15 Cara Mendapatkan Barang Termurah dari Distributor (Panduan)

Tahukah Anda cara mendapatkan barang murah dari distributor? Untuk memulai usaha atau bisnis, Anda tentu membutuhkan banyak barang. Baik itu peralatan atau bahan baku.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah jika mereka membelinya dari distributor.

Nah, agar bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah, Anda bisa mencari distributor barang.

Tips Mendapatkan Barang Distributor dengan Harga Terjangkau

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan barang murah dari distributor.

1. Bandingkan harga di beberapa distributor

Setiap distributor tentunya memiliki harga yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu mencari beberapa distributor dan membandingkan harga yang ditawarkan. Tujuannya adalah supaya Anda bisa mendapatkan harga termurah untuk barang yang akan Anda jual.

Jangan hanya berpatokan pada satu atau dua distributor saja. Coba bandingkan harga di beberapa distributor dan temukan distributor dengan harga yang paling kompetitif. Tujuan utama Anda adalah mendapatkan harga termurah agar laba yang Anda dapatkan semakin besar.

2. Jangan tergiur dengan penawaran yang terlalu murah

Hati-hati dengan penawaran yang terlalu murah dari beberapa distributor. Biasanya distributor yang memberikan penawaran harga yang terlalu murah, barang yang mereka jual pun kualitasnya rendah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mengecek kualitas barang sebelum menentukan toko mana yang akan Anda pilih sebagai tempat untuk mendapatkan stok barang.

2. Negosiasikan harga sebelum transaksi

Sebelum membeli barang dari distributor baik offline atau online, Anda harus selalu menawar harga. Ini akan memberi Anda gambaran harga sebenarnya dari barang tersebut. Jangan pernah langsung membeli barang dari satu distributor saja. Bandingkan harga dari beberapa toko agar Anda mendapatkan harga yang terbaik.

3. Minta harga grosir untuk pembelian dalam jumlah banyak

Ketika Anda akan menjual barang secara online tentunya Anda membutuhkan stok barang. Untuk mendapatkan stok barang, Anda bisa menghubungi supplier atau distributor langsung. Anda bisa minta harga grosir kepada supplier.

Setelah Anda menentukan distributor tempat Anda akan membeli stok barang, selanjutnya Anda perlu menanyakan harga grosir. Harga grosir biasanya lebih murah daripada harga eceran.

Jadi, ketika Anda mendapatkan harga grosir yang murah, tentunya keuntungan yang Anda peroleh akan lebih besar.

4.  Cari distributor yang memberikan potongan harga

Jika Anda beruntung, maka Anda bisa mendapatkan potongan harga dari distributor. Carilah distributor yang memberikan potongan harga jika Anda membeli barang dalam jumlah banyak. Hal ini akan sangat menguntungkan Anda.

Baca:  Cara Menjadi Tour Guide Profesional (Panduan)

5. Ambil stok dari distributor yang menawarkan harga termurah

Untuk mendapatkan harga barang termurah, Anda bisa langsung mengambil stok barang dari distributor yang menawarkan harga termurah. Anda tidak perlu memilih distributor yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Selain akan mendapatkan harga termurah, jangan lupa untuk membandingkan juga kualitas barang yang ditawarkan.

6. Mencari referensi melalui sosial media

Poin ini tidak bisa dikesampingkan. Anda bisa mencari referensi dari teman atau orang yang lebih berpengalaman melalui sosial media. Mereka pasti akan memberikan referensi yang bagus dan dapat dipercaya. Selain itu, Anda juga bisa melihat ulasan dari distributor sebelum memilih.

7. Mencari di internet

Saat ini banyak sekali distributor yang sudah memiliki situs resmi. Anda bisa mencari di internet dan mencari distributor yang memiliki harga termurah. Selain itu, Anda bisa melihat ulasan dari pelanggan sebelum memilih distributor yang tepat.

8. Teliti sebelum memilih distributor

Sebelum memilih distributor, Anda harus teliti. Pastikan distributor tersebut memiliki surat izin usaha yang lengkap. Selain itu, perhatikan juga sistem pengiriman barang yang ditawarkan oleh distributor.

9. Membandingkan harga dengan toko online

Poin ini sangat penting. Jangan sampai Anda tertipu dengan harga yang ditawarkan oleh toko online. Karena itu, sebaiknya Anda bandingkan harga dengan toko online. Jika harganya terlalu mahal, sebaiknya Anda mencari distributor lain yang lebih murah.

10. Berdasarkan kebutuhan

Setiap distributor tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, Anda harus menentukan distributor berdasarkan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda salah memilih distributor karena itu akan berakibat pada kerugian di kemudian hari.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika akan mencari stok barang murah dari supplier tangan pertama atau distributor. Anda bisa mencari distributor dengan harga termurah dan kualitas barang yang bagus.

Jangan sampai Anda tertipu dengan harga yang ditawarkan oleh toko online. Karena itu, sebaiknya Anda bandingkan harga dengan toko online. Jika harganya terlalu mahal, sebaiknya Anda mencari distributor lain yang lebih murah.

5 Langkah Order Barang Langsung dari Pabrik

Untuk memenuhi stok barang, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari barang dari sumber yang tidak melalui distributor. Anda dapat langsung melakukan order barang dari pabrik atau supplier langsung. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Baca:  13 Contoh Rencana Masa Depan untuk Hidup Lebih Baik

1. Mencari Supplier

Untuk dapat menemukan supplier, Anda dapat mencari di internet atau surat kabar. Dari internet, Anda dapat mencari dengan mengetik kata kunci “supplier”, atau Anda juga dapat mengunjungi website resmi pabrik.

Sedangkan surat kabar, biasanya pada iklan baris, terdapat nomor telepon supplier yang dapat Anda hubungi. Selain itu, Anda dapat mencari referensi kepada teman atau kerabat yang bisnisnya serupa dengan bisnis yang akan Anda jalani.

2. Mencari Informasi Tentang Supplier

Setelah Anda menemukan supplier, selanjutnya Anda harus mencari informasi tentang supplier tersebut. Informasi ini dapat Anda dapatkan dari internet atau dari situs resmi mereka. Anda dapat mencari dengan mengetik nama supplier atau nama pabrik.  Jika Anda tidak menemukan informasi, Anda dapat menanyakan kepada teman, kerabat atau bergabung di grup diskusi online.

3. Menghubungi Supplier

Setelah Anda mendapatkan informasi, selanjutnya Anda dapat menghubungi supplier. Anda dapat menghubungi supplier dengan menggunakan nomor telepon atau email. Jika Anda menghubungi supplier dengan menggunakan nomor telepon, sebaiknya Anda menanyakan informasi seperti alamat supplier, jam kerja, dan lain sebagainya.

4. Menyiapkan Bahan dan Alat

Setelah Anda mendapatkan informasi dari supplier, selanjutnya Anda perlu menyiapkan bahan dan alat. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah seperti kertas, pena, dan lain sebagainya. Sedangkan alat-alat yang perlu Anda siapkan adalah seperti komputer, printer, dan lain sebagainya.

5. Menjadwalkan Pertemuan

Saat menemukan supplier, segera hubungi dan temui secara langsung pihak supplier tersebut untuk mengetahui produk yang dijual, harga dan kondisi barang. Sasaran dari pertemuan ini adalah mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari pihak supplier, sehingga Anda dapat menentukan apakah supplier ini cocok untuk Anda atau tidak.

Penutup

Ketika ingin memulai bisnis, selain mencari stok barang murah dari supplier, Anda juga perlu mempertimbangkan modal yang dibutuhkan untuk bisnis Anda.

Karena untuk memulai bisnis dibutuhkan modal yang cukup, sehingga Anda harus menyiapkan modal yang cukup sebelum memulai bisnis.

Pastikan Anda menyiapkan segala sesuatu dengan baik sebelum memulai bisnis, agar bisnis yang Anda jalani dapat berjalan dengan lancar dan sukses.