, share, save dan repost.

Kalau produknya dirasa menarik, mereka juga tidak akan ragu mengikuti akun sosial media produk atau bisnis Anda dan bahkan melakukan pembelian saat itu juga.

3# Menjadi media promosi yang sangat efektif 🧏

jasa-promosi

Era digital yang tak terbendung lagi membuat semua orang harus mulai beradaptasi.

Salah satu bentuk adaptasi dari pemilik bisnis di era digital adalah dengan memasarkan produk lewat internet, tak terkecuali menggunakan promosi berbayar.

Jika promosi hanya dilakukan lewat selebaran atau pamflet saja, hal tersebut akan sangat tertinggal.

Ada jutaan orang di seluruh dunia yang saat ini mengakses sosial media, tak terkecuali

Instagram dan TikTok yang saat ini tengah menjadi sosial media terbesar sebagai media pemasaran produk.

Oleh sebab itu, memanfaatkannya sebagai media iklan memberikan peluang keberhasilan yang sangat besar bagi bisnis yang sedang dijalankan.

4# Menjadi alternatif menghemat pengeluaran iklan πŸ’°

hemat-biaya

Paid promote di sosial media dinilai menjadi suatu metode pemasaran yang memberikan engagement tinggi namun sangat terjangkau.

Terlebih kalau dibandingkan dengan jenis iklan yang lainnya.

Dengan adanya promosi melalui sosial media, hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena pemilik bisnis dapat menghemat pengeluaran yang seharusnya digunakan untuk beriklan.

Bagi pebisnis kecil atau pemula, promosi berbayar melalui sosial media menjadi solusi yang tepat dilakukan.

Namun jika dirasa masih belum mampu membayar jasa promosi pihak ketiga yang harganya jutaan…

…Anda bisa lebih cermat dan aktif mencari jasa promosi berbayar mikro yang biasanya memiliki rate card lebih kecil bahkan hanya ratusan ribu saja.

5# Membantu memaksimalkan jangkauan ✈️

jangkauan

Promosi berbayar merupakan salah satu langkah promosi masa kini yang mampu menjangkau konsumen atau calon konsumen secara lebih tertarget.

Baca:  Cara Memulai Usaha Rongsokan Tanpa Modal

Konten promosi yang diunggah melalui sosial media dinilai lebih menarik dan lebih mudah terlihat oleh pengguna sosial media yang jumlahnya jutaan.

Meningkatkan rasa percaya customer dan calon customer terhadap suatu brand atau produk

Ketika calon customer belum pernah membeli suatu produk, namun mereka tertarik untuk membeli suatu produk tentu mereka berharap agar mendapatkan informasi lebih banyak tentang produk tersebut.

Nah, promosi berbayar yang dilakukan merupakan suatu langkah untuk memberikan informasi kepada customer dan calon customer terkait suatu produk.

Apalagi kalau diselipkan pemberian testimoni positif dalam konten yang diunggah tentu dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan rasa percaya customer dan calon customer sekaligus.

Kelebihan dan Kekurangan Paid Promote

Kelebihan paid promote antara lain:

  1. Dapat meningkatkan visibilitas suatu produk atau jasa.
  2. Dapat menambah jumlah klik atau engagement sebuah iklan.
  3. Dapat menaikkan jumlah penjualan produk atau jasa.

Kekurangan paid promote antara lain:

  1. Perlu mengeluarkan biaya yang mahal, tergantung pada biaya iklan yang dipilih.
  2. Jika dilakukan terlalu masif, maka suatu produk atau jasa terlihat seperti spam.
  3. Perlu melakukan banyak uji coba agar mendapat target audience tepat.

Cara Menggunakan Paid Promote di Instagram

Paid promote di Instagram adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mempromosikan postingan mereka ke sejumlah orang tertentu. Paid promote juga dapat dilakukan melalui Instagram Stories.

Untuk mendapatkan paid promote, Anda perlu mengakses halaman profil Anda dan mengetuk tombol β€œPromote” di bagian atas postingan yang ingin Anda promosikan. Anda kemudian akan dibawa ke halaman yang memungkinkan Anda untuk menentukan siapa yang akan melihat promosi Anda.

Paid promote dilakukan dengan menggunakan kredit Instagram, yang dapat dibeli dengan menggunakan metode pembayaran yang tersedia di negara Anda.

Kesimpulan

Paid promote adalah suatu cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah orang yang melihat suatu halaman atau video di internet.

Hal ini dapat dilakukan dengan membayar sejumlah uang kepada sebuah situs web atau perusahaan media sosial untuk mempromosikan suatu halaman atau video.

Paid promote dapat memberikan jumlah pengunjung yang signifikan dalam waktu singkat, sehingga cocok untuk suatu halaman atau video yang baru dibuat.

Oleh karena itu, cara promosi yang satu ini layak untuk dicoba pada bisnis Anda untuk menarik banyak pelanggan dan meningkatkan jumlah penjualan.

Demikian cara kerja dan manfaat paid promote yang perlu diketahui. Bagi Anda pemilik usaha yang ingin memaksimalkan pemasaran dengan promosi berbayar, pastikan agar sudah memiliki modal dan memiliki budget promosi sebelum melakukan paid promote ini.

Hal tersebut penting untuk kelangsungan usaha yang dijalankan ke depannya.