25 Cara Promosi yang Menarik agar Jualan Laris Manis

Tidak semua orang tahu bagaimana cara promosi yang menarik agar jualan makin laku. Selain harus menargetkan audience yang tepat, Anda juga harus mengetahui media promosi yang cocok untuk produk Anda

Dalam artikel ini, Anda akan temukan berbagai media promosi yang dapat Anda gunakan untuk menawarkan produk kepada pelanggan Anda.

1. Diskon spesial

Diskon spesial adalah sebuah strategi promosi yang dilakukan dengan memberikan potongan harga sejumlah tertentu kepada pelanggan.

Strategi ini sering digunakan oleh berbagai perusahaan sebagai cara untuk menarik perhatian dan meningkatkan penjualan.

Sebagai contoh, sebuah toko ritel mungkin menawarkan potongan 10% bagi pelanggan yang membeli sebuah produk selama periode waktu tertentu.

diskon-spesial-aurabisnis

2. Cashback

Cashback adalah strategi promosi dimana pelanggan mendapatkan kembali sejumlah uang yang telah dikeluarkan untuk membeli sebuah produk atau layanan.

Contoh, seorang pelanggan membeli sebuah televisi dengan harga Rp5,000,000 dan mendapatkan cashback sebesar Rp500,000.

Untuk mendapatkan cashback, pelanggan harus menyelesaikan transaksi di sebuah toko yang berpartisipasi dalam program cashback.

cashback-aurabisnis

3. Gratis ongkos kirim

Ongkos kirim gratis adalah salah satu strategi promosi yang populer. Dengan menawarkan ongkos kirim gratis, pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari perusahaan.

Untuk menarik perhatian pelanggan, ongkos kirim gratis harus diberikan secara terbatas atau untuk produk tertentu. Selain itu, ongkos kirim gratis juga dapat diberikan sebagai imbalan jika pelanggan melakukan pembelian sebesar minimal nominal yang ditentukan.

gratis-ongkir-aurabisnis

4. Kartu hadiah

Cara promosi yang menarik pelanggan dengan kartu hadiah adalah strategi promosi yang menawarkan hadiah kepada pelanggan untuk pembelian mereka.

Kartu hadiah dapat diberikan sebagai hadiah untuk pembelian tertentu, atau dapat diberikan secara acak kepada pelanggan. Kartu hadiah dapat berisi nilai uang tunai atau barang tertentu.

kartu-hadiah-aurabisnis

5. Voucher diskon

Voucher diskon adalah strategi promosi yang memberikan potongan harga kepada pelanggan ketika mereka melakukan pembelian di toko.

Strategi promosi ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti untuk meningkatkan penjualan produk tertentu, untuk menarik pelanggan baru, atau untuk mengundang pelanggan untuk kembali berbelanja di toko.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, voucher diskon harus dibuat dengan menargetkan audiens yang tepat, diiklankan dengan baik, dan diberikan pada waktu yang tepat.

voucher-diskon-aurabisnis

6. Giveaways

Promosi dengan Giveaways adalah jenis promosi di mana penyelenggara menawarkan hadiah kepada pemenang. Biasanya, pemenang dipilih secara acak dari semua orang yang mendaftar untuk berpartisipasi.

Contoh promosi dengan Giveaways yang populer adalah program berhadiah lotre, di mana pemenang dipilih secara acak dari antara semua orang yang telah membeli tiket untuk mengikuti program tersebut.

giveaway-aurabisnis

7. Kompetisi

Cara promosi dengan kompetisi adalah dengan menyelenggarakan suatu kompetisi tertentu dan memberikan hadiah kepada pemenangnya.

Salah satu contoh kompetisi adalah lomba menulis cerita pendek dengan tema tertentu. Hadiah yang diberikan biasanya berupa uang atau barang.

promosi-kompetisi-aurabisnis

8. Hadiah langganan

Cara promosi dengan hadiah langganan adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan baru. Hadiah langganan dapat berupa diskon langganan, hadiah langsung, atau kombinasi keduanya.

Untuk contoh, sebuah perusahaan dapat menawarkan diskon langganan 10% kepada pelanggan yang mendaftar untuk langganan bulanan. Hadiah langganan dapat juga ditawarkan kepada pelanggan yang telah menjadi pelanggan lama sebagai bentuk apresiasi.

hadiah-langganan-aurabisnis

9. Privilegi anggota

Privilegi anggota adalah sebuah program yang dibuat oleh perusahaan untuk memberikan keuntungan tambahan kepada pelanggan yang tergabung dalam program tersebut.

Biasanya berupa diskon atau penawaran khusus yang tidak diberikan kepada pelanggan yang tidak tergabung dalam program.

Untuk mempromosikan program ini, perusahaan dapat menggunakan berbagai media, seperti iklan televisi, radio, atau tabloid.

Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan program ini kepada masyarakat luas.

10. Sewa kios / stand pameran

Sewa kios / stand pameran dapat memberikan eksposur yang baik untuk bisnis Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda ke ribuan orang dalam waktu singkat.

Kios ini dapat ditempatkan di acara-acara bisnis, acara olahraga, atau acara sosial yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Baca:  Cara Praktis Ternak Burung Puyuh di Rumah

Tempat ini biasanya dilengkapi dengan spanduk dan banner yang menarik perhatian para pengunjung. Kios ini juga akan menampilkan produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada para pengunjung. Anda dapat menyewa kios dari perusahaan sewaan atau dari toko-toko peralatan acara.

11. Iklan di media sosial

Iklan di media sosial adalah sebuah cara untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial dan mempromosikan produk atau jasa kepada mereka.

Cara ini cukup efektif karena banyak orang yang menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan teman-temannya, dan hal ini akan membuat mereka tertarik pada apa yang Anda promosikan.

12. Promosi di media cetak

Cara promosi dengan media cetak adalah salah satu bentuk promosi yang melibatkan penyebaran informasi tentang sebuah produk atau layanan melalui media cetak seperti koran, majalah, buku, dan lain-lain.

Cara ini bisa dilakukan dengan membuat iklan atau artikel yang ditempatkan di media cetak tersebut. Untuk membuat iklan di media cetak, Anda perlu memilih media cetak yang tepat sesuai dengan target market Anda. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk membuat iklan di media cetak tersebut.

13. Promosi radio

Promosi radio sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan kecil dan menengah yang ingin mendapatkan lebih banyak exposure untuk produk mereka dengan biaya yang relatif kecil.

Dalam promosi dengan radio, sebuah perusahaan akan membuat sebuah iklan radio yang akan ditayangkan di stasiun radio lokal.

Untuk membuat iklan yang efektif, perusahaan harus menyertakan informasi yang akan memikat pendengar dan mendorong mereka untuk mencoba produk atau mengikuti tawaran yang dibuat.

14. TV spot iklan

TV spot iklan adalah sebuah bentuk promosi yang menampilkan sebuah iklan televisi. Iklan di TV spot biasanya ditampilkan selama 30 detik atau 1 menit, dan bertujuan untuk meningkatkan awareness atau mempromosikan sebuah produk atau layanan.

15. Brosur / leaflet / flyer

Brosur, leaflet, dan flyer adalah media promosi yang efektif dan hemat biaya. Anda dapat menyebarkan brosur, leaflet, dan flyer di daerah sekitar perusahaan atau bisnis Anda.

Anda juga dapat memberikannya kepada pelanggan dan pelanggan potensial. Dengan media promosi ini Anda dapat memberikan informasi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan, dan memberikan informasi kontak sehingga pelanggan dapat menghubungi Anda.

brosur-aurabisnis

16. Spanduk

Pemasangan spanduk promosi di tempat strategis seperti di depan gedung atau di pinggir jalan raya dapat mendatangkan banyak pelanggan potensial.

Spanduk dapat dibuat dengan mencantumkan informasi lengkap tentang produk atau jasa yang ditawarkan, seperti harga, spesifikasi, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, spanduk sebaiknya dibuat seunik dan menarik mungkin.

17. Stiker

Cara promosi dengan stiker cukup mudah. Anda hanya perlu membuat stiker dengan desain yang menarik, kemudian tempelkan stiker tersebut pada suatu tempat yang ramai dilihat orang.

Untuk contoh, Anda dapat menempelkan stiker pada mobil atau sepeda Anda, atau pada tembok di sekitar lingkungan rumah Anda.

18. Buku kupon

Promosi dengan buku kupon adalah sebuah strategi pemasaran dimana para pelanggan dapat menyerahkan buku kupon yang berisi kupon diskon atau poin untuk mendapatkan hadiah tertentu.

Biasanya, pelanggan harus mengumpulkan sejumlah kupon tertentu sebelum dapat menukarkannya dengan hadiah. Contoh buku kupon yang populer adalah Buku Saku BNI.

19. Banner iklan

Banner iklan adalah sebuah iklan yang ditampilkan pada sebuah website atau blog. Iklan ini biasanya berisi sebuah gambar atau teks yang mengarahkan pengunjung website atau blog ke sebuah website lain.

banner-iklan-aurabisnis

20. E-mail Marketing

Email marketing adalah teknik pemasaran dengan menggunakan email sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan mendapatkan feedback dari mereka. Email marketing bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengirimkan email promosi, email newsletter, email transaksional, dan lain sebagainya.

Baca:  Bagaimana Cara Menjadi Seorang Digital Marketer?

Untuk melakukan email marketing yang efektif, Anda perlu membuat daftar email pelanggan dan mengirimkan email yang tepat kepada mereka. Untuk membuat daftar email pelanggan, Anda bisa mendaftarkan pelanggan Anda secara online atau offline.

Offline; Anda bisa mendapatkan alamat email pelanggan Anda dari kartu nama, brosur, atau formulir pendaftaran.

Online; Anda bisa mendapatkan alamat email pelanggan Anda dari situs web Anda, blog, atau media sosial.

Email promosi adalah email yang dikirimkan ke pelanggan untuk mengundang mereka untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Email promosi biasanya berisi tawaran khusus, seperti diskon atau penawaran khusus.

Untuk membuat email promosi yang efektif, Anda perlu menyertakan link ke situs web Anda atau halaman produk Anda. Anda juga perlu menyertakan tombol “Beli Sekarang” atau “Daftar Sekarang” untuk memudahkan pelanggan Anda untuk melakukan pemesanan.

21. Promosi di website

Promosi dengan website biasanya dilakukan dengan membuat sebuah website yang berisi informasi tentang sebuah produk atau jasa.

Website ini kemudian akan diberikan kepada calon pelanggan potensial, yang kemudian akan mengakses website untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, promosi juga dapat dilakukan dengan menyediakan link ke website tertentu di website personal atau blog.

22. Google Ads

Google Ads adalah salah satu platform iklan online yang paling populer. Ia membolehkan peniaga internet memasang iklan mereka di mesin pencari Google dan laman web yang berada di dalam Ekosistem Google.

Google Ads menyediakan alat yang fleksibel dan berkesan untuk membantu peniaga menarik pelanggan baru dan memperoleh lebih banyak pelanggan yang sedia ada.

23. Facebook Ads

Facebook Ads adalah salah satu program iklan online dari Facebook. Program iklan ini memungkinkan pengguna untuk menargetkan iklan ke segmen yang spesifik dari audiens Facebook.

Iklan facebook juga dapat dioptimalkan untuk tujuan tertentu, seperti meningkatkan jumlah pengikut atau mendapatkan lebih banyak interaksi dengan postingan.

Langkah-langkah promosi dengan Facebook Ads:

  1. Pilih tujuan iklan Anda.
  2. Pilih target audiens Anda.
  3. Buat iklan yang menarik dan optimisasi untuk tujuan Anda.
  4. Monitor dan evaluasi hasil iklan Anda.

24. Instagram Ads

Instagram Ads merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk melakukan promosi secara efektif.

Untuk membuat Instagram Ads, Anda perlu menyiapkan sebuah gambar atau video yang menarik dan deskripsinya.

Selanjutnya, Anda dapat menentukan target audience yang akan menonton Instagram Ads Anda. Target audience ini dapat diatur berdasarkan umur, jenis kelamin, lokasi, dan minat.

Setelah itu, Anda dapat memilih bid type dan budget yang Anda inginkan. Untuk bid type, ada 3 pilihan yaitu CPM (Cost per Mille), CPC (Cost per Click), dan CPA (Cost per Action).

Anda dapat memilih salah satu dari 3 bid type tersebut sesuai kebutuhan Anda.

Untuk budget, Anda dapat menentukan jumlah yang Anda inginkan untuk setiap klik atau tayangannya.

25. Rekomendasi dari teman / keluarga

Ketika Anda mendapatkan rekomendasi dari teman atau keluarga, itu berarti mereka telah mengalami langsung keuntungan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Oleh karena itu, rekomendasi dari teman atau keluarga dapat menjadi cara yang efektif untuk melakukan promosi, karena orang yang merekomendasikan Anda akan dianggap sebagai sumber yang dapat dipercaya.

Anda dapat menggunakan rekomendasi ini dengan menyebarkannya ke teman-teman dan keluarga Anda, atau dengan menjadikannya sebagai bagian dari kampanye iklan offline atau online Anda.

Penutup

Untuk menentukan cara promosi yang menarik bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai. Terpenting, Anda harus mengetahui siapa target market Anda dan bagaimana cara terbaik untuk menjangkau mereka. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.