Cara Mudah Ternak Ikan Mas untuk Pemula

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa ikan mas adalah salah satu ikan yang paling mudah untuk diternak. Dan benar saja, ikan mas adalah ikan yang bagus untuk diternak bagi pemula.

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini sangat digemari karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau.

Oleh karena itu, banyak orang yang ingin memulai budidaya ikan mas.

Jika kamu tertarik untuk memulai usaha ikan mas, artikel ini akan memaparkan cara ternak ikan mas.

Kelebihan dan Kekurangan

cara-memelihara-ikan-mas-aurabisnis

Budidaya ikan mas memiliki kelebihan dan kekurangan. Pertama, ikan mas mudah dibiakkan dan berkembang biak dengan cepat.

Kedua, ikan mas dapat dibudidayakan di berbagai kondisi iklim. Ketiga, ikan mas dapat dibudidayakan di berbagai tempat, baik di kolam, tambak, maupun di sungai.

Sedangkan kekurangan utama dari ikan mas adalah ikan mas mudah sekali tertular penyakit. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan ikan mas, perlu dilakukan perawatan yang baik.

Jenis-Jenis Ikan Mas untuk Konsumsi

1. Ikan mas komet

Ikan mas komet (Carassius auratus) adalah spesies ikan dari famili Cyprinidae. Ikan ini berasal dari Asia Timur dan telah dipelihara sejak zaman kuno di Cina sebagai ikan hias. Ikan mas komet memiliki tubuh yang panjang dan rata-rata beratnya sekitar 300-500 gram. Warna tubuhnya bervariasi, mulai dari hitam, biru, merah, kuning, hingga putih. Ikan ini memiliki daging yang tebal dan lembut, sehingga cocok untuk diolah dalam berbagai masakan.

2. Ikan mas arwana

Ikan arwana adalah spesies ikan air tawar yang berasal dari pulau Jawa di Indonesia. Ikan ini dikenal sebagai ikan mas ekor merah, atau ikan mas ekor hijau. Ikan ini merupakan anggota keluarga ikan mas, dan dapat tumbuh hingga panjang lebih dari dua kaki.

3. Ikan mas mata besar

Jenis ikan ini mempunyai mata yang relatif besar berbanding ikan yang lain. Ikan ini mendiami air tawar dan air payau. Ikan mas mata besar mempunyai ukuran yang berbeza-beza, tetapi yang paling besar ialah sekitar 90 cm dan beratnya sekitar 5 kg.

4. Ikan mas koki

Ikan yang berasal dari Asia ini telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Ikan ini memiliki tubuh besar dan berwarna hijau kelas. Ikan mas koki juga dikenal sebagai koi, dan mereka sering dibudidayakan di kolam-kolam khusus di seluruh dunia.

5. Ikan mas bawal

Ikan mas bawal adalah jenis ikan gurami yang berasal dari Asia Tenggara. Ikan ini hidup di air tawar dan air payau, dan sering ditangkap untuk dijadikan ikan konsumsi. Ikan mas bawal umumnya berwarna coklat keemasan atau putih, dan memiliki bentuk tubuh yang agak panjang dengan sirip belakang yang lebar.

Baca:  21 Usaha Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Cara Budidaya Ikan Mas

cara-budidaya-ikan-mas-aurabisnis

1. Pilihlah lokasi yang tepat

Ikan mas sangat menyukai air yang hangat. Jadi, jika kamu ingin ternak ikan mas, carilah lokasi yang mempunyai air yang hangat.

Kamu juga perlu memastikan bahwa lokasi tersebut tidak terlalu berombak atau bergerak cepat.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi yang tepat untuk beternak ikan mas:

  • Perhatikan cuaca di daerah kamu: Ikan mas tidak suka cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jadi, pastikan untuk menanamnya di tempat yang memiliki suhu yang sedang.
  • Curah hujan juga penting untuk diperhatikan: Ikan mas suka air yang lembap, jadi jangan terlalu sering menyiramnya jika kamu tidak ingin ikan mas mati karena kelembapan.
  • Perhatikan juga keadaan tanah: Tanah yang berbatu atau berpasir tidak cocok untuk ikan mas. Tanah yang lembut dan subur akan membuat ikan mas lebih sehat.

2. Pilihlah benih ikan mas yang baik

Sebelum kamu mulai budidaya ikan mas, kamu perlu memilih benih ikan mas yang baik. Dalam memilih ikan mas, ternyata ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar benih yang dibeli bagus dan sehat. Nah, untuk membantumu dalam menentukan pilihan, berikut adalah beberapa tips dari para ahli.

– Pilihlah benih ikan mas dari toko yang terpercaya

Ini mungkin adalah tips pertama yang perlu kamu perhatikan. Jangan asal memilih toko, tapi pastikan toko tersebut dapat dipercaya dan menjual benih ikan mas yang sehat.

Bisa dilihat dari testimoni pelanggan ataupun meminta rekomendasi kepada teman dan keluarga.

– Perhatikan kondisi fisik benih ikan mas

Pada umumnya, benih ikan mas sehat akan berwarna cerah dan bersih. Jika kamu melihat benih ikan mas dengan warna yang pucat atau berkotak-kotak, sebaiknya hindari memilihnya.

Selain itu, perhatikan juga ukuran ikan. Pilihlah ikan yang berukuran sedang, bukan yang terlalu besar ataupun terlalu kecil.

– Benih ikan mas sehat akan hidup bergerak aktif

Ini adalah indikasi yang cukup bagus untuk menentukan apakah benih ikan mas sehat atau tidak. Benih ikan mas yang sehat pasti akan hidup dengan gerak yang aktif, bukan yang diam atau malah terlihat lemas.

– Perhatikan tanggal kadaluarsa

Jika kamu membeli benih ikan mas yang sudah mendekati tanggal kadaluarsa, sebaiknya hindari memilihnya.

Pilihlah yang masih dalam masa pakai, agar kamu tidak merugi. Itulah beberapa hal yang dapat kamu perhatikan dalam memilih benih ikan mas.

3. Siapkan peralatan

Kamu perlu mempersiapkan beberapa peralatan sebelum mulai ternak ikan mas. Kamu akan membutuhkan sebuah kolam atau wadah untuk menampung ikan mas, sebuah pompa air, sebuah penyaring air, dan sebuah pakan ikan.

Baca:  20 Tips Menjalankan Bisnis Parcel (Rahasia Sukses)

cara-bisnis-ikan-mas-aurabisnis

4. Mulailah budidaya ikan mas

Setelah kamu mendapatkan semua peralatannya, kamu bisa mulai budidaya ikan mas. Masukkan ikan mas ke dalam kolam atau wadah.

Pastikan ikan mas mendapatkan cukup air. Kamu juga perlu memberi ikan mas pakan secara teratur.

Perhitungan dosis pakan budidaya ikan mas.

Pakan yang dibutuhkan untuk memelihara ikan mas sebenarnya tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan ikan lainnya.

Jumlah pakan untuk ikan mas per harinya adalah 3% dari berat badannya. Untuk memudahkan perhitungannya, kamu bisa membagi jumlah pakan menjadi 4 kali sehari, yaitu sebelum sarapan pagi, siang, sore, dan malam hari.

Namun, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum memberikan pakan kepada ikan mas.

  • Pertama, pastikan ikan mas telah puas makan. Ikan mas koi yang baru saja memakan pakan akan tampak gemuk di bagian perutnya.
  • Kedua, perhatikan suhu air. Ikan mas akan lebih aktif ketika suhu air mencapai 20-24 derajat Celcius.

Jadi, sebaiknya kamu memberikan pakan kepada ikan mas ketika suhu air mencapai 20-24 derajat Celcius.

5. Bersihkan kolam

Kamu perlu membersihkan kolam secara teratur agar ikan mas tetap sehat. Kamu bisa menyiram kolam setiap hari atau setiap dua hari sekali.

Jika kamu ingin membersihkan kolam secara manual, kamu bisa menggunakan sebuah saringan atau sebuah sabuk penyaring.

FAQ: Pertanyaan yang sering diajukan

Berapa lama masa panen ikan mas?

Ikan mas umumnya siap panen setelah 4-6 bulan.

Berapa modal usaha ikan mas?

Modal usaha ikan mas berbeda-beda tergantung ukuran kolamnya. Untuk ukuran kolam kecil, modal yang dibutuhkan sekitar Rp. 2,5 juta.

Untuk ukuran kolam sedang, modal yang dibutuhkan sekitar Rp. 3,5 juta. Untuk ukuran kolam besar, modal yang dibutuhkan sekitar Rp. 6 juta.

Berapa kebutuhan pakan ikan mas sampai panen?

Kebutuhan pakan ikan mas sampai panen bervariasi berdasarkan ukuran ikan, jenis pakan, dan rasio pakan. Namun, biasanya ikan mas membutuhkan 2% – 5% dari berat tubuh mereka setiap hari.

Apa saja pakan ikan mas?

Ikan mas dapat diberi makan dengan segala jenis pakan ikan, seperti larva, serangga, atau biji-bijian.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara ternak ikan mas, panduan ini adalah cara yang populer dan banyak dilakukan di Indonesia.

Selain itu, juga ada banyak cara lain untuk budidaya ikan mas dengan hasil yang bagus. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan ahlinya. Semoga artikel ini bermanfaat!