10+ Peluang Bisnis Pelajar Modal 10K (2023)

Melakukan aktivitas yang dapat menghasilkan keuntungan atau tambahan uang tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah lulus sekolah.

Bahkan ada beberapa bisnis pelajar modal 10k yang bisa dijalankan.

Dengan demikian pelajar yang masih duduk di bangku sekolah pun bisa melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat menambah uang jajan atau menghasilkan keuntungan bagi dirinya.

Lantas, apa sajakah peluang bisnis pelajar modal 10k yang bisa dijalankan dan pastinya tidak mengganggu aktivitas belajarnya?

Di sini kita akan bagikan informasi lengkap yang perlu Anda baca!

Bisakah memulai sebuah bisnis hanya dengan bermodalkan uang Rp 10.000?

Jawabannya sangat bisa.

Peluang bisnis pelajar modal kecil

Berikut beberapa peluang bisnis pelajar modal 10k yang bisa dijalankan dan dijamin menguntungkan:

1. Menjual aneka snack atau makanan ringan

Jualan makanan atau snack tidak butuh modal besar. Utamanya jika target marketnya adalah sesama pelajar.

Anda bisa menjual snack dengan harga mulai dari Rp 1.000,00 atau Rp 2.000,00an rupiah saja per item atau per bungkus kepada teman-teman.

Misalkan jika punya modal Rp 10.000,00, Anda bisa membeli snack kiloan yang bisa dibungkus menjadi ukuran lebih kecil kemudian menjual kembali dengan harga lebih murah.

Beberapa contoh snack kiloan yang bisa dibungkus menjadi ukuran lebih kecil seperti halnya keripik talas aneka rasa, makaroni pedas, kentang crispy, baso goreng, dan sebagainya.

Biasanya ¼ kg dibanderol dengan harga murah mulai dari Rp 10.000,00 sampai dengan Rp 20.000an rupiah.

Nah, dari ¼ kg tadi bisa Anda bungkus menjadi ukuran snack kecil-kecil untuk kemudian dijual kepada teman-teman dan mendapatkan keuntungan dari sana.

? Apa saja peluang usaha makanan ringan yang cocok untuk pelajar?
Peluang usaha makanan ringan yang populer dan cocok dijalankan oleh pelajar adalah makanan kering seperti kerupuk, camilan, makanan sejenis mie dan makanan gorengan.

2. Menjadi dropshipper

Bagi para pelajar yang ingin jualan namun merasa kalau mustahil dengan keterbatasan waktu untuk bisa stock produk sendiri, maka Anda bisa memilih menjadi seorang dropshipper. Peluang bisnis pelajar modal kecil ini sangat tidak mustahil dijalankan.

Anda hanya butuh kuota internet, mencari supplier yang menerima dropshipper, dan mempromosikan produk supplier tersebut maka keuntungan dari selisih harga beli di supplier dengan harga jual akan menjadi milik Anda.

Anda pun tidak perlu repot-repot stock produk karena produknya akan dikirimkan langsung dari alamat supplier ke alamat pembeli. Sangat menyenangkan bukan?

? Apakah pelajar bisa menjadi dropshipper?
Pelajar bisa menjadi dropshipper, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, jika pelajar ingin menjadi dropshipper, mereka harus mempunyai modal untuk membeli produk yang akan dijual. Kedua, pelajar harus menentukan target marketnya, agar tidak menjual kepada siapa saja. Ketiga, pelajar harus mempunyai kemampuan untuk menjual produk dengan harga yang kompetitif.

3. Menulis novel dan diupload di website

Apakah kamu memiliki kemampuan untuk menulis novel?

Baca:  +7 Tips Antisipasi Penipuan Distributor Sembako Online

Bagi Anda para pelajar yang merasa memiliki kemampuan menulis novel, pastikan agar Anda mengasah kemampuan tersebut.

Sekarang sudah ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan dari aktivitas menulis novel.

Hal ini tentu dapat menjadi salah satu ide bisnis pelajar modal 10k yang bisa dimanfaatkan.

Bahkan modalnya hanya butuh kuota internet saja untuk mendownload platform dan mengunggah karya novel yang dimiliki.

Beberapa platform yang bisa memberikan penghasilan dari menulis novel di antaranya seperti wattpad, storial.co, NovelMe, Noveltoon dan masih banyak lagi lainnya.

Atau kalau misalkan memiliki kemampuan untuk membuat website, Anda bisa buat website Anda sendiri dan kemudian upload novel yang dihasilkan di website pribadi yang kemudian nantinya bisa didaftarkan adsense.

4. Menjadi freelancer dalam menulis artikel

Masih berkaitan dengan keahlian menulis, kalau misalkan menulis novel terlalu ribet namun tetap ingin punya penghasilan sampingan dari menulis maka menjadi freelancer yang menawarkan jasa tulis artikel menjadi sebuah profesi yang sangat dianjurkan untuk seorang pelajar.

Ide bisnis yang satu ini juga bisa dikatakan sebagai peluang usaha pelajar modal 10k, hanya butuh modal kuota internet dan keahlian menulis saja maka pundi-pundi penghasilan sudah bisa didapatkan.

Untuk mendapatkan job, Anda bisa mendaftar menjadi freelancer di berbagai platform seperti sribulancer, kaskus, jobstreet, fiverr dan sebagainya.

? Pekerjaan freelance apa yang cocok untuk pelajar?
Pelajar bisa memulai karir freelance menjadi mengelola data, penulis artikel, asisten virtual, pengelola sosial media, membuat aplikasi dan lain-lain.

5. Menjadi influencer

Sosial media tidak hanya bisa dipakai untuk media having fun saja. Sosial media juga bisa dipakai untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan.

Misalkan untuk Anda yang punya banyak pengikut sampai dengan puluhan ribu, maka akun sosial media tersebut bisa digunakan untuk membuka jasa endorse.

Anda bisa mendapatkan komisi dan barang-barang untuk direview dari jasa endorse yang Anda sediakan tersebut.

Tarif endorsenya sendiri bisa Anda pasang sesuai selera misalkan mulai dari ratusan ribu atau sampai dengan jutaan rupiah untuk sekali endorse.

6. Menjadi YouTuber

Bermodalkan kamera atau HP android, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat video yang bisa diupload di channel YouTube.

Buat video semenarik mungkin untuk ditonton dan mendapatkan subscriber.

Nantinya kanal YouTube tersebut bisa didaftarkan adsense dan mendapatkan penghasilan dari adsense.

Jika sudah terkenal, Anda pun bisa membuka jasa review produk di kanal YouTube tersebut.

Untuk video yang diupdate bisa disesuaikan dengan hobi, minat atau keahlian Anda agar bisa rutin upload video dan tidak merasa terbebani selama membuat konten.

7. Membuka jasa desain

Kalau memiliki keahlian mendesain suatu logo, katalog produk, packaging produk atau apapun itu bisa memberikan layanan jasa desain.

Anda akan dibayar per jasa desain yang sudah dihasilkan. Anda bisa promosikan jasa di sosial media atau pun daftar menjadi freelancer di berbagai situs jasa desain yang ada.

Baca:  Cara Mudah Ternak Ikan Mas untuk Pemula

8. Membuka jasa fotografi

Meski masih bersekolah, Anda yang punya keahlian fotografi bisa membuka jasa fotografi di hari libur.

Misalkan dengan memberikan layanan jasa kepada teman sekolah terlebih dahulu atau ke tetangga sekitar rumah. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan hari libur semaksimal mungkin dan mendapatkan tambahan penghasilan.

9. Menjual foto di situs foto

Rasanya hampir semua keahlian itu memang bisa dijadikan ladang mendapatkan penghasilan.

Termasuk bagi Anda yang punya keahlian fotografi.

Selain bisa menawarkan jasa fotografi, Anda juga bisa menjual foto-foto yang dihasilkan di situs foto.

Anda bisa memanfaatkan situs seperti Shutterstock, Unsplash, Pexels atau lainnya untuk menjual hasil karya fotografi yang dihasilkan.

10. Menjual paket internet

Karena ruang lingkup pelajar pasti berkutat dengan internet terlebih sejak pandemi dimana ada kebijakan belajar daring atau belajar dari rumah, maka menjual paket internet akan menjadi salah satu ide bisnis pelajar yang tak ada matinya.

Untuk memulai bisnis yang satu ini Anda hanya perlu memiliki koneksi produsen paket data dan kemudian Anda bisa menjual produk paket data tersebut ke teman sesama pelajar, kenalan, teman main, orang rumah atau tetangga terdekat.

11. Menjual kerajinan tangan

Untuk pelajar yang memiliki bakat membuat kreasi kerajinan tangan, Anda pun bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan uang jajan atau penghasilan.

Membuat kerajinan tangan bahkan tidak butuh modal besar, menggunakan barang bekas seperti botol bekas atau kardus bekas pun sudah jadi.

Jadi tentu bisa menjadi salah satu opsi peluang bisnis pelajar modal 10k yang bisa dijalankan.

Misalkan kalau punya keahlian menyulam, Anda bisa membuat gelang tangan, membuat boneka dari benang, atau sebagainya.

Atau memiliki keahlian mengolah botol bekas dan kardus bekas, Anda bisa buat vas bunga dari botol bekas, kotak pensil dari kardus bekas dan sebagainya.

Berikut contoh-contoh kerajinan tangan antara lain:

  1. Tas dari kain tenun
  2. Batik, kebaya atau songket
  3. Kain perca
  4. Pot bunga dari botol bekas
  5. Kerajinan dari bambu
  6. Bungkusan kado
  7. Rancangan/model baju
  8. Hiasan atau gantungan kunci
  9. Mainan dari botol bekas
  10. dan lain-lain.

Untuk menjalankan usaha yang satu ini yang perlu diperlukan adalah keahlian dalam membuat kerajinan tangan tersebut.

Nantinya Anda bisa menjual secara online atau menawarkan kepada teman dan kerabat.

Itulah berbagai ide peluang usaha pelajar modal 10k yang bisa dijalankan.

Semoga menjadi informasi yang menginspirasi, pastikan jalankan salah satu bisnis sesuai passion dan keahlian kemudian fokuslah di sana agar kesuksesan Anda dapatkan.